Supaya Serum Kerjanya Maksimal

Assalammualaikum wr wb

Hai temans.... 😊

Merawat kulit dengan menggunakan serum dapat membuat kulit wajah tampak ternutrisi dan terjaga. Tetapi banyak juga teman-teman yang lain yang belum paham bagaimana cara menggunakan serum yang benar sehingga tidak ada perubahan yang signifikan di kulit wajahnya. Seperti kulit wajah masih tetap kusam, serta beruntusan dan noda hitam di wajah. 

Ini ada cara menggunakan serum dengan benar yang telah dirangkum oleh channel youtube @pricebookbeauty berikut ini:

Bersihkan terlebih dahulu wajah dengan benar sebelum mengaplikasikan serum. 

Setelah beraktivitas seharian dan juga pas baru bangun tidur, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan kulit wajah. Hal ini diperlukan untuk membersihkan kulit dari make up, kotoran, debu dan sisa skincare yang diaplikasikan pada malam hari. Yang jika dibiarkan nanti wajah kita bisa berjerawat dan timbul pori-pori yang semakin terlihat. 

Dan kalau kita membersihkan wajah dengan benar, itu akan dapat mengangkat sel kulit mati. Dan penerapan skincare yang akan digunakan setelahnya, akan lebih maksimal,  terutama saat akan mengaplikasikan serum yang akan terserap sampai lapisan terdalam. 

Fyi, bahan aktif dalam serum juga bisa menempel pada kotoran dan kulit mati.

Pakai serum saat wajah masih lembab

Membersihkan wajah, tidak perlu mengelap wajah sampai benar-benar kering. Cukup sampai kulit masih terasa lembab. 

Kalau sudah terlanjur kering, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan facial mist atau toner dan tunggu sampai wajah lembab. 

Serum dapat sepuluh kali lebih terserap saat keadaan kulit wajah kita lembab. 

Setelah mengoleskan serum di wajah, tekan wajah dengan telapak tangan terbuka, tetapi bukan dengan ujung jari. Hal ini dilakukan untuk melepaskan bahan aktifnya. 

Tuangkan serum pada wajah atau di telapak tangan

Bila serum temans berbentuk cairan atau krim, maka tuangkan serum ke ujung jari telunjuk atau jari telunjuk dan jari tengah. 

Bila serum berbentuk oil dan ada pipet pada kemasannya, maka lebih baik serum dituangkan pada telapak tangan daripada langsung mengarahkan pipet ke kulit wajah. Hal ini dilakukan agar pipet serum lebih steril dan pipet serum terhindar dari kotoran di kulit wajah. 

Selain itu menggunakan serum dengan tangan bisa membuat serum meresap lebih baik ke dalam kulit. 

Hindari menggunakan serum dengan menggunakan alat ya temans. Seperti kapas, kuas dan lainnya. 

Tuang serum secukupnya. 

Serum memiliki kandungan aktif yang sudah terkonsentrasi.  So, kamu hanya perlu menggunakan serum secukupnya saat akan diaplikasikan. 

Mengaplikasikan serum terlalu banyak akan mempersulit kulit wajah saat proses penyerapan. Untuk itu cukup gunakan dua sampai tiga tetes serum untuk seluruh wajah. Terutama di bagian dahi, pipi dan dagu. 

Ratakan ke seluruh area wajah. 

Caranya usapkan serum dengan menggunakan jari tengah dan jari telunjuk di kedua sisi.  Lalu gunakan dengan cara memutar ke arah atas agar kulit tidak turun dan kendur. Lalu gosok-gosokkan tangan sampai hangat dan usapkan pada wajah.

Hal ini bertujuan  untuk mengalirkan suhu hangat pada wajah agar serum dapat lebih menyerap sempurna.  

Selesai mengaplikasikan serum, jangan sampai skip tahapan mengaplikasikan produk pelembab. 

Pelembab dapat mengunci formula serum yang sudah diaplikasikan, selain untuk melembabkan kulit tentunya. 

Mengaplikasikan pelembab juga dapat menghidrasi dan menjaga kulit agar tetap kenyal. 

Untuk mengaplikasikan pelembab, berikan jeda sekitar 3 menit setelah mengaplikasikan serum. 

So, cara mengaplikasikan serum kamu selama ini sudah benar apa belum? 

Yuk cerita-cerita di komen. 

Salam




7 komentar:

  1. Bagus banget tipsnya, soalnya seringkali pakai serum asal oles dan ratakan saja. Padahal perlu perhatikan kebersihan wajah, kondisi wajah masih lembap, dan pengaplikasian yang benar.

    BalasHapus
  2. Iya bener kak. Wajib tunggu sebelum aplikasi pelembab. Ini sangat terasa untuk wajah berminyak seperti wajah awak. Kalo main tumpuk nanti mukanya semakin kilat berminyak

    BalasHapus
  3. Aduh aku baru tahu kalo pake serum itu ada kentuan dan momen-monennya gk asal pake saja ya. Tips ini sangat berguna bagi yang merawat wajahnya

    BalasHapus
  4. Owww .. bagusnya justru saat kulit masih lembab ya kita menggunakan serum, saya malah nunggu kering hehe. Kadang2 saja masih lembab saya pakai. Kebalik, padahal justru sebaiknya saat wajah belum terlalu kering. Makasih sharing-nya, Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat kulit lembab serumnya lebih masuk ke pori wajah dan meresap sempurna kak. Trus saat pake pelembab, kerja pelembab pun jadi lebih baik akibat serum tadi.

      Hapus
  5. Wah ternyata setelah pakai serum harus pakai pelembab ya mbak, berarti selama ini pemakaian serum saya belum benar mbak. Saya kira setelah pakai serum gak perlu pakai pelembab lagi. Makasih sharingnya mbak, saya jadi nambah pengetahuan

    BalasHapus
  6. Wah iya ya, cara mengaplikasikan serumku selama ini sudah benar apa belum yaa...kayaknya belum, aku ga kasih jeda 3 menit huhuhu

    BalasHapus