Tips Diet untuk Pemula ala Yulia Baltschun




Siapakah Yulia Balthscun?
Beliau adalah seorang perempuan cantik yang juga seorang youtuber. Isi vlognya itu mengenai diet sehat dan kesehatan.
Saya mulai suka nonton vlognya di youtube baru-baru ini. Dan tak lupa juga follow IGnya baru-baru ini juga. Saya suka vlog-vlognya beliau.

Nah, ada satu vlog yang membahas tentang diet untuk pemula. Sebelum kita bahas mengenai isi vlognya ini, saya mau cerita sedikit.
Saya ini punya postur tubuh yang tidak proporsional. Bisa dibilang kalau kelebihan saya adalah kekurangan saya hehehehe...  Untuk itu saya sering diet. Gonta ganti cara diet. dan sampai sekarang belom ada yang cucok.  Saya pengennya itu diet yang gampil tapi cepat kurus hehehehehe ada gak?
Nah, cara memulai diet dari mba yulia ini, cukup mudah menurut saya. Udah dua hari saya praktekinnya (HAH?? UDAH dua hari????  BARU dua hari kali maksud loe mak!!!). kwkwkwkwkw iya .. baru dua hari…

Diet ini agak-agak mirip sih sama food combining. Nah ayo kita bahas satu persatu.

PERTAMA (wahh semangatnya, pake huruf besar semua 'pertamanya' hihihihi)

Harus punya target dulu. Mau berapa lama kita ngelakuin diet, dan... dietnya harus menghasilkan. Hah? Menghasilkan apa mak? Ya menghasilkan penurunan BB lah.. apalagi?? Ohiya…

Menurut mba Yulia, target mau kurus itu minimal tiga bulan. Ya tiga bulan. Jadi ndak usah denger kata orang yang udah kurusan dalam dua minggu, tiga minggu, lima hari..haizzz tutup telinga kita.
Jadi minimal tiga bulan baru kita boleh bandingin ‘before’ dan ‘after’ BB kita. Karena kalo gak kayak gitu, ntar baru dua minggu, kita udah nyerah, karena kitanya capek sendiri. Dan, itu gak logis lho kalo mo nurunin BB hanya dua minggu aja waktunya, begitulah kata mba Yulia Baltschun. 
Dan menurut saya masuk akal sih.. ya gak manteman?

Kedua, (hah yang ini kok huruf kecil?)

Ganti pola makan mak.. ganti pola makan kita yang biasanya gak karu2an, menjadi pola makan diet (kapan-kapan saya akan bahas pola makan diet ini ya, kalo lagi mood hehehe).

Ganti pola makan itu gak bisa langsung. Bakalan gagal. Kita gak bisa maen ganti pola makan, yang biasanya lima piring tetiba jadi setengah piring. Sekali lagi BAKALAN GAGAL!
Sebagian orang mungkin bisa, tapi kebanyakan orang gak akan bisa. Karena ngeganti pola makan yang drastis sama aja ngeganti kepribadian kita.

Kan kita gak bisa begitu aja ngeganti kebiaasan kita, hobi kita, sifat kita, dalam satu malam.
Begitu juga diet. Ganti pola makan. Harus dicicil. Step by step. Itulah mengapa, target itu harus jangka panjang. Minimal tiga bulan. Seperti poin satu di atas. 

Jadi gak usah lebay, diet mayo satu bulan, meal prep selama satu minggu. Karena itu KE PAN JA NGAN.

Kita coba, ganti sarapannya aja dulu selama dua minggu. Sarapan yang bergizi, berkalori bersih, real food, banyak serat, hmm kek FC nih, sarapan buah dunk yah….

Sarapan kek gini akan membantu mengontrol makanan pas makan siang. Gula darah dari pagi sampai sore akan lebih stabil. Berat badan yang akan turun itu juga akan lebih stabil dan lebih fit gitu. 

Gak lesu, gak kelaperan, dan gak menderita. 
Yang penting FIT selama menjalani diet.

Ntar setelah dua minggu kita udah nyaman, udah nemu pola sarapan yang udah cocok sama kita, baru de kita cicil lagi. Misalnya cemilannya lagi yang dikurangi atau ditiadakan. 
Biarin de makan malam sama makan siang masih teuteup.

setelah dua minggu, kita rombak de makan malamnya, dengan makan pola diet, karena siang-siang di kantor aku masih suka makan nasi padang ma temen-temen nih. 

kamu bisa baca juga Kongbap Bisa Bikin Diet Tetap Makan Nasi Putih

Ya udah gak masalah. Yang penting breakfast tetep dijaga polanya tadi. Makan malamnya juga kayak gitu, tapi pas siangnya tetep jadi diri sendiri yang sebelumnya. Itu akan lebih mudah. Jadi gak stress gitu yah…

Nanti lambat laun, setelah tiga bulan, empat bulan, lima bulan, pas kita ngeganti pola makan kita dalam sehari pun kita gak menderita lagi.

