Uniknya Bali - Based on My Experience



Assalammualaikum Warrohmatullahi Wabarokatuh...

Halo Teman-teman apa kabarnya...

Di tulisan kali ini, saya ingin cerita perbedaan dari hidup di Medan, terus tiba-tiba pindah ke Denpasar, Bali, yang menurut saya unik, tapi beberapa ada yang membuat saya agak mengalami shock culture.

Langsung saja yang pertama.

Di halaman belakang rumah saya di Denpasar, ada tokek teman-teman. Kalau tokeknya itu kecil, mungkin saya gak bakalan heboh, walaupun teteup takut juga. Ini tokeknya gendut teman-teman, dan suaranya itu keras dan terasa dekat sekali. Intinya, saya takut.


Yang kedua, wangi dupa.

Di Bali, udara itu wangi dupa. Tapi saya suka. Dupanya beda. Gak seperti dupa-dupa yang pernah saya rasakan aromanya, aroma dukun. 

Dupa di sini wangi, seperti aroma terapi gitu. Kemanapun pergi, misalnya ke gang-gang kecil, itu akan terasa aroma dupa. Kalo di Medan, gang-gang kecil biasanya agak-agak bau pesing ye kan, (teteup love Medan).

Terus kalo di Denpasar ini, orang-orang gak peduli kalo liat ciwi-ciwi pake tank top, celana pendek, bahkan pake bikini di jalan. Gak diliatin, gak dipikirin, biasa aja.  Tapi kalo di Medan, pasti de udah cat calling, "cewek, mau kemana" "baju merah" "piwittt", bahkan bisa jadi lebih dari itu.


Yang ketiga, laki-laki Bali itu kebanyakan punya tato. 

Dari mulai waiters di restoran-restoran, supir-supir taksi online, bapak-bapak sampai anak-anak muda, pada tatoan. Kalau di Medan, orang yang ada tatonya itu, identik sama orang yang kurang baik, kesannya negatif. 

Tapi di Bali, sepertinya tato itu sudah merupakan budaya, seni.

Jadi kepo, kayak PNS gitu tatoan juga gak ya...


Keempat, supir taksi online, kebanyakan gak lihat google maps kalo nganterin kita ke tujuan. 

Jadinya nyasar de, atau kelewatan gitu beloknya. Jadi kita juga harus pasang mata, gak bisa ngelamun kalo pas di dalam taksi online.


Kelima, arah mata angin buat nunjukin arah.

Terus lagi, kalo kita nanyain jalan di Bali ini, mereka akan nunjukinnya pake arah mata angin, kayak di Jogja. 

Misalnya nih, kita nanya arah jalan ke Seminyak, Nanti akan ditunjukin begini, jadi ibu ke utara dulu, terus ke barat daya, kemudian ke timur laut. 

Wah, manteman, otak saya gak nyampe. Otak saya cuma bisa terima info 'lurus, kanan, kiri', udah...  kwkwkwkwkwkw


Keenam, di Bali banyak liburnya, BANYAK BANGET.... horeeee kalo ini saya syuka...

Bali itu punya kalender sendiri. Mungkin karena agama dan budaya mereka, yang memiliki banyak upacara dan ibadah-ibadah yang membutuhkan waktu libur yang lebih banyak daripada libur umum di Indonesia, yang mengharuskan mereka memiliki kalender sendiri, sehingga dapat mengatur tanggal-tanggal tertentu yang harus diliburkan.

Ini berlaku untuk kantor-kantor dan sekolah-sekolah. Tapi, untuk sekolah Islam, liburnya gak sebanyak yang sekolah bukan sekolah islam. Sekolah Islam hanya libur dihari H-nya saja. Sedangkan sekolah yang bukan sekolah Islam, liburnya lebih banyak. Misalnya seperti pada saat libur Hari Raya Galungan bulan lalu. Sekolah Islam hanya libur di hari H-nya saja, sedangkan sekolah yang bukan sekolah islam, dan juga kantor-kantor baik pemerintah dan sebagian besar perusahaan swasta, liburnya sampai seminggu.

Bedugul dan Sunset di Tanah Lot

Di Bali, itu ritme aktivitas orang-orang terasa lebih slow... Mungkin karena di Bali, hawanya hawa liburan, jadi lebih chill gitu, santuy... kayak 'nikmatin hidup lo brow.... Ini tempat buat liburan man...'

