Kebiasaan Sepele yang Bikin Penuaan Dini



Assalammualaikum wr wb

Kerutan atau garis halus pada wajah menjadi masalah kulit yang banyak menghantui banyak individu, tak terkecuali para perempuan. Meski bisa muncul secara alami karena faktor usia, sayangnya masih jarang yang mengetahui bahwa ada beberapa kebiasaan-kebiasaan sepele yang bisa jadi masalah besar penyebab kulit mengalami penuaan sebelum waktunya.

Sebelum terlambat, yuk benahi kebiasaan-kebiasaan yang menyebabkan penuaan dini berikut ini.

 

KUALITAS TIDUR YANG BURUK

Siapa sangka seseorang dapat mengalami penuaan dini pada wajah bisa terjadi karena seseorang mengalami kurang tidur dan istirahat. Kurang tidur atau istirahat membuat wajah mengalami kerutan halus, kulit kendur, kulit tidak kenyal, hingga warna kulit yang tidak merata.

Tidak hanya itu kamu juga jangan sampai menyepelekan posisi tidur karena hal tersebut dapat memunculkan keriput.

Selama tidur kulit akan melakukan regenerasi, tetapi apabila posisi tidur kamu tengkurap atau menempelkan wajah pada bantal, maka hal ini dapat memicul lipatan di wajah.

Sebagai solusinya, telentang adalah posisi teraman bagi regenerasi kulit wajah. Namun juga sesekali ingin tidur dalam posisi miring, gantilah sarung bantal dari bahan satin yang lembut bagi kulit wajah.


MENGKONSUMSI MINUMAN BERSODA

Siapa yang suka minum minuman bersoda?

Fyi, kesukaan kamu ini ternyata bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit lho. 

Yup, minuman bersoda ternyata memberi dampak buruk bagi kulit. Hal ini dibuktikan dari studi University of California, San Francisco. Study tersebut mengatakan bahwa kandungan gula yang tinggi di minuman soda dapat mempercepat proses penuaan dini. Bahkan para peneliti menetapkan bahwa minuman soda 20 ons setiap hari membuat kamu terlihat 5 tahun lebih tua.

Seorang ahli dermatolongi bernama Debra Jaliman, M.D. mengatakan bahwa soda mengandung banyak gula dan gula dapat memberikan efek yang negatif untuk kulit, sebab ketika gula masuk ke dalam aliran darah, kolagen serta keelastisan pada kulit akan menjadi kaku sehingga dapat menyebabkan keriput.

Oleh karenanya kamu disarankan untuk memperbanyak minum air mineral atau beralih ke jus yang berasal dari campuran buah-buahan segar jika kamu menginginkan minuman yang ada rasanya. Ini akan memperlambat proses pemendekan sel telomer yang kemudian akan memperlambat proses penuaan.

 


SERING MINUM MENGGUNAKAN SEDOTAN

Minum dengan menggunakan sedotan plastik tidak hanya buruk bagi lingkungan, tapi juga dapat membuat kamu terlihat lebih tua.  

Menyedot minuman dengan sedotan sama halnya dengan menyipitkan mata. Dapat menyebabkan kerutan di sekitar mulut. Karena aktivitas ini menyebabkan kontraksi otot di sekitar bibir.

Jika hal ini dilakukan berulang kali, otot akan menjadi lebih kuat dan kerutan akan menjadi lebih dalam dan lebih jelas.

Sebaiknya singkirkan sedotan dan minum langsung dari gelas aja ya, agar meminimalisir munculnya garis-garis halus atau tanda penuaan lainnya yang tidak diinginkan.

 


TIDAK MENGGUNAKAN SUNSCREEN

Kebiasaan lainnya yang juga menyebabkan penuaan dini adalah tidak menggunakan sunscreen di siang hari. Jangan pernah tinggalkan penggunaan tabir surya atau sunscreen bagi pada wajah maupun tubuh.

Sinar matahari merupakan penyebab utama kerusakan kulit, seperti keriput, flek hitam, bahkan berujung pada kanker kulit. Jadi memakai tabir surya atau sunscreen setiap hari merupakan kebiasaan baik yang bisa dilakukan untuk membuat kamu awet muda.

Meski cuaca mendung atau sedang musim yang bukan kemarau tetap gunakan sunscreen ya. Karena sinar UV A dari matahari dapat menembus awan dan kaca yang dapat menyebabkan penuaan dini.



MALAS MEMBERSIHKAN WAJAH

Penuaan dini berhubungan dengan tampilan fisik kulit. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan kulit dengan tidak malas melakukan perawatan wajah secara rutin. 

Contoh paling sederhana perawatan wajah adalah sebelum tidur atau pada malam hari selepas beraktivitas jangan lupa untuk membersihkan wajah dari kotoran, debu dan sisa riasan. 

Kemudian jangan ketinggalan aplikasikan pelembab atau moisturizer supaya kulit tidak kering. Karena kulit yang lembab dapat mendorong regenerasi kulit dengan baik.

Di pagi hari setelah bangun tidur juga tak boleh ketinggalan buat kamu melakukan double cleansing untuk membersihkan residu skincare yang menempel semalaman.


Salam....💓


Sumber tulisan Channel youtube Pricebook Beauty

8 komentar:

  1. Wah, insight baru bgt buat aku, ternyata minum dengan sedotan juga bikin penuaan dini. Terimakasih ilmunya mbak. Saya langsung bersih2 muka juga, haha

    BalasHapus
  2. Emang lebih enak dikokop ya kak. Lebih puas kalo minum daripada pake sedotan. Hehehe

    Satu lagi katanya kak, kebanyakan gula Katanya menyebabkan Banyak kerutan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini ada ditulisan awak senelum-sebelumnya tentang kelebihan gula cha

      Hapus
  3. Ya ampun, si sedotan ternyata bisa jadi penyebab juga ya. Mulai sekarang iya saya mau menghindari minum pakai sedotan ah... Biar kerutan di wajah gak makin kentara. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kalo minum minuman boba agak ribet kalo gak pake pipet ya teh 🤣

      Hapus
  4. Ya Allah bumil kena mental semua baca ini, lagi malas malasnya pake apapun, semoga nanti rajin lagii, btw yg pake sedotan itu baru tau, maacih sharing infonya mom linranaaa 😍

    BalasHapus
  5. Makasih duh baru tau pakai sedotan bikin keriput akuu sering banget pake sedotan hampir setiap hari...siap berubah dah...sama sukaa minuman manis aku perlu diubah juga ni

    BalasHapus
  6. Residu skincare yang kita pakai tadi malam pun perlu dibersihkan dari wajah ya Kak? Hmm berarti harus disiplin dan rutin ya double cleansing setiap hari beberapa kali, sipsipp, thanks Sis

    BalasHapus