Healthy Life: KongBap Bikin Diet Tetep Bisa Makan Nasi Putih




Assalammualaikum wr wb,

Hai teman-teman, apa kabar?

Kali ini saya mau ngomongin suatu produk yang menyehatkan. Namanya KONGBAP.

Nah, saya ini adalah perempuan yang punya berat badan yang kurang proporsional, berlebih gituh. Jadi saya suka atur pola makan dan berdiet ria.
Saya gak suka makan nasi merah, tapi merasa berdosa kalo mengkonsumsi nasi putih, terlebih ada penyakit turunan yang mengintai, yang sebaiknya saya mengurangi atau lebiih baik lagi agar menghindari nasi putih.

Alhamdulillah saya nemu produk yang namanya KONGBAP ini sebagai solusinya.

Tapi, sebelum kita ngebahas si kongbap ini, saya mau bahas mengenai perbedaan nasi merah dan nasi putih terlebih dahulu ya.

Kenapa nasi putih itu kok jadi musuh bangetz, dan si nasi merah ini serasa yang terbaik dikonsumsi bagi para dieters.

Jadi, ada dua macam karbohidrat, yaitu Karbohidrat Komplex dan Karbohidrat Simplex.

Kalo Karbohidrat Simplex, itulah dia nasi putih, gula putih, dan gula-gulaan lainnya. Karbo ini didominasi oleh kadar gula yang tinggi. Pure gula, jadi karbonya itu bener-bener mengandung gula atau gula pati atau yang disebut juga pemanis buatan, dan serat karbo simplex ini rendah.

Sedangkan kalo Karbohidrat Komplex, itulah dia nasi merah, nasi hitam, ubi-ubian, kacang-kacangan, Kenapa disebut kompleks? karena karbo yang ini selain mengadung serat, karbo ini juga mengandung pati yang berlapis protein.

Jadi walapun keduanya (karbo komplex dan simplex) sama-sama karbo, tetapi, yang komplex itu selain mengandung pati juga mengandung serat. Sedangkan karbo simplex hanya mengandung gula saja.

Tapi di dalam karbo komplex ini juga ada yang berbeda lagi. Misalnya antara kentang dan nasi merah. Kalo nasi merah, patinya itu lebih rendah, tapi seratnya tinggi. Sedangkan kentang, patinya lebih banyak daripada seratnya.
Walaupun kentang dan nasi merah sama-sama berada di grup karbo kompleks tapi kandungannya beda-beda.

Itulah makanya nasi merah itu lebih baik daripada nasi putih.

Sekarang kita back to the point, solusi untuk yang gak suka sama nasi merah yang seret di tenggorokan kalo di makan, tapi duhhh nasi putih?? rasa berdosa gituh..

Sebenernya caranya banyak ya, misalnya kalo makan nasi putih, porsi sayurannya dibanyakin, bisa ditambahin kacang-kacangan, lalap-lalapan, atau apa pun yang berserat tinggi.
Tapi.... ya itu, sifat dan benefit si nasi merah ini gak bisa 100 persen tergantikan.

Nah sekarang ini ada yang namanya KONGBAP. Kongbap ini bukan makanan korea kekinian lho ya, walaupun namanya mirip nama korea sih ya.

Kongbap ini sejenis bahan yang dicampurkan ke nasi putih yang apabila kita konsumsi, nasi putih ini nanti di dalam pencernaan kita sifatnya mirip dengan nasi merah, seratnya jadi lebih banyak.
Jadi, sifatnya seperti nasi merah, tapi rasanya masih seperti nasi putih.
Terdiri dari 10 campuran macam biji-bijian yang dimasak bersama beras untuk menghasilkan nasi kaya serat dan bergizi tinggi.

Kongbap ini sendiri ada tiga varian, dari bungkusnya sendiri ada tiga warna; kuning, hijau, dan orange. Tiap bungkus di dalamnya berasi 6 sachet.
Setelah saya baca-baca isi kandungan di dalam tiap varian, saya memutuskan untuk nyobain yang warna orange dan kuning, karena yang warna hijau itu kok ya isinya banyakan kacang-kacangan, rada kurang sreg gitu. Tapi ntar pas beli lagi boleh lah saya nyobain yang orange.

Oh iya, saya belinya di Brastagi Supermarket, harganya 13.600 per bungkus, eh 13.600 apa 13.800 ya...
Pokoknya 13ribuan lah...

Nah cara mengeksekusinya itu adalah 250 gram beras putih putih dapat dimasukkan 1 sachet kongbap.
Beras putihnya dicuci bersih, lalu tambahkan air seperti biasa plus 1 sachet kongbap. Masak seperti biasa di rice cooker. Dah gitu aja, mudah kan...
Oh iya, air pas masak nasinya agak ditambahin dikit dari biasanya, tapi dikit aja, biar gak chruncy gitu, terutama untuk varian hijau yang banyak kacangnya.

250 gram beras itu kikira 2 mangkuk takarnya si rice cooker, kan biasanya kalo beli rice cooker dapat gratisan mangkuk untuk menakar beras kan?
Kalau biasanya menakar beras itu pakai kaleng bekas susu kental manis, itu kikira 3/4 kaleng tersebut.

Tapi ada yang nyaranin, klo mau bener2 berserat, untuk 250 gr beras putih, pake 2 sachet kongbad.
Well, tergantung selera aja kali ya. Kalo saya pake satu sachet aja dulu, hemat mak.

Kongbap ini gak terlalu merusak rasa dari si nasi putih. Tapi emang terasa kalo tekstur nasi putih itu jadi beda. Kalo kita makan nasi merah kan udah jelas agak gimanaaa gitu, di saya sih susah kali lah nelannya. Seret gitu ditenggorokan.

Nah, nasi putih yang sudah diolah dengan kongbap ini juga enak dibikin jadi nasi goreng, atau pas bikin nasi liwet atau nasi uduk dicampur kongbap juga enak kali.

Dan satu lagi, makan nasi dengan kongbap ini jadi cepat kenyang, kenyang yang tahan lama, karena menurut saya, teksturnya itu jadi tambah padat, jadi bikin kita cepat kenyang.
Pengalaman saya, untuk 250gr nasi putih plus kongbap ini bisa untuk makan pagi, siang, dan sore (saya makan sore, supaya gak terlalu deket makannya dengan waktu tidur).

Demikian. Semoga tulisan kali ini lebih bermanfaat ya.

Keep Healthy, dan salam sehat!

5 comments :

  1. Wow, solusi mantap inihh... Makasih Kaka... 😍

    ReplyDelete
  2. Baru denger nih si kongbap. Nanti dicobain deh. Makasi infonya ya kak.

    ReplyDelete
  3. Sering kali liat iklan ini di Facebook kak..

    Kalo untuk mpASI Kayaknya bagus juga ya kak vivi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di bungkusnya itu gada larangan kok buat anak kecil. Tp kalo mpasi awal keknya blom bisa mba icha, karena teksturnya itu kasar, ndak halus gitu..

      Delete
  4. Baru dengar produk ini kakak, thanks ya sudah berbagi info

    ReplyDelete

Made with by LinRaNa Mom | Distributed by LinRaNa Mom Templates