Dan di Bali itu kan manteman, sering sekali diadakan upacara adat, atau upacara sembahyang umat Hindu Bali. Mereka menggunakan pakaian khas Bali, kebaya Bali untuk yang perempuan, dan laki-lakinya juga punya kostum sendiri untuk upacara sembahyang mereka ini. Dan setiap hari kamis, orang-orang bekerja maupun kuliah pakai pakaian khas Bali ini manteman. Keren juga ya pake kebaya ke kampus atau ke kantor. Kebaya Bali itu menurut saya modelnya keren. Yang bikin kebayanya jadi keren itu, kain pengikat di pinggangnya.

Kostum sembahyang di Bali
Sumber foto: beritabaik.id

Ketujuh, tidak ada adzan.

Selama hampir 6 bulan sejak saya tinggal di sini, dengar adzan gak sampe 5 kali. Di tivi pun gak ada disiarin adzan. Adzan kami di sini dengarnya dari aplikasi di handphone. 

Tapi orang Bali sendiri, punya panggilan sembahyang 3 kali sehari, yang disiarkan di hampir semua stasiun televisi. Di jam 6 pagi, jam 12 siang, dan jam 6 sore. Panggilan sembahyang orang Bali tu berupa kidung Bali yang diiringi gamelan Bali.


Kedelapan, di Bali banyak sekali anjing. 

Dari mulai anjing mahal, sampai anjing liar. Berkeliaran di manapun. Kemanapun kamu pergi, bahkan di pusat kota, anjing-anjing itu selalu ada. Di sekitar rumah saya apalagi, bikin saya takut untuk keluar rumah. Dan saya sebagai orang yang takut sama anjing, sungguh galau karena hal ini.


Kesembilan, di Bali di hampir semua halaman rumah, ada pura kecil tempat sembahyang. 

Termasuk di rumah kontrakan saya, yang disembahyangi oleh yang punya rumah di hari-hari tertentu di setiap bulannya, kalau ndak salah itu setiap pertengahan bulan, setelah bulan purnama. 

Pura kecil di halaman rumah saya


Kesepuluh, banyak sesajen, atau yang biasanya disebut Canang. 

Di hari-hari tertentu, yang punya rumah kontrakan saya ini, sembahyang di pura kecil yang ada di halaman rumah saya. Mereka meletakkan sesajen atau canang di pura kecil tersebut, di depan teras rumah saya dan juga di tanah di depan pagar rumah kontrakan saya ini.

Hampir semua rumah, meletakkan sesajen di pagi hari, menghidupkan dupa juga. Dan di setiap persimpangan jalan juga banyak yang meletakkan canang ini di setiap pagi dan setiap hari.

Awalnya saya kurang nyaman. Gimana kalo kelangkahi, atau gak sengaja terinjak. Tapi setelah bertanya kepada orang Bali sendiri, katanya tidak apa-apa terlangkahi atau terinjak asalkan tidak sengaja. Kalau sengaja kan itu namanya menghina budaya Bali kan ya...

Canang / sesajen di Bali
Sumber foto: laman web eranasional
 


Kesebelas, di sini kantong plastik betul-betul tidak digunakan lagi.

Mau beli apapun, gak akan ditaruh di kantong plastik. Baik itu belanja di supermarket, mini market, belanja  makanan, belanja yang bukan makanan, gak bakalan disediakan kantong plastik. 

Kalian jangan lupa untuk membawa tas belanja sendiri, kalo gak bisa berabe, terpaksa beli kantong belanja yang harganya lumayan. 

Selain kantung plastik, sedotan plastik juga tidak disediakan lagi di restoran-restoran. Jadi kalau memesan minuman saat makan di restoran atau beli minuman kekinian di pinggir-pinggir jalan, kamu bakalan meminumnya langsung dari gelasnya. Tapi ada juga penjual minuman yang menyedian sedotan yang terbuat dari karton tebal, tapi hanya sebagian kecil pedagang minuman yang menyediakannya.

Bagus sekali menurut saya, mengurangi sampah plastik, patut dicontoh oleh kota-kota lain.

 Outing Class - Bali Zoo

Nah itulah keunikan Bali menurut saya, individu yang datang dari Kota Medan. 

Sampai jumpa di tulisan selanjutnya.

