Hilangkan Bau Mulut Tak Sedap Secara Alami


 

Assalammualaikum wr wb

Punya pengalaman lagi ngobrol eh tiba-tiba orang di depanmu sengaja menutup hidung dan begitu saja mengakhiri pembicaraan. Bukan karena topik obrolannya tak menarik, tapi jangan-jangan karena bau mulut yang tak asik.

Bau mulut, atau dalam istilah medis disebut halitosis merupakan kondisi yang dapat dialami siapa saja.

Lebih dari 90 persen kasus bau mulut, berasal dari gigi dan mulut yang kotor karena baketeri. 

Setiap kita kamu makan, sisa-sisa potongan dapat menempel atau tersangkut di sela gigi.dan menjadi bakteri yang dapat melepaskan senyawa sulfur yang menyebabkan mulut jadi berbau menyengat.

Ada juga faktor lain yang menyebabkan bau mulut. Mulai dari merokok, makan makanan yang beraroma kuat, hingga tanda dari kondisi medis serius.

Apa pun penyebabnya jangan sampai bau mulut menurunkan kepercayaan diri kita.

Sejumlah cara sederhana ini bisa dicoba untuk menghilangkan bau mulut yang mengganggu.

Let's check this out!


Mengkonsumsi Susu

Sumber foto: KlikDokter


Ketika sudah terlanjur memakan makanan yang berbau menyengat, seperti bawang putih atau bawang merah, segeralah minum susu setelahnya.

Penelitian telah membuktikan bahwa susu memiliki kandungan yang mampu menghilangkan bau mulut akibat mengonsumsi makanan yang berbau menyengat.

Selain itu, produk olahan susu berupa yogurt juga dapat membantu menghilangkan bau mulut lho.

Hal ini dikarenakan baik susu maupun produk olahannya mengandung probiotik yang dapat membantu mengurangi jumlah bakteri penyebab bau mulut.


Minum Perasan Jeruk Nipis

Sumber foto: GRID.id


Selain menyegarkan, jeruk nipis juga kaya akan vitamin C yang berfungsi meningkatkan produksi air liur. 

Apabila air liur meningkat, maka bakteri bau mulut akan banyak dibuang melalui mulut.

Selain itu ada juga penelitian yang menyatakan bahwa vitamin C bermanfaat untuk mencegah radang gusi dan sariawan serta sariawati hehehehehe

Belum lagi ni, alasan jeruk nipis dapat membantu menghilangkan bau mulut secara alami, karena kandungan minyak limonoid di dalamnya. Senyawa ini dapat menyebabkan bau aromatik sehingga sangat efektif untuk menghilangkan bau tidak sedap pada mulut.

Jadi tidak heran, kalau sangat disarankan minum perasan jeruk nipis demi usir bau mulut dengan cepat.


Flossing Gigi

Sumber foto: CNN Indonesia

Jujurly, saya sendiri belum pernah flossing gigi

Flossing adalah teknik membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi.

Benang yang dikhususkan untuk gigi ini dapat membantu membersihkan sisa makanan yang tersangkut di sela gigi dan yang tidak terjangkau oleh bulu sikat.

Bila dilakukan rutin dengan cara yang tepat, flossing gigi dapat menjadi salah satu cara jitu untuk menghilangkan bau mulut. Tapi hindari menggesek atau menarik benangnya terlalu keras ya. Karena hal ini dapat melukai gusi dan membuatnya berdarah.


Membersihkan Lidah

Secara tak sadar, lidah kita dipenuhi plak dan bakteri penyebab bau mulut. Bila plak dan bakteri terus dibiarkan tumbuh dan bersarang di sana, maka nafas bau dari mulutmu akan terus menghantui.

Sayangnya hanya  berkumur dengan mouthwash tidak cukup untuk membasmi plak dan bakteri di lidah. Sebab saat berkumur hanya lapisan terluar dari plak yang akan luruh. Sementara bakteri dibawahnya masih tetap menempel di sela permukaan lidah. 

Jadi membersihkan lidah harus jadi rutinitas kita sehari-hari.

Membersihkan lidah dapat dilakukan dengan sikat gigi. Caranya gosok mulai dari pangkal lidah paling dalam sampai bagian ujung secara perlahan menggunakan sikat gigi. Setelah itu berkumurlah dengan air bersih. Lidah akan bersih dan segar kembali.

Saya juga membersihkan lidah dengan sikat gigi, tapi selalu mau muntah kalau membersihkan bagian ujung lidah.

Jika sikat gigi tidak dapat mencapai bagian belakang lidah, atau tidak merasa nyaman menggunakan sikat gigi coba bersihkan lidah menggunakan scraper, alat khusus membersihkan lidah. Alat ini dapat membersihkan baketeri, sisa-sisa makanan dan sel-sel kulit mati yang dapat menempel di lidah.

Sumber foto: Hellosehat

Jadi setelah menyikat gigi, flossing dan berkumur, jangan lupa untuk membersihkan lidah ya.


Minum Teh Hijau

Sumber foto: Jovee


Teh hijau dikenal mengandung zat yang bersifat anti bakteri dan anti oksidan. Serta terbukti mampu mengurangi peradangan.

Kebaikan teh hijau ini juga ternyata ampuh menghilangkan bau mulut.

Hal ini dikarenakan kandungan katekin di dalam teh hijau. Senyawa katekin di teh hijau berfungsi melakukan detox pada sistem pencernaan yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri di mulut serta dapat mengurangi resiko bau mulut.

Selain senyawa katekin, sebuah studi menemukan bahwa kandungan polifenol dalam teh hijau dapat melindungi peminum teh dari gigi berlubang dan bau mulut. Dalam teh hijau terkandung polifenol jenis katekin yang banyak dibanding teh olong mau pun teh hitam.

