Mitos dan Fakta di Sekitar Kita

 Assalammualaikum wr wb..

Okey.. langsung aja yah...

Mitos atau fakta nih...?


Berlian bukan batu permata yang langka

BENAR. Batu permata ini memang sangat cocok dipakai bertunangan ya.. Tapi gak langka seperti yang digembar-gemborkan. Iklan telah menyulapnya menjadi permata yang super WOW. Padahal yang lebih langka juga ada. Batu Painite gems.

Painite gemstone. 
Sumber foto: ebay dot com


Merah, mirip Rubi. Kelihatan cantik kan? Tapi bisa bikin dompet kita meronta dan menjerit "tolong!". Bayangin aja. Harganya bisa sampai Rp 700 juta per karatnya. 


Bulan punya sisi gelap

MITOS. Bulan tidak punya kekuatan gelap untuk menguasai dunia. Posisi satelit kita ini dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Jadi cuma salah satu sisinya yang bisa terlihat. Bagian gelapnya juga tidak akan permanen.


Kleenex tissue awalnya dibuat sebagai masker gas.

BENAR. Kimberly Clarck awalnya mendesign pengganti masker dari bahan katun tipis. Ditahun 1924, Kleenex mulai muncul di pasar Amerika Serikat sebagai krim dingin dan penghapus make up, kemudian berubah menjadi tisu lembut seperti yang ada sekarang. 


Coklat tidak baik kita konsumsi

APA...????

Pasti 100 persen MITOS kan?

Gak cuma coklat, makanan lain pun bila terlalu banyak dikonsumsi juga dapat membahayakan. Kontrol asupanmu ya.. Biar manfaatnya bisa kamu rasakan. Tapi ini hanya berlaku untuk jenis coklat hitam saja.


Tidur balas dendam saat weekend bisa menebus waktu tidurmu yang kurang.

Jelas MITOS lah....

Kamu tidak akan bisa menggantikan waktu tidurmu yang kurang itu cuma dengan tidur balas dendam, meski kasurmu sudah kamu bikin super empuk. Waktu tidur yang berantakan bisa menurunkan konsentrasi dan performamu. Kalau kamu merasa bugar setelah bangun, berarti tidurmu sudah cukup. 


Zombi sebetulnya ada!

BENAR. Manusia memang tidak bisa menjadi zombi lapar seperti di film-film itu. Tapi makhluk itu benar-benar ada di dunia binatang. Jamur yang nama ilmiahnya Cordyceps Unilateralis, mengambil alih tubuh semut dengan bahan kimia di tubuhnya. Di bawah kendali jamur, semut ini memisahkan diri dari kawanannya untuk mencari dahan atau daun yang pas. Lalu jamur ini akan bertunas dari tubuh si korban, dan menyebarkan sporanya ke tanah. Luar biasa!!

Semut yang sudah dirasuki oleh zombi fungus
Sumber foto: theatlantic dot com


Organisme terbesar di seantero bumi saat ini adalah Paus Biru, Gajah Afrika, atau Shaquile O'Neal (pebasket)

MITOS. Ketiganya memang punya tubuh jumbo. Tapi Jamur Madu di Blue Mountain, Oregon, justru lebih besar lagi. Panjangnya saja sampai 5.5 km. Atau 6.5 kali tingginya Burj Khalifa. Sampai saat ini pun masih terus tumbuh. Kalau kamu mau icip rasanya, bisa aja kok. Karena jamur ini bisa dimakan.

Jamur Madu dari Oregon
Sumber foto: indolah dot com


Ayam Kalkun bisa merona

BENAR. Sama seperti manusia, ayam kalkun juga bisa merona saat merasa senang, marah, atau sakit. Kulit di kepala atau lehernya bisa berubah menjadi merah atau biru. Kalau gelambir yang menggelantung di bawah lehernya, disebut pial. Saat unggas ini merasa senang, pialnya juga akan meronta eh merona. Tapi kalau sudah jadi hidangan, kalkun akan berubah menjadi coklat, kalkun panggang.

Sumber foto: ekor9 dot com


Kita cuma punya 5 indera.

MITOS. Jumlahnya belum diketahui pasti. Ada yang bilang lima, tujuh, empat belas, dua puluh empat, bahkan lima puluh tujuh. Indera primer kita meliputi penglihat, pendengar, pencium, pengecap dan peraba. Selain itu ada juga indera pendeteksi gerakan, posisi tubuh, suhu, keseimbangan dan organ dalam. Misalnya saja, kamu bisa merasakan detak jantungmu. 

Coba tutup matamu sambil menyentuh hidung. Nah, itulah contoh propriosepsi.

