Parenting Blogger Medan: Support System untuk Ibu

Assalammualaikum wr wb,

Apa kabar parents sekalian?

Kali ini saya mau menulis tentang pentingnya support system untuk setiap ibu.

Setiap ibu membutuhkan support system lho.
Hmmm.. maksudnya bagaimana ya? dan untuk apa ya support system itu untuk seorang ibu?

Nah, yang dimaksud dengan support system di sini adalah, orang-orang yang dapat memberikan dukungan secara emosional dan praktis kepada kita; ibu.
Umumnya, support system adalah orang-orang yang berada di sekitar kita, yang dapat membuat kita merasa bahwa kita tidak harus berjuang sendiri.

Apa manfaatnya memiliki support system bagi ibu-ibu kek saya ini?
Buat saya, memiliki support system menjadikan mental saya selalu terjaga dengan baik. Saya merasa aman dan terlindungi.
Saya juga merasa mendapatkan dukungan emosional. Jika sedang sedih, marah, dan perasaan negatif lainnya datang tanpa diundang, support system saya akan segera bertindak untuk membuat saya merasa lebih baik.
Memiliki support system juga membuat saya merasa lebih bahagia dan bersemangat.
Dan saya juga jadi lebih PeDe dalam peran saya sebagai seorang ibu.

Siapakah support system saya?

Yang paling pertama, adalah suami saya tercintah. muach muach... Beliau yang selalu ready menyediakan telinga untuk mendengarkan sekian ribu kata yang harus saya keluarkan setiap harinya. Yang punya segudang solusi kalau tetiba saya mandeg gak punya ide atau gak tau harus bagaimana menghadapi apapun.

Lalu siapa lagi?
Ayah dan ibu saya tentunya. Dari mulai saya imuk-imuk sampai segede bagong begini, mereka selalu menjadi support system saya.
Lalu Keluarga saya; adik-adik saya, ipar-ipar, mertua, dan yang penting juga, para malaikat-malaikat saya; trio linrana.

Kemudian sahabat-sahabat saya, baik itu di forum ibu, dan juga di komunitas hobby yang saya ikuti.
Me time dengan sedikit berpaling dari rutinitas sehari-hari melongok ke WAG mereka, bisa nge-refresh suasana hati yang rada memble menjadi berseri kembali, uhuy..

Yang terakhir dokter kandungan saya (dulu pas saya masih hamil), dan sekarang yang masih bertahan adalah DSA anak saya. Beliau merupakan support system juga terutama ketika anak-anak sedang down kesehatannya (mungkin karena berhubung DSAnya masih kerabat, jadi dimasukin ke support system).

Para parents sendiri, siapakah support systemnya?
Ayo coba temukan siapakah support system parents sekalian..
Daaannn.... jagalah hubungan baik dengan mereka ya...



Salam
Vivi
Emak'e LinRaNa




Sumber bacaan: Chai's Play App.

21 comments :

  1. Sepakat bagi aku suport sistem yang paling dibutuhkan adalah suami kak. Duh, kadang kalau dia lagi sibuk, Pulang kerja walaupun tidak bisa cerita panjang lebar minta peluk aja cukup.

    ReplyDelete
  2. Home support system kami saat ini adalah Mak Tegar, hehe. Siapakah Mak Tegar? Dia adalah ibunya teman TK Ririn anak saya dahulu. Tetiba ia mendtgi saya minta kerjaan. Dia yg dulunya gak pernah kerja, setelah suaminya meninggal memutuskan utk menyetrika di rumah saya. Alhamdulillah,, saya yg di rumah selalu punya tumpukan kerjaan spt kejatuhan bulan. Seminggu dia dtg utk bantu saya nyetrika. Meski sambil kerja, dia bawa si Tegar anaknya, gpp,, skalian nolong anak yatim kan. Ah senangnya punya home support system lg

    ReplyDelete
  3. Wajib ini, Mbak Vivi. Karena menurut saya, segala sesuatu yang baik yang kita lakukan, wajb ada dukungan. Dan itu basanya memang dari orang-orang terdekat kita. karena kalau sendiri menjalani, segala sesuatu yang kita kerjakan, pasti ada hambatannya. jadi perlu penyemangat terus. termasuk dalam dunia menulis juga.

    ReplyDelete
  4. Setuju. Wanita itu rentan stress soalnya. Jadi butuh sosok kuat yang siap mendukungnya. Suami dan keluarga adalah yang utama.

