Eksplor Bali: Toya Devasya Hot Spring Water Park



Assalammualaikum Wr Wb.

Masih cerita salah satu tempat wisata di Bali nih teman-teman.

Namanya adalah Toya Devasya Hot Spring Water Park.

Lokasinya berada di pinggir Danau Batur, di daerah Kintamani. Tepatnya di Jl. Puri Bening, Desa Toya Bungkah, Kintamani, Bangli.

Saya pernah bercerita di salah satu tulisan tentang jalan-jalan saya dan keluarga ke Kintamani, linknya di bawah ini.

Jalan-jalan ke Kintamani

Nah, dari situ ada jalan menuju ke bawah hingga ke pinggir Danau Batur.

Jaraknya sendiri sekitar 60 km dari rumah saya di Denpasar Timur. Dan memakan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam. 

1 jam tiba di Kintamani, lalu kira-kira setengah jam turun ke bawah ke lokasi Toya Devasya Hot Spring di tepi Danau Batur.

Kami pergi ke Toya Devasya Hot Spring Water Park ini tanggal 5 Desember 2021, dengan menggunakan mobil. Tiba di lokasi hampir waktu Dzuhur.

Untuk masuk ke Toya Devasya, kita harus membayar. Tersedia paket-paket masuk ke lokasi, yang sudah meliputi penggunaan fasilitas semua kolam renang dan juga makan siang atau minuman saja dengan berbagai pilihan.

Paketnya ada dua macam; Paket Gold dan Paket Platinum.

Paket Gold terdiri dari:

  • Paket 100K / pax: hanya mendapatkan minuman saja dengan dua pilihan, es krim atau soft drink.
  • Paket 110K / pax: juga hanya mendapatkan minuman, dengan pilihan kelapa utuh, kintamani original (sepertinya jus jeruk sih), dan coffee mocha.
  • Paket 120K / pax: mendapatkan makan siang (tanpa minum) dengan pilihan menu nasi goreng ikan asin, nasi ayam lada hitam, nasi ayam bakar, nasi Mujair nyat-nyat, nasi / kentang goreng dan ayam goreng, dan bakso ayam.
  • Paket 130K / pax: pilihan menunya grilled chicken burger, spagetti anglio & olio, dan chicken snity wrap yang penampakan di gambarnya seperti lumpia.

Lalu paket platinum seharga 250K / pax yang terdiri dari 3 pilihan menu; 

  • shouthern chicken burger, 
  • chicken snity wrap, dan 
  • spagetti anglio & olio.

Tapi paket platinum ini sepertinya untuk turis internasional de.

Karena jumlah kami sekeluarga itu ada 4 orang (si bungsu 5 tahun sudah terhitung membayar), kami memesan 4 paket 120K / pax: nasi goreng, 2 nasi ayam bakar, dan nasi mujair nyat-nyat.

Nasi Mujair Nyat-nyat


Seharusnya saya tidak usah beli paket, karena saya tidak ikut berenang, dan bisa beli langsung makanan di dalam lokasi kolam. Tapi info ini saya taunya belakangan. Cemana lagi ye kan, dah telanjorrr....

Sebelum mandi-mandi di kolam, kami makan dan sholat dulu.

Toya Devasya Hot Spring Water Park menyediakan tempat sholat lho, bersih dan air untuk berwudhu juga lancar.. Dan Alhamdulillah, pekerja dari Toya Devasya ada yang muslim juga, karena kami sholat bersama-sama. Kenapa tau kalau dia adalah pekerja di Toya Devasya? Karena dia pakai seragam Toya Devasya.

Suasana di lokasi Toya Devasya bernuansa Ungu, seluncuran ala water parknya pun juga ungu, dan suasana saat itu ramai sekali. 

Toya Devasya memiliki 4 kolam renang kecil, dan 1 kolam renang besar, yang dilengkapi dengan pancuran air hangat yang menyegarkan dan menyehatkan. 

Ada taman bermain untuk anak-anak juga.

Seluncuran ini istilahnya apa ya?  water boom ya?
Warnanya ungu

2 kolam yang kecil terletak di pinggir Danau Batur, dekat sekali dengan Danau Batur tersebut, sehingga memanjakan pandangan mata karena indahnya. 

Kolam renang yang berdekatan dengan Danau Batur dan restoran.