Tips ketiga, OLAHRAGA, hmmmm

Diet tanpa olahraga itu bisa. Bisa berhasil. 
Tapi….. diet kita itu akan super ketat, super menakutkan, super berat dan super melelahkan karena diet kita hanya akan ditentukan oleh pola makan aja.

Tapi klo diet kita plus olahraga, ini si pola diet akan lebih fleksibel. Kita jadi bisa ngemil-ngemil, kita masih bisa cheating, pas makan siang kita masih bisa makan makanan kesukaan kita, tanpa bikin perubahan diet yang langsung gagal, karena ada kompensasinya dengan olahraga.
Mba yulia sendiri memilih olahraga angkat beban. Karena doi masih pengen makan martabak ceuna. Jadi olahraganya agak diberatin dikit.

Jadi intinya, diet pola makan doang, akan bikin menderita. Tapi kalo diet plus olahraga, dietnya akan lebih fleksibel gituh..

Olahraga seperti zumba, treadmill, itu gak disaranin sama mba Yulia, karena agak sedikit lama nurunin BBnya. 
Sarannya cari olahraga yang pake beban tubuh kita sendiri, atau pake beban tambahan, atau angkat beban, yang mana enaknya de. 

Kenapa begitu? 
karena kalo olahraga yang menggunakan otot, itu akan lebih mudah mempertahan berat badan pas udah turun, lebih stabil, gak yoyo alias naik turun. 
Kalo gak silahkan browsing, ketik aja HIIT CARDIO, FREELETICS, ataupun apapun yang melatih otot tubuh kita. 
Eh bisa juga push up, dan entah apa lagi namanya, pokoknya olahraga setiap hari 10 menit, gada alasan, jam berapapun ok, mau setiap pagi, atau pulang kantor, sebelum ngantor, sebelum tidur, pulang sekolah, BEBAS, atur-atur aja, kita dah dewasa, dah punya pikiran sendiri, dah bisa ngatur jadwal sendiri hihihihii


Tips keempat, rajin membaca

Sedikit tapi setiap hari baca tentang ilmu badan atau ilmu diet atau apapun tentang ilmu diet ini. Karena mba yulia, dulu ketika jaman beliau kuliah, beliau malas baca, yang mana bikin dietnya itu naik turun, dan jadi bodoh tentang pengetahuan diet. Karena menurut beliau, semakin bodoh (ttg ilmu diet) semakin susah diet, semakin sering gagal, dan semakin sering gada progressnya. Jadi jangan ikutin kayak dia dulu yang gak pernah baca. Kita dihimbau cicil aja bacanya, hari gini kan hp udah canggih, bisa googling tentang ilmu-ilmu, misalnya, hari ini baca tentang protein, besok baca tentang perut, dan sebagainya.

kalo males nyari ilmunya, bisa dengan baca caption-captionnya mba Yulia di IG nya. Beliau sering ngerangkum ilmu-ilmu kesehatan yang dianggap bermanfaat di caption tersebut. Dan saya udah follow IG nya @yuliabaltschun isinya tentang motivasi, simple knowledge, dan apapun yang singkat untuk membantu program diet. Silahkan kepoin aja satu setiap harinya. Kalo ada bacaan lain yang sejenis boleh jugak. Dan kalo mau Tanya-tanya sila tulis di kolom komen, mba Yulia rajin ngejawab komen-komen yang ada di IG nya tentang konsultasi diet.

Demikian tipsnya. Memang rasanya mudah, tapi yang penting kita itu ngelakuinnya lebih dari tiga bulan, harus konsisten, dan lakuin jangka panjang. Karena banyak yang share dan DM mba Yulia yang bilang bahwa mereka sukses nurunin BB hanya dengan ngikutin tips nya di caption-caption dan ngikutin vlognya beliau. Jadi kita juga harus bisa ya…



SEMANGAT !!!!!

27 comments :

  1. Ketika org pengen diet apa daya awaQ sebaliknya pengen gemuk 😂😂

    ReplyDelete
  2. Salah satu kuncinya diet itu olah raga nah itu yang berat, mager mak hehe

    ReplyDelete
  3. Aku gak pernah diet kak vivi..
    semua dimakanin, maunya tetep sehat juga meskipun kurus.
    takut juga sih asam urat atau kolestrol.
    Karena dua penyakit ini gak liat size badannya kan...

