Manfaat Puasa untuk Wajah

Assalammualaikum wr wb,

Halo teman-teman..

Siapa ni yang puasanya udah mulai lemes-lemes?

Meski harus menahan lapar dah haus selama hampir 13 jam, menariknya puasa tidak memberi dampak buruk pada kesehatan tubuh. Bahkan puasa menyimpan manfaat baik bagi kecantikan kulit kita lho teman-teman.

Mulai dari mengatasi masalah kesehatan seperti exim, hingga mencegah jerawat. 

Untuk itu, yuk kita baca sampai habis tulisan manfaat-manfaat puasa untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah berikut ini.


Membantu Mencerahkan Kulit

Banyak perempuan berlomba-lomba mendapatkan kulit wajah yang cerah dan bersinar. Dan ternyata puasa juga mampu mencerahkan kulit.

Apalagi jika teman-teman mengkonsumsi makanan bergizi tinggi saat sahur dan berbuka puasa. Puasa menjadi proses detoksifikasi, yaitu pembuangan zat-zat atau racun yang tidak diperlukan oleh tubuh, yang membuat kulit lebih mudah menyerap nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi saat sahur dan berbuka, sehingga wajah jadi lebih sehat dan cerah.

Dan bukan hanya itu, puasa dapat membantu meregenerasi sel-sel di dalam tubuh, sehingga membuat kulit lebih glowing.

Menjadikan Wajah Awet Muda

Apakah kamu tipikal yang hobinya searching-searching anti aging?

Hmm.. usut-usut punya usut, puasa juga bermanfaat untuk menjadikan wajah awet muda.

Puasa meningkatkan produksi human growth hormone (hormon pertumbuhan manusia) di dalam tubuh kita. Hormon tersebutlah yang membantu meremajakan kulit dengan meningkatkan elastisitasnya, sehingga kulit terlihat lebih muda dan segar.

Di samping itu, karena puasa seharian, gula dan kolesterol dalam darah pun menurun. Hal ini membuat tubuh menyesuaikan diri dengan melepaskan sejenis molekul yang disebut keton.

Keton ini berperan untuk merangsang pembelahan sel yang menyusun dinding pembuluh darah. Pembelahan sel ini lah yang membuat kita terhindar dari penuaan dini.

Dilansir dari THE GOAN, berpuasa secara rutin dapat meningkatkan produksi antioksidan yang dapat mencegah penuaan dan kerutan di kulit.

Selain itu, puasa juga dapat mengembalikan keseimbangan micro bioma yang pada akhirnya dapat membuat kulit menjadi lebih bersih.

Mengatasi Jerawat

Selanjutnya banyak yang tak menyangka kalau puasa juga membantu merawat dan mengatasi jerawat.

Ketika berpuasa, tubuh kita beristirahat dalam mencerna makanan, dan sistem regenerasi sel akan bekerja lebih baik dalam menjaga kesehatan kulit.

Oleh karena itu wajah akan bebas dari jerawat ketika berpuasa sebulan penuh.

Melansir pernyataan dokter Dian Novita Anggraini di laman 'KlikDokter',

"Puasa memang berfungsi untuk detoksifikasi kulit wajah, karena asupan kalori yang berkurang saat puasa dapat membantu menyeimbangkan metabolisme tubuh dan meningkatkan kadar antioksidan. Jadi, puasa dapat membantu kulit menjadi lebih sehat."

Detoksifikasi yang tadi dimaksud juga dapat membantu meredakan kondisi kulit, seperti psoirasis (peradangan pada kulit yang menyebabkan kulit bersisik, menebal, mudah terkelupas, dan kadang juga terasa gatal), dan menghilangkan jerawat.

Mengatasi Exim Kulit

Siapa yang masih struggle dengan exim?

Selain menggunakan perawat yang tepat, berpuasa juga dapat membantu meredakan exim kulit.

Puasa diyakini dapat membantu penyembuhan luka kulit lebih cepat dan memperbaiki sel tubuh atau kulit yang rusak. Sebab, ketika perut dalam keadaan kosong, tubuh kita tidak terfokus pada sistem pencernaan.

Hal ini lah yang membuat tubuh dapat melakukan proses lain seperti me-refresh sel-sel kulit baru di tubuh. Termasuk di kulit.

Ketika sel-sel yang rusak diganti dengan yang baru atau yang sehat, proses penyembuhan luka atau ruam pun akan berjalan lebih cepat.

Meredakan Iritasi Kulit

Manfaat puasa untuk kecantikan kulit dan wajah yang yang terakhir adalah mampu meredakan kulit iritasi.

Puasa dapat membantu mengurangi iritasi atau peradangan dengan cara meningkatkan jumlah antioksidan di dalam tubuh.