Foto: Dokpri


Foto: dokpri


Kolam renang besar


Di dalam lokasi kolam renang, banyak stand-stand makanan. Dan jangan khawatir, di lokasi ini tidak ada makanan yang tidak halal. Menunya hanya menggunakan daging ayam saja. Walaupun ndak tau juga, gimana cara motong ayamnya. 


Terus lagi nih, di Toya Devasya Hot Spring Water Park juga menyediakan wahana water sport, seperti banana boat, donut boat, flying fish, dan jet ski, naik kano dan kayak, kegiatan water sport ini diadakan di Danau Batur, masih lokasi yang sama. Tapi karena kami kurang eksplor, pas mau pulang, baru tau ada wahana ini hiks.... Nanti diulang lagi perginya. 

Dan harganya cukup terjangkau, dibandingkan di tempat lain dengan wahana yang serupa (lupa moto daftar harganya), pokoknya di bawah 300K, sementara di tempat lain saya lihat wahana seperti ini dibandrol dengan harga 500K ke atas.

Lalu ada juga trekking untuk naik sepeda. Kita bisa bersepeda di sekitaran Toya Devasya mengelilingi desa sekitar yang sejuk dan asri. 

Kemudian bisa pijat refleksi, spa, penyewaan villa, trekking Danau Batur, dan ada arena kempingnya juga.

Sekian cerita-cerita kali ini.

Salam


15 komentar:

  1. Bali memang indah ya..
    Wajar jadi incaran wisatawan.

    Terima kasih bunda sudah mengulas Toya Devasya ini..

    BalasHapus
  2. Bagi penyuka warna ungu, pasti wajib kesini ya kak pas ke Bali. Cakep tempatnya tapi agak jauh dari pusat kota. Lain kali kalo ada kesempatan ke Bali, kami main kesini juga ah...

    BalasHapus
  3. Mupeng buuuun...

    Hot spring kalo di Medan itu kayak sidebuk-debuk ya?

    Tapi memang kalo di Medan,( eh sembahe ya) tidak secantik ini pengelolaannya

    BalasHapus
  4. Waduh sayang banget info nggak perlu beli paket makanan kl ga ikut berenang ya mbak. Hihi
    Tp nggak apa2 jd bisa makan bersama setelah anak2 berenang..

    BalasHapus
  5. Teteuuup ya kak dengan artistik khas Bali. Memang liburan di Bali ini, mau yang mana aja terasa spesial. Keren kolamnya. Semua full purple.

    BalasHapus
  6. yeay dah mulai jelajah bali ya. paket nya lumayan ya kak, tp sesuai apa yg di dapat. view bgs dan ada makanan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya pengen terbang ke Bali, ke rumah kak vivi trus ngomong "bawa aku traveling kak.... " Hahaha

      Hapus
  7. Liat menu ikan mujair nyat-nyat jadi oenasapen rasanya kayak apa Bun?

    Cenderung pedas atau memang pake bumbu khusus untuk masakan Bali.

    Baru kali ini soalnya dengan dengar nama masakannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah icip bun, tapi saya lebih suka bumbu ikan bakar atau ikan goreng saja.
      Masak nyat-nyat ini agak berkuah gitu, basah, kayak-kayaknya pake santan de bun... coba nanti saya icip lagi kalo pak su pesan. beliau suka soalnya

      Hapus
  8. Wahh ini murah sih menurutku mbaa, maksudnya terjangkau gituu ngga mahal2 banget dan worth it dengan semua yg kita dpaat di situ fasilitasnya yaaa

    BalasHapus
  9. wah, ungunya unyu ya, Lengkap sekali ini juga ada pijat refleksi, spa, penyewaan villa, trekking Danau Batur, ....di Toya Devasya Hot Spring Water Park. Bisa jadi jujugan nih kalau ke Kintamani lagi

    BalasHapus
  10. wuah pengennya kak. gak pala rame yakan kak. setau awak klo tempat wisata dmn aja di bali itu selalu rameh. ya allah.....ini kayak ci ater lembang yakan kak. seru kali keknya dan ramah dikantong.

    BalasHapus
  11. Warna wahananya dominan ungu gitu ya? Harga per paketnya lumayan juga. Asik banget deh kak Vivi jalan-jalan terus deh

    BalasHapus
  12. Gpp Kak Vi,, telanjur beli insyaallah jadi pengalaman kan,, apalagi dituliskan seperti ini melalui blogpost wahhh berharga banget bagi para pembaca yang pingin ke Toya Devasya juga, nice share Kak. Matursuksma.

    BalasHapus