Salam

23 komentar:

  1. Waaah aku auto bayangin bau dupa yg enak di mana2 nih mbak. Soalnya aku suka beli dupa yg aromaterapi, hihi
    Baru tahu kl di Bali jarang mendengar adzan berkumandang, mungkin karena muslim minoritas kali di sana ya. Dududu, aku suka sekali menyaksikan upacara adat, apalagi kebaya2 Bali khas banget. Semoga pan kapan kl sikon udah membaik mau main ke Baliii lagi trs kabarin mbak ya, hihi

    BalasHapus
  2. Auto everyday is a holiday ya kak.
    Soal anjing kita samaan. Soal dupa, awak suka dupa sebenarnya. Belum pernah sih cium dupa Hindu. Tapi dupa cina awak suka wkwkwk.
    Pengaruh pas masih kecil tetangga yang ngontrak rumah ya cina. Jadi setiap Maghrib mereka sembahyang pake dupa.
    Kalo hari raya tertentu dupa lebih gede lagi. Hihi
    Trus pas masih kecil pernah makan sesajen mereka. Wkwkwk namanya juga anak kecil. Pantang liat buah nganggur

    BalasHapus
  3. TOKEEEEEEEEEEEEK.
    Hahahahahaha. Malam-malam baca ini aku langsung ngakak Mba Viiiii. Rumah pertamaku di Bali juga ada tokek, warna oranye totol totol lagi. Itu setiaaaaa banget dan susah diusirnya. Kalo sore dia berisikkkkk banget.

    Mungkin karena di Bali itu pohonnya besar-besar ya. Jadi banyak tokek dapat habitat juga.

    Nunjukin arah betul banget, pake mata angin, ke timur, ke utara, mba ke kelod dulu, ke kangin dulu. Toeeeeng!!! Kalo perdana di sana langsung bingung. Saya pernah nangis nelpon suami karena nyasar. Akhirnya dijemput. Wkwkwkwk.

    Adzan rata-rata cuma 3x sehari, ngikutin Puja Tri Sandya orang Bali. Subuh, Dzuhur, dan Maghrib.

    Aaaah, terima kasih mba, jadi nostalgia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, baru tau saya mba kalo memang daerah Bali itu banyak tokeknya.
      Apa memang karena banyaknya pohon atau ada penyebab yang lainnya?

      Hapus
    2. Kalo tokek banyak berarti gosip harga tokek mahal itu cuma isapan jempol belaka ya. Kalo emang mahal sampe jutaan kenapa gak ditangkap aja di Bali ya. Kan banyak . Wkwkwk

      Hapus
  4. Senyum-senyum bacanya..inget Bali akutuuu, yang BAnyak LIbur..yeayy
    Adaptasi benar memang kalau dari Medan ke Bali.Dan hampir semua di artikel ini aku alami kecuali yang tas plastik.Senang kalau sudah ga ada lagi pemakaian plastik, di Jakarta belum bisa 100% nih.
    Kalau tatto, di bagian tubuh yang tertutup sepertinya PNS juga punya, temanku pernah cerita
    Terus kalau arah, 8 tahun di sana aku bingung kalau dah ditunjukin arah Utara, Selatan aku tahunya kanan kiri hihi

    BalasHapus
  5. jadi penasaran, kalau di sana cari makanan halal susah nggak ya? bukannnya kalau agama hindu sapi nggak boleh dimakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibilang susah gak juga mba.
      Tapi memang harus extra teliti kitanya...

      Hapus
  6. Saya pernah tinggal di sebuah kawasan di pinggir kota Medan yang memang banyak yang pelihara anjing dan sebagian besar berkeliaran di jalan. Memang bener-bener gak nyaman deh Bun.
    .
    Untuk Bali yang sudah menerapkan zero waste, saya standing applaus deh. Bener-bener harus dicontoh oleh pejabat daerah lainnya.
    .
    Yang paling bikin ngakak itu, piwittttt, baju merah
    Hahaha, bikin gak bisa berhenti ketawa.

