KEBIASAAN HARIAN YANG BISA MENAMBAH BERAT BADAN

Assalammualaikum wr wb,


Beberapa kebiasaan sepele bisa menyebabkan berat badan kamu naik. Misalnya; 

TIDAK MINUM CUKUP AIR

Kadang, kamu itu gak laper. Kamu cuma haus. Menurut penelitian, orang cenderung tidak bisa membedakan lapar dan haus. 

Itu sebabnya kita lebih sering makan daripada minum. Minum dua gelas air sebelum makan mengurangi asupan kalori kamu dan menjaga kamu dari dehidrasi. 


STRES

Kalau kamu sering terlambat, itu artinya kamu sering stres. Perasaan sesak muncul di dada kalau kita melihat jam berdetik. Sementara kamu terjebak di kemacetan dan udah 15 menit kendaraan kamu gak maju-maju. Nah, saat kamu merasakan itu, tubuhmu memproduksi hormon stres. Setelah hormon itu memasuki aliran darahmu, kamu menginginkan ketenangan lewat makanan. (bukan kamu aja yang begitu, saya jugak....).  Biasanya kita jadi pengen makan makanan bergula atau rendah gizi yang biasanya kita hindari.

Stres karena senin masuk kerja juga sama. 


KECANDUAN MEDIA SOSIAL

Bermedsos ria itu bikin kita pengen ngemil, ya toh? ya toh? ya iyalah..... apalagi bermedsos ria di tengah malam. Memang asik banget kan, ngemil sambil scroll-scroll media sosial sampai berjam-jam.

Waktu bermain HP, membuat orang gak bisa ninggalin sofa atau apapun tempat dia bermager ria. Tambahkan ini dengan......


DUDUK 40 JAM PER MINGGU DI KANTOR

Maka kamu akan paham mengapa sulit sekali menurunkan berat badan. 

Pekerjaan di belakang meja membakar kalori lebih rendah dibandingkan bekerja di lapangan. 

Coba de bekerja di meja sambil berdiri, atau cobalah berjalan 2 menit setiap satu jam di kantor.  


BERDANDAN SEBELUM BEKERJA 

Menurut penelitian, orang cenderung berjalan 500 langkah lebih banyak per hari saat memakai denim, atau pakaian yang nyaman. 

Saat memakai sepatu hak, sepatu formal dan pakaian kantor, kamu cenderung kurang berjalan kaki selama atau setelah jam kerja. Bahkan......


MEMBAWA KERANJANG BELANJA. Alih-alih troli, bisa menambah berat badanmu. Saat membawa keranjang berat yang penuh belanjaan, kamu mungkin akan cepat lelah dan jadi kesal. Jadi kamu mencari solusi cepat yang bisa membantumu. Seperti bantuan dari kripik, biskuit, atau coklat. Jadi pakai troli saja saat berbelanja ya, itu lebih baik.


DIET SODA

Kamu memilih meminum diet soda. Tapi biasanya didampingi oleh pizza. Burger atau pun kentang goreng. 

Orang cenderung merasa telah menghemat kalori dengan minum diet soda. Dan mereka yakin, kalau tidak apa-apa makan makanan berbahaya. Begitukan?

Menurut penelitian, saat kamu mengunyah makanan manis, tubuhmu tahu kalau dia akan menerima kalori dan gula. Tapi saat minum diet soda, otak kita bingung. Otak kita masih menantikan kenikmatan. Dia mulai mencari gula, sehingga kita lebih menginginkan makanan manis dan tinggi kalori.


AIR

Air adalah pilihan paling aman. 





Promosi di tempat kerja. Ulang tahun. Pernikahan. Bersih-bersih rumah. Hari baik di kantor. 

Kalau kamu selalu merayakan sesuatu dengan makan makanan lezat, kamu tahu akibatnya. 


JANGAN MENUNDA MAKAN

Orang-orang zaman sekarang seringkali terburu-buru. Yang sibuk lah... yang terjebak macet lah..., kalau sudah begitu pasti pengen banget tidur siang pas jam istirahat.

Tapi apapun alasannya, cobalah untuk tidak menunda makan. 