Dari berbagai penelitian, jenis katekin yang banyak terdapat dalam daun teh, adalah epigalokatekin galat atau egcg yang memiliki sifat anti mutagenik, anti diabetik, anti inflamasi, anti bakterial dan anti virus.

Menurut drg. Diego Dimas, MM, dari situs klikdokter, diketahui egcg ini mampu menghambat pemebentukan biofilm bakteri pada mulut yang biasanya berbentuk plak. Dengan rutin minum teh hijau setiap pagi secara rutin, akan membantu gigi dan gusi terbebas dari plak.

Jadi tak perlu panik kalau bau mulut. Menyiapkan teh hijau di rumah adalah solusinya.


Berkumur dengan Daun Sirih



Daun Sirih adalah tumbuhan yang sering digunakan sebagai obat herbal. Dan banyak digunakan dengan cara dikunyah.

Menurut beberapa penelitian, Daun Sirih memiliki efek anti bakteri dan anti radang yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Daun Sirih merupakan obat tradisional yang cukup populer di China dan India untuk mencegah bau mulut.

Dari hasil penelitian yang dimuat dalam American Journal, Daun Sirih mengandung minyak atsiri, dan di dalamnya terkandung zat hidroksikavikol atau apc yang dapat menyikat bakteri penyebab bau mulut.

Fungsi anti bakterial apc dinyatakan dalam mengurangi produksi gas berbau yang dihasilkan oleh bakteri penyebab bau mulut. 

Cara memanfaatkan untuk mengatasi bau mulut adalah dengan mencuci Daun Sirih segar sebanyak 2 - 4 lembar, lalu masukkan ke dalam gelas. Seduh dengan air panas, tutup rapat. Lalu pakailah berkumur saat hangat.

Karena khasiatnya, maka tak heran bila ekstrak Daun Sirih kini menjadi komponen tambahan dalam berbagai produk kesehatan gigi. 

Selain untuk mengatasi bau mulut, Daun Sirih juga dapat mengurangi resiko terbentuknya karias gigi.

Karias gigi adalah area gigi yang rusak permanen dan berkembang menjadi lubang kecil.


So, dari semua cara di atas yang mana nih yang mau dilakuin? Boleh share jawaban di kolom komentar ya teman-teman.

Salam..


Artikel lain:

| SPF dan PA dan Cara Memilih Sunscreen

| Cara Mencuci Muka yang Benar

| Penyebab Bau Mulut

11 komentar:

  1. Cara yang paling enak menurut awak tentulah minum susu atau olahan susu seperti yogurt.
    Mhhh ngomongin yogurt ini kak, udahlah enak.. Perut pun sehat ❤
    Cara yang awak asing ya pake dental floss. Hihihi rasanya kok susah ya mengendalikan benang benang itu untuk membersihkan gigi

    BalasHapus
  2. Kadang masalahnya bukan hanya di gigi, bisa di tenggorokan atau pencernaan.. pengalaman pribadi saya kalau mulut berbau ternyata pencernaannya sedang tidak sehat, tapi tips di atas cocok banget untuk masalah yang betul betul ada di sekitar mulut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh iya bener kak.
      Pernah pas perut sedang kembung, ternyata berpengaruh ke mulut. Mulut jadi baunya gak enak. Tetiba kebayang kayak film kartun ya.. Kalo dia makan makanan gak sehat mulutnya ngeluarin gas yang bau warna hijau. Hahaha

      Hapus
  3. Aduh semua belum pernah saya coba. Kecuali membersihkan lidah kali ya tapi itu biasanya setiap hari saat menggosok gigi kok. Soalnya emang bau mulut ini emang sensitif banget sih. Jadi diusahakan setiap hari membersihkan nya. Gak nunggu harus bau gaenak dulu
    Itu sih menurut saya

    BalasHapus
  4. Ilmu baru nih, baru tau susu hilangkan bau mulut. Bisa dicoba ah.

    BalasHapus
  5. Dari semua cara yang disampaikan di sini semuanya enak-enak untuk dilakukan ya. Apalagi yang perbanyak minum susu. Buat saya sih so far paling sreg jika berkumur dg air sirih. Daun sirih manfaatnya MasyaAllah

    BalasHapus
  6. Pernah coba minum air sirih, rasanya aneh, tapi memang ampuh menghilangkan bau mulut. Selain itu lebih ke menjaga kesehatan di dalam mulut dengan menggosok gigi dan kumur2 setelah makan

    BalasHapus
  7. Kumur-kumur air daun sirih bisa juga ya kak vi,, untuk menghilangkan bau mulut dengan cara alami. Selain itu bisa juga dengan minum susu, air jeniper, teh hijau, dan jangan lupa melakukan dental flossing, agar potongan makanan yg halus sekali tp msh nyempil di sela-sela gigi bisa bersih. Makasih artikelnya Kak Vivi ^^

    BalasHapus
  8. Makasih banyak artikelnya ada beberapa yang belum dicoba nih, dulu sempat bingung juga cari cara ngilangin bau mulut apalagi habis makan oete balado dan lainnya, he terus ketemu tios minum kopi, selain menghilangkan bau mulut, juga meminimalisir bau pipis aroma pete/jengkol ternyata..hee

    BalasHapus
  9. Aku baru tahu susu bisa mengurangi bau mulut. 😁 Thanks lho mba infonya

    BalasHapus
  10. Wah ternyata jeruk nipis bisa buat ngilangin bau mulut yaa kak.. baru tahu lho aku beneran wkwkwk.

    BalasHapus