    BalasHapus
  7. hua lihat ini jadi kangen banget sama Bali deh kak, pengen jalan-jalan lagi semoga semuanya segera membaik ya biar bisa jalan2 lagi termasuk ke bAli dengan aman

    BalasHapus
  8. Henny jadi ingin ke sini lagi nih. Dulu pernah ke sana pada tahun 2018. Sukanya di Bali ini, Henny tuh kan jadi berbahasa yang santun dan lembut. Beda banget sama yang di Medan. Terus ada lagi nih yang di rindu itu suara gamelan setiap malam. Setiap jalan, kayaknya ketemu pantai. Surgawi dunia banget dah sama keindahan alamnya. Maunya pas di sana udah tau dulu ya kan destinasi wisata mana yang mau dikunjungi. Biar enggak terpelongo seperti Henny dulu. Hahah ...

    BalasHapus
  9. Bali emang selalu jadi destinasi yang asyik buat dikunjungi, ceritanya juga ngga habis2 ya mbaa, terakhir kesana pas SMA aku.. ya ampun kangenn dan pengin kesana lagii

    BalasHapus
  10. Di belakang rumah kami juga ada tokek, kak. Hahaha

    Alfie suka sama poin yang banyak wisatanya. Kan bisa buat konten youtube dan blog toh. Ga kena biaya kan kak kalau liburan ke pantai disana?

    Alfie ada tatto. Kalau kesana, dikirain orang bali?

    BalasHapus
  11. Aakkk jadi kangen baliiii, do'ain bisa kesana lagi ya mom,
    Kebayang kak vivi ngomong "chilll" 🤣🤣🤣

    Soal dupa, waktu kesana beberapa tahun lalu, kan nginap di rumah temen yg juga domisili sana walau aslinya wong jogja, nah itu kecium mulu terus emang selalu liat di jalanan, awalnya takut ketabrak mobil eh ternyata gapapa juga kalau emang ditaruhnya di tengah jalan
    Terus yg nunjuk arah, samaaa makin nanya makin ga ngerti, mana barat timur tenggara xixixixixi

    Daah aahh terlalu banyak yg pengen dikomen, intinya tolong panggil aku kembali Bali

    BalasHapus
  12. Jadi kan, ini wishlist kami sekeluarga insyallah tahun depan, bisalah kk pipi di tumpangi ahaha atau jd guide kami,, nah budaya budaya yg begini ini nih yg saya sukai beda dari yg dirumah kita. Bisa ada kenangan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan senang hati di tumpangi...
      Ditunggu ni... dah tak saba ni

      Hapus
  13. Part yg hari liburnya banyak dan punya kalender sendiri itu hal yg paling di mupeng in kak e. gabisa di medan ini gitu juga bayaaaa kaka?....

    BalasHapus
  14. Sama nih kaya di daerah alm ayah tiriku, banyak banget anjing soalnya mayoritas beragama katolik. Ada yang lucu-lucu bingit. Ada yang diternak nanti dimasak. Pokonya kalau malam rame banget.

    MasyaAllah keren tuh tanpa kantong plastik. Semoga nanti merata ke seluruh Indonesia. Sedih kalau liata sungai-sungai penuh sama kemasan plastik.

    BalasHapus
  15. bali ini selalu masuk wishlist, gak tau kayak kepo aja gitu kak vi. pusing dikit keknya bisa melipir ke pantai. kerja wfh dr bali jg keknya gak jadi stress ya wkwkwk perkara no 2, catcalling wkwkwk medan medan :(

    BalasHapus
  16. Sekarang aku paham kak, kenapa para artis tu impian habiskan masa tua adalah di Bali, ternyata seperti ini ya kehidupan di Bali, slow mo men. Aaaak aku kan jadi pengen ke Bali wkwkw

    BalasHapus
  17. Bali memang tempatnya liburan ya kak, makanya hari liburnya panjang gitu hehe, ttg kebiasaan yg berbeda Bali dan Medan yang terasa ini pastinya bikin pengalaman hidup kita semakin beragam ya :)

    BalasHapus
  18. Bali keren yah agamanya masih kentel bangett ampe dibuatin kalender sendiri buat gak ngeganggu ibadah mereka... Tp menurutku kekurangannya di bali, tenggorokan susah bnget nelan mknan soalnya sllu kpikiran dgn mknan yg dilarang ama agama islam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, iya tuh. Mau makan pun bingung. Mastiin mana halal dan enggak. Dududu ... kan jadi dilema. Kalau punya rumah sendiri di sana kan enak tinggal masak sendiri. Nah, yang pelancong ini rasanya masih meraba-raba kuliner yang halal.

      Hapus