Saat lapar, kita cenderung makan terlalu banyak. Tekad 'mengatur pola makan', atau 'diet' jadi melemah. Memang beginilah tubuh kita diprogram. Tubuh hanya ingin bertahan. Jadi jangan heran kalau kamu merasa ingin makan lebih banyak. 

Sayangnya kita gak akan makan brokoli disaat seperti ini. Betul kan?

Selain itu, saat menunda makan, metabolisme tubuh kita menurun. Jadi menurunkan berat pun menjadi lebih sulit. Tubuh kita gak tau kapan akan mendapatkan makanan lagi. Jadi si tubuh ini menahan lemak untuk melindungi dirinya, dan menyimpan kalori untuk nanti. 

Salah satu solusinya, kamu bisa makan kacang, buah, atau cemilan ringan dan sehat, agar terhindar dari masalah itu. 

Menunda makan dan makan tidak teratur, juga bisa membingungkan tubuh kita. Sehingga akhirnya kamu menginginkan dan mungkin memakan lebih banyak pizza, burger, coklat atau cemilan-cemilan yang kurang menyehatkan lainnya. 

Dan gak cuma junk food aja yang termasuk makanan kurang menyehatkan, seperti misalnya, selai kacang. Itu baik sih, tapi bisa menambah berat badan kalau dimakan terlalu banyak, karena kalorinya tinggi. 

Jika kamu minum terlalu banyak kopi dengan susu, atau gula, atau krim (dua dari tiga orang Amerika biasanya menambahkan itu di dalam minuman mereka). Tapi yang pasti, lebih banyak tambahan artinya lebih banyak kalori. 


Saat naik lift, bukannya tangga, kamu melewatkan aktivitas fisik. 


Aturan setengah piring

Menyeimbangkan makananmu. Artinya setengah piringmu harus berisi buah dan sayuran. Dan jangan lupakan air.

Kita tidak bisa jauh dari gula-gula dan kudapan favorit. Bener gak? Hehehehe

Saya suka nonton acara masak chef terkenal, baik di tivi ataupun di youtube. Tapi biasanya resep-resepnya mengandung lebih banyak kalori daripada hidangan biasa.  Sebaiknya tonton saja, tidak usah membuatnya.


Menonton acara tengah malam bisa menambah berat badan, meskipun kamu olahraga atau makan makanan sehat saat siang.


Tukang begadang, cenderung makan sedikit saat pagi, sehingga mereka makan lebih banyak saat sore dan malam.





Tubuhmu perlu beberapa saat untuk memberitahu otakmu "hey, kamu yang di atas, aku kenyang!". Jadi saat makan kita menerima pesan ini belakangan. Sehingga kita cenderung makan lebih banyak dari yang dibutuhkan.


Menu restoran sering terlihat sangat sehat. Tapi hidangan yang ringan bisa meningkatkan seleramu. Lalu kamu akan makan lebih banyak dari yang kamu rencanakan. 


Nongkrong bareng teman memang asik. Tapi ada yang namanya fasilitasi sosial. Yaitu saat kamu berperilaku berbeda di hadapan orang lain. Menurut penelitian orang-orang makan 30 - 50 persen lebih banyak dalam kelompok. 

Bukan berarti kamu harus berhenti nongkrong dengan teman ya...

Hanya saja kamu harus lebih memperhatikan makanan di meja pas nongkrong. 

Saat di restoran cobalah jadi yang pertama memesan. Dengan begini kamu tidak perlu ikut-ikutan memesan apa yang temanmu pesan.


Produk rendah lemak mungkin mengandung lebih banyak karbohidrat dan gula daripada makanan biasa. Bukan itu yang kita butuhkan untuk menurunkan berat badan. Hanya karena kamu berolahraga, bukan berarti kamu bisa makan sebanyak yang kamu mau.

Butuh lari yang lebih jauh untuk membakar cheese cake yang lezat itu. 



Cobalah untuk tidak menggunakan penyejuk udara saat ingin menurunkan berat badan. Serius lho...

