Kebiasaan yang Dapat Merusak Otak

Assalammualaikum wr wb

Ternyata otak bisa rusak karena hal-hal berikut ini:


1. Tidak Sarapan Pagi

Mereka yang tidak mengkonsumsi sarapan pagi memiliki kadar gula darah yang rendah, yang akibatnya suplai nutrisi ke otak menjadi kurang.


Sumber foto: cuencahighlife.com


2. Makan Terlalu Banyak

Terlalu banyak makan, apalagi yang kadar lemaknya tinggi, dapat berakibat mengerasnya pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Akibatnya kemampuan kerja otak akan menurun.

Sumber foto: yayasanpulih.org


3. Merokok

Zat dalam rokok yang terhisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat, serta dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer.

Sumber foto: ateja.co.id


4. Mengkonsumsi gula terlalu banyak

Konsumsi gula yang terlalu banyak akan menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi, sehingga terjadi ketidakseimbang an gizi yang akan mengganggu perkembangan otak

Sumber foto: positivelyayurvedic.com


5. Polusi Udara

Otak adalah konsumen oksigen terbesar dalam tubuh manusia. Menghirup udara yang berpolusi menurunkan suplai oksigen ke otak sehingga dapat menurunkan efisiensi otak.

Sumber foto: youtube.com


6. Kurang Tidur

Otak memerlukan tidur sebagai saat beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Kekurangan tidur dalam jangka waktu lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak.

Sumber foto: p2ptm.kemkes.go.id


7. Menutup kepala saat tidur

Kebiasaan tidur dengan menutup kepala meningkatkan konsentrasi zat karbondioksida dan menurunkan konsentrasi oksigen yang dapat menimbulkan efek kerusakan pada otak.

Sumber foto: dsa-teryude.blogspot.com


8. Menggunakan pikiran saat sakit

Bekerja terlalu keras atau memaksakan untuk menggunakan pikiran kita saat sedang sakit dapat menyebabkan berkurangnya efektifitas otak serta dapat merusak otak.

Sumber foto: kalam.umi.ac.id


9. Kurang menstimulasi pikiran

Berpikir adalah cara yang paling tepat untuk melatih otak kita. Kurangnya stimulasi pada otak dapat menyebabkan mengkerutnya otak kita.

Sumber foto: gurupendidikan.co.id


10. Jarang berkomunikasi

Komunikasi diperlukan sebagai salah satu sarana memacu kemampuan kerja otak. Berkomunikasi secara intelektual dapat memicu efisiensi otak. Jarangnya berkomunikasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak jadi kurang terlatih.

Komunikasi Intelektual
Sumber foto: id.pngtree.com




Yuk kita jaga otak kita biar gak cepet rusak...




Sumber penulisan dari Sendy aldiana

19 comments:

  1. Wah yang nomor 1 aku banget. Sejak jadi emak2 dan nggak tinggal sama ortu, juarang banget sarapan. Lalu lama2 jadi kebiasaan. Sarapan kalau ada aktivitas pagi hari yang kudu ke luar rumah, kalau aktivitas di rumah aja jarang sarapan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan mba Dian. Mungkin karena pagi suka hectic nyiapin anak dan rumah. Kadang gak sempat sarapan. Kadang kalo perut udah terasa perih baru teringat.

      Delete
  2. Wah ilmu baru nih, baru tau klo nutup muka waktu tidur ngerusak otak jg.

    ReplyDelete
  3. Poij nomor satu saya banget. Berangkat kerja nggak sarapan dulu. Malah kalau sarapan perutya sakit. Dan sarapan versiku jam 12 siang.

    ReplyDelete
  4. Baru tahu kalau kebiasaan menutup kepala saat tidur bisa merusak otak. Untung jarang melakukan hal itu mbak, cm kadang2 kalau dingin banget suka nutup kepala sblm tidur. Huhu

    ReplyDelete
  5. Kayaknya aku kebanyakan konsumsi gula dan makan terlalu banyak deh mbak. Beneran kadang suka sakit-sakitan badan dan bisa jadi akhirnya merusak otak ya mbak. Naudzubillah deh ya

    ReplyDelete
  6. Stimulasi otak itu, misalnya isi teka-teki silang kah? Atau baca buku kah?

    Agak bingung di poin yang itu.

    Nah ternyata sarapan pagi dan udara yang bersih sepenting itu ya untuk kesehatan.

    ReplyDelete
  7. Wah bener banget ini Kak Vivi... kebiasaa2 yg sering dilakukan tanpa disadari merusak otak ya, hmm anakku gak sengaja suka menutupi mukanya dengan bantal guling kl tidur, kubilangin ah biar gak jd kebiasaan yg bs merusak otak. makasih kak vi

    ReplyDelete
  8. Kebiasaan buruk yang awak lakukan cuma kurang tidur aja kak. Bukan gak mau tidur, ya kadang2 mamak2 kan susah mau tidur kalo anak ngajak begadang. Wkwk

    ReplyDelete
  9. Bener juga nih aku suka banyak makan gula nih. Duh harus dikurang-kurangi

    ReplyDelete
  10. Duh gula yg terlalu banyak ini nih yg harus segera dihindari. Kemarin sempet tobat tapi cuma seminggu dua minggu aja hikss

    ReplyDelete
  11. Wah jangan menutup kepala lagi nih saat tidur. Bahaya ya ternyata. Gak lagi-lagi deh.

    ReplyDelete
  12. waaah ternyata kadangg hal sepele dan justru bikin enak ya, tp efeknya membahayakan :(

    ReplyDelete
  13. Jadi keinget bapak yang masih aktif merokok, sekalipun sudah diingatkan keluarga untuk berhenti. Hikzzz sedih, padahal bahaya merokok sangat jelas gitu. Terimakasih ulasannya ya mbak.

    ReplyDelete
  14. Saya kalau tidur lebih suka matanya ditutup. Jarang-jarang sih, kalau tidur lampunya dimatiin. Jadi kadang mau juga tuh kelapa saya tertutup. Entah itu pakai bantal yang lebih ringan. Duh, betul juga ya lebih bagus pakai penutup mata saja supaya otak tetap sehat saat tidur. Thanks informasinya nih. Jadi bsa mengubah pola hidup.

    ReplyDelete
  15. Kalau aku kayaknya harus perbaiki : kurang tidur huhu
    Dulu sering telat makan ato makan berlebihan, tp skrg gak lagi 😀

    ReplyDelete
  16. Aku termasuk yang punya kebiasaan menutup kepala saat tidur kak. Menurutku sih gapapa, asal yang sampai menutupi hidung.

    ReplyDelete
  17. makan terlalu banyak dan kurang tidur ini kok di mana2 jadi penyebab penyakit ya Kak Vi... termasuk jadi kebiaasan yang merusak otak, makasih artikelnya mengingatkan yaa Kak Vi

    ReplyDelete
  18. Ya ampun. Banyak banget eh kegiatan yang kulakukan yang bisa merusak otak. Salah satunya adalah menutup kepala saat tidur. Aku suka sih kayak gitu. Soalnya kan kayak tenang gitu kan ya pas kita nutup kepala pas tidur. Eh ternyata bisa merusak otak karena pasokan oksigen yang berkurang kan Mbak ya?

    ReplyDelete