Kesalahan Saat mentruasi

Assalammualaikum wr wb,

Wajarnya, setiap bulannya perempuan yang berada dalam usia subur akan mengalami menstruasi. 
Pada kondisi ini berhagai hal dapat dialami sebagai respon alami tubuh. Seperti kram perut, tidak nafsu makan, badan terasa pegal-pegal, hingga perubahan suasana hati atau mood. 

Maka agar perubahan tadi tidak selalu terjadi saat menstruasi, maka kita para perempuan perlu menghindari beberapa kesalahan tertentu agar tamu bulanan tak mengganggu kenyamanan dan kesehatan organ intimmu.

Mari kita simak ulasannya berikut ini!



Kesalahan saat menstruasi:

1. Mengonsumsi makanan sembarangan


Perubahan hormon saat menstruasi memang cenderung membuatmu ingin mengonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak. Tapi bukan berarti kamu bebas makan apa saja saat menstruasi. 

Sebenarnya makan banyak tidak masalah, asalkan kamu tetap memerhatikan kalori dan kandungan nutrisinya. 

Salah satu jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat menjelang haid yaitu makanan cepat saji (junk food). Meski lezat di lidah, makanan ini cenderung rendah nutrisi tetapi tinggi kalori dan tinggi garam. Sehingga tidak baik untuk kesehatan termasuk bagi perempuan menjelang dan saat haid. 

Selain makanan cepat saji, beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi atau sebaiknya dibatasi saat haid adalah makanan yang mengandung kadar garam tinggi. Karena meningkatkan gejala kembung dan berkumpulnya cairan di pembuluh darah. 

Di samping itu saat sedang menstruasi atau menjelang menstruasi, kamu disarankan untuk menghindari atau mengurangi minuman yang mengandung kafein; kopi, teh dan coklat. 
Kafein dapat memicu peningkatan produksi asam lambung yang menyebabkan terjadinya sakit magh, sehingga menambah rasa tidak nyaman saat haid. 

2. Tidak mengganti pembalut secara rutin




Kebersihan mesti dijaga dari hal-hal yang paling kecil. Contohnya soal pembalut. Waktu yang tepat untuk menggantinya adalah sekitar 6 jam sekali atau bahkan lebih cepat, yakni 2 - 3 jam sekali, atau tergantung dari volume dari darah haid atau kegiatan kamu.
Apalagi kamu sedang merasa tidak nyaman. Selain agar tidak bocor, mengganti pembalut juga dapat mencegah perkembangbiakan bakteri yang dapat menimbulkan bau tidak sedap dan membantu menghindari rasa gatal pada organ intim kamu. 

Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut yang ladies. Cucilah tangan dengan menggunakan sabun dan di bawah air yang mengalir.

3. Berhenti berolaraga



Menstruasi sering dijadikan alasan oleh para perempuan untuk tidak berolahraga. Kram perut yang sering muncul saat menstruasi memang biasa terasa sangat menyakitkan. Sehingaa yang ingin kamu lakukan hanyalah meringkuk di tempat tidur dan ngemil

Namun tahukan kamu, bila dilakukan secara teratur, olahraga seperti bersepeda, lari, atau sekedar berjalan, justru dapat meredakan kram perut lho!
Tapi bukan hanya itu, olahraga juga dapat membantu kamu untuk tidur lebih nyenyak, dan memperbaiki mood kamu saat sedang mens. 

5. Waxing saat menstruasi

Sumber foto: foxnews.com


Ketika menstruasi, perubahan hormon membuat kulit menjadi lebih sensitif. Penurunan hormon hesterogen dan progesteron juga membuat tubuh kamu lebih peka terhadap rasa sakit. 
Tubuh kita pun mengalami perubahan, seperti terdapat bahagian tubuh yang bengkak dan sakit. 

Jadi sebaiknya hindari kegiatan yang akan membuat kamu merasa sakit, seperti mencabut gigi, waxing bulu ketiak, mencabut bulu alis dan bulu halus lainnya. Tunggu sampai menstruasi kamu selesai aja ya ladies, ketika kedua hormon tersebut telah kembali normal. 

6. Begadang

Sumber foto: konimex.com


Siapa diantara kamu yang punya kebiasaan begadang?

Kebiasaan tersebut nyatanya merupakan salah satu kesalahan yang dilakukan saat menstruasi lho.

Sebelum dibahas lebih lanjut, saya mau ngucapin terimakasih dulu buat kamu yang udah baca tulisan saya ini dari awal hingga selesai, dan stay tune di blog saya untuk baca tulisan menarik lainnya. 
Thank You. I really apreciate that.

Back to the topic.

Tidur merupakan hal yang penting untuk membuat tubuh beristirahat memulihkan energi. 
Begadang atau tidur lebih sedikit dari biasanya bisa meningkatkan hormon stress cortisol (bener gak ya tulisannya?)
Hal ini dapat memicu terjadinya ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan gejala pra menstruasi semakin berat. Sehingga kamu pun disarankan untuk tidak melakukan kebiasaan begadang.

Jadi selama kamu mens, kesalahan mana nih yang sering atau pernah kamu lakukan?

Saya tunggu jawaban kamu di kolom komentar ya...

Wassalam..

No comments:

Post a Comment