Menurut penelitian, suhu yang nyaman membuat tubuhmu rileks. Jadi tidak perlu melakukan apapun agar tubuhmu tetap dingin atau hangat. 

Anehnya, orang-orang cenderung makan lebih banyak gorengan saat suhunya nyaman. 


Jika kamu suka makan di meja kerja, dan tetap ingin menurunkan berat badan, ada kabar buruk. Saat kamu misalnya makan siang sambil melakukan hal lain, kamu tidak akan memperhatikan jumlah yang kamu makan. Tanpa kamu sadari, kamu sudah makan 50 persen lebih banyak daripada yang biasanya atau yang kamu mau. 

Fokus.... fokus.....


Jus buah dan smoothi terdengar sehat, dan jelas lebih baik dari makanan rendah gizi. Tapi minuman ini juga tinggi kalori dan gula. 




Saat menonton pertandingan olahraga, kamu  bisa aja makan banyak. Bukan cuma kudapan yang kamu kunyah selama pertandingan, tapi juga makanan penyemangat yang kamu makan jika timmu kalah.


Alih-alih makan bebas, akhir pekan bebas justru tidak ada gunanya. Dua hari terkesan oke-oke aja kalau kamu mengendalikan makananmu selama lima hari lainnya. Tapi makan makanan tinggi kalori bisa membuat semua upayamu selama seminggu jadi sia-sia.


Menurut penelitian, kalau duduk di dekat jendela restoran, kamu cenderung memesan makanan yang lebih sehat. Dan kebalikannya. Saat duduk di area yang lebih gelap, saat memesan hidangan di restoran, biasanya hidanganmu dipenuhi dengan krim, mentega, minyak dan gula. 


Apa kamu membagi makanan penutup dengan teman makanmu di restoran? 

Sebaiknya buat keputusan ini sebelum kamu memesan menu. 


Peneliti mengatakan bahwa tubuh yang lebih langsing berhubungan dengan rumah yang rapi. Mereka baru-baru ini menemukan bahwa debu rumah mengandung jenis bahan kimia yang bisa mengubah hormon yang mendorong tubuhmu menyimpan lebih banyak lemak.


Dan jangan lupa soal coklat. Pokoknya jangan makan coklat terlalu banyak.



Salam sehat....

24 komentar:

  1. Duh bagian tidak cukup minum air, duduk 40 jam di depan laptop dalam seminggu, dan menunda makan itu bener-bener aku banget, pantesan aja berat badanku kok nganan terus padahal makannya jarang-jarang. Memang harus segera diperbaiki nih pola hidupku yang nggak banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss kita Mbak... tp diriku nyediain sebotol air mineral di samping laptop, cuma parahnya pas udah abis kok gak diambil lg itu lho hehe

      Hapus
  2. Selama ini saya merasa timbangan terus nganan adalah bagian dari proses hamil, melahirkan dan menyusui.
    Ternyata, kurang minum air, kurang sayur buah, rebahan berpuluh jam sepekan adalah hal lain yang bisa dijadikan penyebab selalu nganan yaaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama awak terus ke kanan kak, ngemil sama magernya yang banyak :D

      Hapus
  3. Setuju deh soal berat badan selama masih bisa dikendalikan itu termasuk wajar. Yang patut kita apresiasinya adalah badan yang sehat. Kesehatan itu dulu yang kita utamakan ya...

    BalasHapus
  4. Nah bener banget nih kak, sejak aku bergadang.. Pagi makanku sedikit karena gak lapar tapi sore ke malam jadi banyak makan.. Jadilah aku menggendutt hikss hihihi..

