Liburan Seru? Ke Budaya Land Aja Yuk!

Assalammualaikum Wr Wb,

Halo teman-teman, apa kabarnya nih..

Tahun 2019 akan segera berakhir nih, yang artinya liburan juga akan segera tiba yey...

Sudah ada rencanakah akan liburan kemana? Ke luar kota kah? Atau di Kota Medan saja?

Untuk warga Kota Medan yang sepertinya akan liburan tidak keluar kota, saya ada tempat liburan yang asyik dan seru nih.
Want to know gak?

Hari Minggu tanggal 8 Desember 2019 kemaren ini, saya dan keluarga kecil berkesempatan mengunjungi BUDAYALAND.
Budayaland ini terletak di Kota Medan, tepatnya di Jalan Medan-Tanjung Morawa Km. 12,5 No 6.

Budayaland ini, adalah tempat bermain outdoor yang tidak hanya untuk anak-anak saja, tetapi juga untuk orang dewasa.
Budayaland sendiri menggusung tema wisata asri. Suasananya sejuk karena banyak pohon-pohon rindang di lokasi Budayaland ini. Pokoknya top lah untuk pilihan tempat terbaik yang harus dikunjungi oleh warga Kota Medan ataupun yang sedang berkunjung ke Kota Medan.

Bagi yang kurang familiar dengan jalan-jalan di Medan, kita bisa menggunakan aplikasi Google Maps untuk mencapa Budayaland, kita bisa search dengan menggunakan nama Budaya Resto.
Budayaland satu kawasan dengan Budaya Resto, hanya saja kita akan memasuki wilayah Budaya Resto terlebih dahulu untuk mendapatkan Budayaland.

Karena waktu itu kita parkirnya di area Budaya Resto, kita menggunakan kendaraan yang seru yang disediakan oleh Budayaland untuk mencapai lokasi Budayaland.

Apakah jauh jarak dari Budaya Resto ke Budayaland?

Sebenarnya tidak jauh sih, tapi kalo jalan kaki ke area Budayaland dari Budaya Resto ya capek juga, apalagi kalo kakinya lagi sakit kwkwkwkw hust!
Tapi kendaraan yang disediakan asyik lho, apalagi buat anak-anak kayak anak saya, wah senang betul mereka naik mobil kayak mobil golf gitu.

Kendaraan buat nganterin dari parkiran ke Budayaland (foto dokpri)

Untuk waktu Operasionalnya, Budayaland ini buka pas weekday itu (Senin-Jumat); 10.00 a.m. - 07.00 p.m. Dan untuk weekend (Sabtu, Minggu & Hari Libur Nasional): 10.00 a.m. - 08.00 p.m.

Untuk harga tiket masuknya itu Rp 30.000.
Kita juga bisa membeli tiket masuk yang disebut VIP Pass, yang harganya Rp. 50.000 (senin-jumat), dan Rp. 100.000 (Sabtu, Minggu & Hari Libur Nasional).

Apa bedanya harga tiket masuk HTM yang Rp 30.000 dan yang VIP Pass?

Nah, yang HTM itu hanya untuk tiket masuk ke area Budayaland saja, tetapi tidak bisa digunakan untuk bermain. Misalnya kita ajak Kakek Nenek untuk bersantai di Budayaland, kan mereka pasti gak mau ikut bermain kan? Tapi mereka pasti suka liatin anak dan cucunya bermain dengan gembira. Nah untuk kakek nenek tercinta bisa ikut masuk dan melihat keluarganya bergembira dengan menggunakan tiket yang HTM ini.
Dan, sambil melihat keluarga tercinta bergembira bermain di semua wahana Budayaland, tiket HTMnya kakek nenek bisa ditukar lho dengan makanan ataupun minuman di Budaya Coffee Cabin atau Foodcourt Budayaland seharga tiket HTM tersebut, Rp 30.000.

Sedangkan Tiket VIP Pass, selain sebagai tiket masuk juga sebagai tiket untuk bermain semua wahana yang ada di Budayaland sepuasnya.
Tetapi tiket ini tidak seperti tiket HTM lho ya, VIP Pass tidak dapat ditukarkan dengan makanan dan minuman.