Nantinya antioksidan tadi akan bekerja menangkal radikal bebas yang sering menyebabkan peradangan atau iritasi di kulit.

Seperti yang sudah kita bahas di atas, puasa memang sering kali dijadikan ajang untuk membersihkan racun pada organ tubuh. Termasuk untuk melawan reaksi-reaksi alergi yang menyebabkan peradangan dan iritasi pada kulit.

Di samping itu, secara gak sadar, kontak antara kulit dan zat-zat berbahaya bagi tubuh dan kulit diminimalisir ketika puasa, hingga kulit tak mudah menjadi iritasi.

Hal ini juga ditegaskan dalam jurnal US Library of Medicine yang mengungkapkan bahwa puasa dapat menyembuhkan iritasi.


So, itu dia manfaat-manfaat puasa untuk kecantikan kulit dan wajah.

Semangat berpuasanya ya teman-teman.

Terimakasih sudah membaca sampai habis ya.

Salam


Klik juga untuk membaca tulisan lainnya:

| 6 Tanda Skincare Tidak Cocok Di Kulit

| Jerawat dan Makanan Adakah Hubungannya?

| Mencuci Muka yang Benar

16 komentar:

  1. Alhamdulillah bahagia yang menjalani puasa dan membaca artikel ini pastinya. Tidak harus banyak perawatan, dengan secara alami sendirinya puasa bisa membantu mendetox diri kita khususnya bagian wajah ini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya Teh,, detoksifikasi alami ya puasa ini, saya juga merasa jerawat kok kempes ya termasuk salah satu hikmah dari banyaknya manfaat puasa untuk kesehatan wajah ya

      Hapus
  2. Wah baru tahu kalau puasa punya sederet manfaat kece buat wajah. Kalau gini jadi makin semangat puasanya.

    BalasHapus
  3. MasyaAllah kak luarbiasa ya hikmah puasa, btw baru tahu bisa juga mengatasi problem eksim kulit, keren banget puasa ni

    BalasHapus
  4. Ternyata puasa tidak hanya baik bagi hati tetapi juga untuk kesehatan dan kecantikan ya mba.. Keren sekali 🙂

    BalasHapus
  5. waaah menarik sekali ini, ternyata banyak manfaatnya daengan berpuasa ya, semoga ibadah puasa kita diterima Allah swt

    BalasHapus
  6. Ini menarik dan memberikan semangat puasa makin bertambah di pagi ini. Meski lapar dan dahaga, jika iklas dan mengetahui banyak manfaatnya seperti ini, puasa makin semangat lagi.

    BalasHapus
  7. Ternyata sebagus ini manfaat puasa untuk wajah, karena puasa saatnya regenerasi sel ya termasuk sel-sel kulit di wajah
    Masya Allah...

    BalasHapus
  8. Buanyak banget ya Mba ternyata manfaat yang bisa dinikmati kalau menjalankan ibadah puasa, dengan memperhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka. Itu lho, bikin kulit cerah dan awet muda, wah ... mau banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meski berbuka dengan yang manis (kurma) tapi harus dijaga asupan gula kak. Karena konon katanya gula bikin emak-emak cepat keriput.

      Hapus
  9. Masya Allah, kalau dijalankan sungguh sungguh dan sesuai syariat memang terasa betul ya manfaatnya itu :) apalagi kalau memang menjaga makanan tetap yang bergizi, wah hasilnya makin kinclong nih

    BalasHapus
  10. Baru tau dan merasa bersyukur kak. Karena gak ada satupun perintahNya yang sia-sia.
    Wah semoga nanti di bulan syawal bukan cuma wajah kita yang lebih cantik. Tapi hati juga ya kak vi..

    BalasHapus
  11. Awak Kira la ya Kan, puasa buat kulit awak kering krn dehidrasi kurang minum. Eh, malah kebalik. Trnyataaaaaa banyak manfaat puasa untuk kulit. Info yg bagus nih! 😁

    BalasHapus
  12. Masya Allah manfaat puasa bagus banget termasuk untuk wajah..Beneran nih no kusam-kusam saat puasa, seger gitu kulit muka, karena ternyata ada detoksifikasi da preoses regenerasi sel:)

    BalasHapus
  13. Manfaat puasa untuk wajah banyak ya Kak... kereen... hmm pantesan alergi saya ada di jari tangan sebelah kirim sejak Ramadan jadi gak kambuh, Masyaallah berfaedahnya shaum bagi kesehatan ya kak

    BalasHapus
  14. Wah ternyata dengan berpuasa dapat menghilangkan jerawat pada wajah ya ..info bagus nih mungkin karena kulit jadi terdetoks gitu ya mbak hehehe

    BalasHapus