    BalasHapus
  5. Semenjak-semenjak ini lebih suka bermain media sosial ketimbang aktivitas fisik. Entah karena keadaan juga tapi memang sangat berpengarauh pada kondisi tubuh minimal berat badang jadi bertambah deh

    BalasHapus
  6. Iya nih kalau buka medsos bakalan mager terus di tempat tidur seharian hihi, alhamdulillah minuman soda udah ditinggalin kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya kalo buka Medsos waktunya gak berasa. Tiba-tiba udah berjam-jam ya kan kak id

      Hapus
  7. waaah menunda makan ternyata bikin makin gemuk ya :( aku hobby bgt nunda makan hanya karena gamau makan banyak huhu.. begadang juga nih ternyata jd si penambah berat badan huhu

    BalasHapus
  8. Intinya gemuk = kalori yang masuk ke tubuh > kalori yang keluar dari tubuh gitu ya bu? Hehe. Beberapa saya kurang relate nih, karena saya punya poin-poin tersebut, tapi bb gak masuk gemuk. Mungkin karena kalo stres saya ga bawa nyemil yang banyak, atau mungkin karena saya mayan sering membakar kalori? hehehe. Semangat sehat ibu!

    BalasHapus
  9. Ya ampuuun ini nohok banget semua Kebiasaan yang kulakukan pantes berat badanku bertambah mulu. Padahal mikirku makan sehari cuma 2 Kali ternyata...

    BalasHapus
  10. Awak kalo lagi stress suka gak sadar ngemil terus kak Vi..
    Tapi kadang bukan gemuk. Cuma perutnya aja buncit. Ini nih bikin sedih. Kok kayak orang busung lapar.

    BalasHapus
  11. Sepertinya aku harus cek berapa jam duduk dalam seminggu di kantor. Jangan2 karena terlalu sering duduk di kantor inilah yang menyebabkan beratku ga turun turun juga. Thanks mba, berkat tulisan ini aku jadi tahu penyebab berat badan susah turun

    BalasHapus
  12. Selamat ulang tahun Kak Vi... sepertinya momen ultah kak vivi jadi momentum memancangkan tekad yang kuat untuk memperoleh tubuh yang sehat terus ya Kak. Btw, pake troli aja ah... hmm cemana kl musti ke pajak itu ya.. gak bs pake shopping mart soalnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk awaklah kak.. tiap hari ke pajak gak pake troli. Jadinya lumayan bawa barang dari penjual ke parkiran. Tapi biasanya awak tumpuk dulu di beberapa tempat biar gak jauh kali.

      Hapus
  13. saya orang yang punya kebaisaan menunda makan tapi karena memang malas aja makan bawaanya. tapi saya susah untuk makan banyak kak hehehe, tapi ok itu kebiaaan buruk yang harus saya hindari niy

    BalasHapus
  14. Gagal diet dah lihat makanan olahan yang instan. Pantesan berat badan saya selalu naik. Apalagi kalau stess, bawaannya ingin makanan. Barakallah Fii Umrik Ya Bu, semoga yang disemogakan terwujud.

    BalasHapus
  15. ku berasa tertampar..ini list-nya aku banget, kebiasaan harian yang menambah berat badan. Dulu dijaga, saat pandemi kebablasan semua. Nyaris 10 kg selama pandemi hiks! Thanks sudah diingatkan Mbak Vivi

    BalasHapus
  16. Setuju banget stress bisa bikin berat badan nambah ya mbak..emang harus menjauhkan diri dengan stress nih salah satu cara ya berpikir positif dan lakukan kegiatan yg disenangi ya mbak

    BalasHapus
  17. Ya Allah kk tertampar tampar awak baca ini tapi memang skrg awak lebih sadar kalau mau makan dan jajan sesuatu. Klo dulu, mindset ku makan utk kenyang jadi piring penuh dg karbo hal biasa, klo skrg mikir haha, salam sehat ya kak

    BalasHapus
  18. Waduduh kerasa semuaaa ini efek ke berat badan, apalagi kalau udah duduk lama dan sukanya nyembil. Terus ditambah begadang, uh kombo deh :D lagi perbanyak air putih nih dan juga rutin gerak karena tentunya sayang-sayang sama tubuh

    BalasHapus
  19. Kalau saya gak bisa ngemil sembari ngemedsos, Mbak. Saya malah diam hihi. Nanti cari makannya, ngemil dikit atau sekalian makan setelah lepas HP. Saya gak makan sambil pelototin HP, gak bisa ....

    BalasHapus
  20. Hehehe... bener banget ni kak vi. Hidup serba simple sekarang bikin berat badan makin nambah aja.

    BalasHapus