List Harga Tiket Budayaland (foto dokpri)



VIP Pass (foto dokpri)


Entrancenya Budayaland itu bagus lho, selain area yang luas, mba yang melayani pembelian tiket manis dan ramah, mata juga dimanjakan dengan aneka ikan yang ada di Aquarium besar yang ada di area pembelian tiket.
Juga ada  maskotnya Budayaland Bubu dan Yaya, sepasang ayam berwarna biru dengan jambul merah dan putih dengan jambul kuning. Juga ada mobil-mobilan warna merah yang paling menarik hati anak-anak saya.

Tempat pembelian tiket masuk (foto dokpri)


Aquarium besar yang ada di area pembelian tiket, ada ikan parinya lho (foto dokpri)



Ini belut, yang menghuni salah satu aquarium di Budayaland. Padahal saya takut lihatnya, tapi entah kenapa difoto juga.



Member of Blogger Sumut Community bersama maskotnya Budayaland BUbu DAn YAya



Mobilan cantik ini salah satu yang ada di dekat penjualan tiket, yang bikin anak saya gelisah haha.



Memasuki area Budayaland menggunakan VIP Pass, anak-anak saya langsung menghampiri prosotan. Saya dan teman-teman sesama Blogger Sumut Community member, dipandu oleh mba Aisyah dan Mba Lia, mulai mengelilingi area Budayaland.

Selain wahana-wahana yang akan saya ceritakan sebentar lagi, Budayaland memiliki danau buatan yang cantik sekali, serasa mini Danau Toba, karena punya pulau kecil juga di tengah.
Kita bisa main ke pulau kecil itu, dengan melewati jembatan penghubung. Menarik sekali. Danau buatan ini menjadi tempat untuk wisata air, kita bisa main Bebek Dayung mengelilingi danau buatan. Ada Hippo alias Kuda Nil juga di danau ini. Eh tapi Kuda Nilnya boongan kok, hehe Kalo beneran bisa dikejar-kejar kita lagi naik bebek dayung haha, tapi jadi unik pemandangannya gegara ada si Hippo ini.


Wahana Bebek Dayung (foto dokpri)





Hippo alias Kuda Nil, si pemanis danau of Budayaland (foto dokpri)



Bagi yang suka dayung mendayung, juga ada Kayak yang bisa dimainkan di danau. Tapi pas kita ke situ, ndak ada orang yang main Kayak.



Kayak / Kano (foto dokpri)



Teman-teman tau Kayak kan?
Kayak itu adalah sebuah perahu kecil bertenaga manusia, yang biasanya bagian depan dan bagian belakangnya tertutup, yang hanya menyisakan satu lubang seukuran satu orang.
Kayak dilengkapi dengan dayung berkepala tunggal atau ganda. Kayak ini awalnya terbuat dari kayu dan digunakan oleh Suku Ainu, Aleut dan Eskimo untuk berburu.
(sumber: Wikipedia)

Selain wahana Bebek Dayung dan Kayak / Kano tadi, beberapa wahana lainnya adalah;


Becak Mini

foto dokpri




ATV, Tree Top dan Paint Ball

Sayangnya, saya dan keluarga tidak bermain di wahana ATV, Tree Top dan Paint Ball, karena waktu itu hujan baru saja berhenti, jadi area di ketiga wahana ini becek dan licin, dan ayahnya anak-anak ndak bawa baju ganti, jadi beliau mengurungkan niat untuk mencoba wahan paint ball dan ATV.
Jadi anak-anak hanya berfoto saja di wahana ATV ini.

Wahana ATV (foto dokpri)



Wahana Tree Top




Sepeda dan Sepeda Mini

Budayaland juga menyediakan Sepeda juga lho dengan berbagai macam ukuran. Mulai dari sepeda mini, model sepeda BMX untuk anak laki-laki, sepeda yang bisa dikayuh berdua (gak tau namanya apa), sampai sepeda buat anak-anak balita.

Tapi sepeda buat anak balita beda arena. Untuk anak balita khusus punya jalur sendiri.


Boleh pinjem sepeda di sini bagi yang punya VIP Pass



Hand Boat

Hand Boat ini hanya bisa dimainkan oleh anak-anak ya


Video Bermain Hand Boat Anakku


Kereta Api

Sekeluarga bisa ikutan naik kereta api.

foto dokpri

Mini Car

Selain yang di pintu masuk Budayaland, di dalam area Budayaland mini car ini bisa dikendarai baik oleh orang dewasa dan juga anak di atas 7 tahun.