    ReplyDelete
  4. Pengen diet,, tapi gak bisa konsisten. gimana dong ya?? :D

    ReplyDelete
  5. Mb vi..tak tunggu menu maksi sama makmal nya ya...olga itulah ya ampun...mager nya parah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang nulis tips pun kek gitu lhooo

      Mager jugak heheheh

      Delete
  6. Alhamdulillaaaah kayaknya bisa dikerjain nih walaupun sulit wkwkwk apalah dayaaa makan banyak tp kurus jg mbak :D

    ReplyDelete
  7. Aku ngikutin youtubenya Yulia ini. Yang juga adalah finalis dari Master Chef Indonesia, dulu lumayan ngikutin acaranya. Kalau konten youtubenya emang keren tentang diet dan kesehatan.

    ReplyDelete
  8. aku sueneeengg lihat vlognya Yulia.
    Simpel dan mudah dipahami.
    Orangnya energik dan positive vibes bangeeett
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  9. Jadi sekarang harus ubah mindset dulu ya, diet bukan untuk kurus. Tapi buat sehat.

    ReplyDelete
  10. Tipsnya simpel tapi jitu ya, Mbak Vivi.
    Harus punya, Target. Setelah target ditetapkan, ganti pola makan. Terus jangan lupa olahraga. Nah, selama melakukan program diet, perlu sekali mencari tambahan info-info diet dengan membaca seputar diet.
    Selamat menjalankan diet, Mbak Vivi.

    ReplyDelete
  11. Diet.. Duh, cuma jadi niat aja belum ada realisasi nyata dari aku. hiks.. btw thanks for sharing ya mak, kapan-kapan kalau semangat sudah membara mau dicoba

    ReplyDelete
  12. Aku tahu Yulia Baltschun saat putrinya meninggal mbak,
    Begitu liat Youtubenya, banyak tips kesehatan yg bikin berbinar buat yg sedang program diet
    TFS yahh mbak

    ReplyDelete
  13. Saya suka banget neh, sama tips yang ke-3 dan ke-4. Kreeeennnn

    ReplyDelete
  14. aduh tips dietnya bisa dicobain langsung nih,soalnya udah merasa berat kalo melangkah

    ReplyDelete
  15. Aku mau kepoin vlog dan IG Yulia ah
    Aku enggak pernah diet Mbak, karena memang tipe segini-segini aja badannya . Paling gemuk pas hamil, setelah nyapih dah normal lagi. Tapi demi gaya hidup sehat penting ini tipsnya...Mau sehat juga akutuuu

    ReplyDelete
  16. Kalo ngomongin diet, aku pernah diet dgn metode KETO loh. Pantangannya cuma nasi dan yg diutamakan makan lemak. Seminggu turun 2kg loh. Hehehe

    ReplyDelete
  17. Saya malah ingin banget nambah berat badan karena keceng banget saya mbak hahahaha, keren tips nya mbak,

    ReplyDelete
  18. saya ga sengaja diet
    tp jaga pola makan karena ada maag dan aslam'
    makan nasinya dikit..jadilah berat badan turun

    ReplyDelete
  19. Kalo saya ga pake diet, hanya mengurangi porsi makan aja untuk nurunin berat badan.

    ReplyDelete
  20. Aku gak pernah berhasil diet karna cuma niatnya Mulu tp gak gerak-gerak mau ngejalanin nya . Btw nama ku juga Yulia . Boleh di coba juga kali ya diet ala Yulia baltschun . Siapa tau berhasil yaa . Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting niatnya ada mba.
      Udah dicatat malaikatnya tu hihi

      Delete
  21. Aku masih dalam proses penggemukan kak, belum punya niat buat diet. hehehe...
    tapi nanti akan ada saatnya aku untuk diet

    ReplyDelete
  22. doh bahasan nya kali ini berat mak e. apalagi bagi awak konsep diet itu besok aja udah mendarah daging terpatri di sanubariku mak e. trus aku kudu piye?

    ReplyDelete
  23. Oh diet, aku nanti aja deh dietnya, masih mau hamil lagi, hehehe olahraga nih yg hrs dilawan kemalasannya

    ReplyDelete
  24. Sy pngn diet dr dl gk bs2 tuh karna gk bs tahan nafsu kl udh liat makanan apalg cemilan

    ReplyDelete
  25. wah baru-baru ini juga aku tahu Yuli ini lantaran baca artikel sista, ntar kepoin ah

    ReplyDelete

Made with by LinRaNa Mom | Distributed by LinRaNa Mom Templates