    ReplyDelete
  5. setuju banget nih dengan adanya support system, para Ibu akan lebih bahagia

    ReplyDelete

  6. Support system saya yang utama adalah anak dan suami, mereka membuat kuat. Jika saya sedih atau lelah karena suatu hal, tinggal minta pelukan atau pijatan, bahkan telinga untuk mendengarkan.
    Akan tetapi, saya hidup bukan di dalam tumah saja, ada interaksi di luar dunia saya di sekitar maupun yang berjarak jauh. Teman-teman adalah support system saya.
    Menyenangkannya meski banyak yang hanya terhubung lewat interaksi digital, tetap terasa dekat dalam keseharian karena interaksi yang dibangun itu juga bertahap sampai terasa akrab.
    Ya, penting bagi kita untuk menjaga hubungan baik dengan keluargha dan orang-orang di luar rumah. Mereka membantu kita membukakan kesadaran dan pemahaman.

    ReplyDelete
  7. Memang penting banget si menurut ku support sistem,dengan gabung sesama moms jadi lebih bisa refresh sih kalau aku,dan paling utama adalah si kecil dan suami , keluarga yang selalu support

    ReplyDelete
  8. Suami adalah support system terpenting kayaknya kak. Karena tujuan menikah kan agar bisa saling berbagi ama suami, mau yang senang ataupun sedih. Kalo udah ada support si cinta, apapun rasanya bisa kita lewati. Eaaakkkk....

    ReplyDelete
  9. Wah klo gak ada support system yaitu keluarga tersayang, udh gak tau deh sekarang ada di level mana. Krna ya mereka yang selalu ada buat aku. Meski tidak selalu rukun ya, biasa lah ngambek2 manjah haha, tapi setiap aku melenceng jalur, mereka lah yg narik aku kembali ke jalan yg benar. Alhamdulillah diberi keluarga yang saling menyayangi, no matter what

    ReplyDelete
  10. Support system itu memang mutlak diperlukan. Apalagi buat seorang ibu yang kerjanya sdangat menforsir tubuh, pikiran dan hati. So, jika tidak ada support sistem yang baik gak kebayang jkan seorang ibu akan jadi apa ke depannya?

    ReplyDelete
  11. Iya nih mbak. Suami seperti saya nih kudu jadi support system buat istri. Semoga aku bisa ngejalanin peran itu juga. Aamiin.

    Semangat jadi support system istri...

    ReplyDelete
  12. Aku kira, keluarga adalah support system yg sangat berpengaruh buat aku mbak.
    Dan aku dapatin manfaatnya itu. Jadi lebih strong banget hheee

    ReplyDelete
  13. Yang saya amazed dengan perempuan itu, suka tiba-tiba bad mood nggak jelas penyebabnya ^_^ dan ketika ditanya, kenapa? Ada apa? Penyebabnya apa? Mereka jawab nggak tahu.

    Tapi setuju, kadang mereka hanya butuh didengerin, gak perlu dicariin/dibuatin solusi. Karena curhat juga merupakan solusi tersendiri.

    ReplyDelete
  14. Bener banget suport system itu dibutuhkan banget, kadang kalau sedang galau mudah sekali merasa sendiri, padahal banyak orang terdekat yang selalu memberikan semangat

    ReplyDelete
  15. Kalau saya gak akan pilih WAG jd me time mbak xixixi. Lbh suka lari ke "dunia nyata" sekadar jalan ke minimarket deket rumah, ngemol, cari makan. APa ya, kdng suka ngrasa lelah malah main mulu ma gadget, dunia maya, dan segala problemnya :D
    Beryukur ya kita dikasi support sistem yg luar biasa, soalnya bnyk ibuk2 di sana gak seberuntung kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh me time dengan melongok wag itu hanya pas peralihan dari aktivitas tangkai sapu ke tangkai pel.
      Kan gak mungkin saya ke minimarket dulu istirahat sejenak habis nyapu mau lanjut ke ngepel hehehehehe

      Delete
  16. seorang istri memang perlu support sistem dari seorang suami untuk menjadi ibu dan istri yang hebat. Aku setuju banget tentang pentingnya support systme ini

    ReplyDelete
  17. Support sistem rata2 dari orang terdekat Y mbak biar menjaga kewarasan kita. Karena perempuan suka labil emosinya. Jadi penting banget orang terdekat sigap kapanpun

    ReplyDelete
  18. Mbak, apa benar mbak ni segede Bagong? Wkwkw pertanyaan sangat tidak penting ya. Btw berbicara support sistem, aku yakin banget bahwa setiap orang memiliki support sistemnya masing2 yang membuatnya nyaman untuk terus berada dan bercerita dengannya

    ReplyDelete
  19. Betul banget bun, keluarga bagian dari support sistem terbesar kita yac sebagai ibu

    ReplyDelete

Made with by LinRaNa Mom | Distributed by LinRaNa Mom Templates