Nine Bot

Permainan ini butuh keseimbangan. Tetapi, beruntungnya, operator Wahana Nine Bot ini pintar sekali bikin kita cepat bisa mainnya. Anak saya sampai ketagihan dan susah diajak udahan.

foto dokpri


Panahan / Archery

Ternyata bermain panahan ini tidak semudah yang saya bayangkan. Anak panahnya cuma bergerak dikit dari tempat saya berdiri. Malu saya.

foto dokpri


Lalu ada juga wahana lainnya, seperti Flying Fox, Gokart Mini, Obstacle Run, Sampan, Waterball.
Ada juga permainan tradisional seperti; Enggrang Bambu, Lari Tempurung, Congklak, Engklek, dan Bakiak.


Fasilitas lainnya di Budayaland

Selain wahana-wahana yang telah diceritakan di atas, Budayaland juga menyediakan fasilitas-fasilitas yang lengkap, seperti musholla, toilet, taman, foodcourt jajanan, stand makanan atau minuman budaya, sitting area, tenda transparan yang bisa digunakan pengunjung untuk melepas lelah sebentar setelah asyik berkeliling Budayaland, jadi tambah betah de pengunjungnya.

Mushollanya bersih, mukena-mukenanya harum, sejuk bener sholat di sini.



Kelebihan lainnya di Budayaland selain dari wahana dan fasilitas yang telah diceritakan di atas, Budayaland juga menyediakan paket yang negotiable untuk para pengunjung, seperti:


  1. Fun Vacation
  2. Wedding
  3. Fieldtrip
  4. Prewedding Photoshoot atau Class Photoshoot
  5. Outbond by Budayacamp
  6. Family or Group or Corporate Gathering
  7. Birthday Party
  8. Events Venue


Boleh lihat foto-foto cantiknya di #DiBudayalandBisa <== Silahkan klik

Budayaland juga punya event mingguan. 
jadi, setiap hari minggu, Budayaland menyelenggarakan acara-acara menarik untuk pengunjung Budayaland, baik untuk anak-anak ataupun orangtuanya.


  1. Budaya Farm Tour, yaitu kegiatan touring area Green Farm Budayaland serta kegiatan seru animal feeding yang akan dipandu oleh tim Budayaland, setiap hari minggu jam 15.30 WIB di Budayaland.
  2. Budaya Special Activity, yaitu kegiatan interaktif dengan sesama pengunjung yang meliputi science project, family quiz dan fun game, setiap hari minggu jam 16.30 WIB.


Event mingguan dapat terselenggara tak lepas dari fasilitas-fasilitas pendukung yang dimiliki oleh Budayaland. Budayaland memiliki fauna yang beragam dan unik serta berbagai macam area edukasi flora.

Fauna unik yang dimiliki oleh Budayaland itu,

  1. 2 ekor Burung Macaw, namanya Leo dan Rocky
  2. Sepasang Kuda Poni yang diberi nama Jaka dan Siti.
  3. Ikan Mas dan Ikan Patin
  4. Sapi Madura dan Sapi Perah.
  5. Giant Bunny atau kelinci yang besar

Burung Macaw; Leo dan Rocky


Salah satu kuda poni yang dimiliki Budayaland


Ikan Mas dan Ikan Patin


Area kandang Giant Bunny (foto dokpri)


Giant Bunny (foto dokpri)






Sedangkan area edukasi yang ada di Budayaland itu adalah

  1. Hidroponik, 
  2. Green Farm/House
  3. Area Persawahan Terasering


hidroponik (foto dokpri)



Green Farm House (foto dokpri)


Lalu ada lagi spot-spot yang instagramable. Cekidot penampakannya ya.

Foto dokpri



Foto dokpri



Foto dokpri



Jembatan ini adalah jalan menuju ke pulau yang ada di tengah danau buatan (foto dokpri)



Foto dokpri



Pemandangan dari tempat peminjaman sepeda. Karena hujan kami berteduh di sini. Ini adalah sisi lain dari danau buatan. (foto dokpri)


Kegiatan kami berhenti dua kali dikarenakan hujan ketika itu, tapi tidak mengurangi keseruan jalan-jalan kami ke Budayaland. Dan kami mengakhiri wisata Budayaland kami pukul 17.18.

Penasaran? 
Ayo berkunjung ke Budayaland.

Sekian cerita-cerita kali ini.

Salam
LinRaNa Mom

14 comments :

  1. Saat pertama baca nama tempatnya , Bubuland, aku kira bakalan ada atraksi atau pameran hasil budaya gitu. Tapi ternyata wisata danau buatan, mini zoo juga wahana seru . Tapi mayan tiketnya segitu. Di Jakarta tempat seperti ini sudah ratusan ribu huhuhu

    ReplyDelete
  2. Waw ternyata tempatnya selain bikin anak seneng tapi mengedukasi juga ya kak. Tadi aku lihat ada hewan-hewannya juga dan nanemnya. Ini bisa menstimulasi kecerdasan nauralis anak juga dan menstimulasi fitrah iman anak juga. Ketika kita mengenalkan Allah lewat ciptaannya 😍

    ReplyDelete
  3. Ngeliat fotonya awak pun tak sabar mau cepat2 masuk masa lliburan semester , mau ngajak si sulung Ngedate. Mau quality time berduaan sama dia ♡

    ReplyDelete
  4. Wah, tempatnya asyik bangett! Anak-anak dijamin suka kalau jalan-jalan kesini. Harga tiket dan wahana-wahana lainnya juga masih terjangkau.

    ReplyDelete
  5. Palung ikut baca tapi lebih banyak nyimak fotonya. Asyik, katanya. Pengen main ke sana juga, hi hi.
    Itu tempat main ideal banget bagi anak. Tiketnya murah karena ada banyak hal yang bisa didapat,. Pakung pengen coba naik ATV dan panahan, ha ha.
    Medan keren punya tempat wisata keluarga yang edukatif tetapi harganya terjangkau.

    ReplyDelete
  6. Ditempat ku juga ada wisata keluarga seperti ini. Tapi ini sih lengkap banget yaaa. Enggak hanya anak-anak, orang dewasa yang mendampingi juga bisa refreshing. Tapi namanya unik ya budaya + land.. bahasa Indonesia dan inggris hehe

    ReplyDelete
  7. Bagus yaa ada tempat kayak gini..anak juga senang gitu ya Moms..apalagi harga tiketnya juga sangat terjangkau gitu Lo moms...

    ReplyDelete
  8. Banyak bener pilihan wahananya ya mbak, bisa nih buat jadi next plan. Thanks for sharing

    ReplyDelete
  9. Ini sih wisata komplit ya, Mbak Vivi. Semua akan heppi kalau diajak ke sini. Pas untuk wisata keluarga. Tiketnya juga fleksibel, jadi bisa disesuaikan dengan orangnya. Misalnya itu tadi, para lansia kan tidak bermain wahana, jadi cukup tiket 30 ribu saja. Untuk tiket VIP Pass, lumayan juga selisihnya ya. Cocok buat yang bekerja freelance hehehe. Tapi anak-anak kan sekolah juga hehehe.

    ReplyDelete
  10. Dulu di sungai deket rumahku juga sering ada yang main kayak biasnanya tentara latihan hehe. Wah Budaya Land ini lengkap banget yaaa mulai dr minizoo, aneka mainan anak, sampai wahan buat semacam outbond gtu ada. Bener2 wisata yang cocok buat keluarga :D

    ReplyDelete
  11. wow asik banget ini mah.Satu kluarga bisa have fun bareng .karena wahananya macem-macem

    ReplyDelete
  12. Asyik bnaget ke Budaya Land ini. Wahananya komplit banget.Semua ada. anak-anak sampai bapak dimanjakan dengan mobil merah itu. Andai dekat dan di sini ada.... aku mau lho.

    ReplyDelete
  13. Permainannya seru sekali. Itu sepertinya ada di Bandung. anak anak pasti senang klo diajak ke tempat semacam ini.

    ReplyDelete
  14. Seru kak... Tapi lumayan ngerogoh kocek ya kalo bawa 3 anak, hehe. Boleh lah kami nabung-nabung dulu sebelum kesana. Makasi infonya ya kak vi.

    ReplyDelete

Made with by LinRaNa Mom | Distributed by LinRaNa Mom Templates