Sumber foto: warstek dot com


Kelelawar tidak bisa melihat

MITOS. Penglihatan kelelawar di malam hari sebenarnya lebih tajam daripada kita. Hanya saja kemampuan itu akan menurun saat siang hari. Karena hewan ini cuma akan melihat objek di sekitarnya dengan warna hitam dan putih. Kemungkinan mitos ini berasal dari sonar yang dipakai kelelawar untuk melakukan navigasi tanpa harus menggunakan matanya. 


Unicorn itu memang ada

BENAR. Tapi bukan berwujud kuda. Kemungkinan biak keroknya adalah rusa. Kelainan genetik bisa ditandai dengan adanya tanduk tunggal pada beberapa spesies. Dan mungkin inilah yang menjadi penyebab munculnya legenda Unicorn sejak zaman dahulu kala. 


Madu gak akan bisa basi

MITOS. Kalau diangin-anginkan di lingkungan yang lembab, yakinlah kalau madu juga akan basi. Agar madu tidak basi, tutup rapat dan jauhkan dari air. Karena di dalamnya terdapat zat anti jamur dan anti bakteri, organisme pun takut kalau mau numpang hidup di situ. Kalau disimpan dengan baik, madu akan tetap bisa dikonsumsi. 


Petugas damkar menggunakan air yang lebih basah.

BENAR. Agar lebih efisien saat memadamkan api, petugas damkar menambahkan bahan kimia khusus ke dalam air. Bahan pembasah ini mampu mengurangi tegangan permukaan air sehingga air akan lebih mudah menyebar dan meresap. 


Jangan mengusik tawon jika kamu gak mau disengat. 

MITOS. Trik ini memang bisa kamu pakai saat menghadapi lebah. Tapi jika kamu melihat kerabatnya yang kuning ini, ceritanya akan beda jauh. Terkenal dengan tawon yang super galak, hewan ini bisa tiba-tiba menyengatmu. Hati-hati ya jika kamu kebetulan berjalan di dekat sarangnya. Udahlah, mending jauh-jauh aja.

Sumber foto: popmama dot com


Kutu rambut lebih menyukai rambut kotor.

MITOS. Kutu tidak terlalu menghiraukan aspek kebersihan kok. Hewan ini hanya perlu rambut manusia untuk tempat hidup. Mau rambut berkilau, mau rambut berminyak, semuanya juga ia hinggapi. Kutu memakan kulit kepala kita. Dan rambut hanyalah tempatnya untuk kongkow.


Punuk Unta menyimpan air.

MITOS. Unta tidak menyimpan air, tapi menyimpan lemak di jaringan tubuhnya. Mirip-mirip kayak saya gitu, apalagi habis lebaran, hihihihi. Penyimpan lemak ini membuat Unta bisa tetap hidup selama berhari-hari di tengah gurun walau tanpa makanan. Hewan berpunuk ini mengasup banyak air lalu menyimpannya di dalam aliran darah.


Kamu harus minum 8 gelas setiap hari.

MITOS. Kita memang perlu tetap terhidrasi, terutama saat cuaca panas. Tapi perlu diingat, setiap minuman juga terbuat dari air, termasuk juga teh dan kopi. Tubuh kita bisa jadi indikator ampuh yang bisa mendeteksi kapan harus minum air. 


Gajah punya ingatan super.

BENAR. Wajar sih ya. Otaknya paling besar dikalangan binatang darat. Ingatannya memang tajam. Bahkan mamalia jumbo ini bisa mengingat seluruh wilayah teritorialnya, teman-temannya, dan juga sumber air. Kemampuan ini sangat diperlukan untuk menjaga hierarki sosialnya. Dan canggihnya lagi, kemungkinan hewan ini punya ingatan lebih tajam dari kita.


Tidak ada angka yang memiliki huruf O.

Mau ngecek setiap angka? Ya udah coba aja.. 


Buku rekor dunia Guinness dibuat untuk menyelesaikan argumen.

BENAR. Buku trivia terbaik di dunia ini diterbitkan pada tahun 1955, karena terjadi perdebatan soal burung tercepat di Eropa. Direktur perusahaan bir Guinness tahu, buku yang menjawab pertanyaan sepele memang belum ada saat itu. Ia membuatnya sendiri. Dan kemudian malah menjadi sejarah. 


Kamu makan wasabi yang asli.

MITOS. Saat kamu menikmati sushi yang enak, pasta hijau itu belum tentu wasabi asli lho, tapi cuma lobak. Harga wasabi asli sangaattttt mahal. Rasanya juga jauh lebih lembut. Kalau kamu tidak melihat pembuatannya secara langsung, maka wasabinya palsu. 


Udah gitu ajah...



21 komentar:

  1. Tambah lagi Mbak fakta-fakta unik lainnya. Jadi penasaran aku sama fakta dan mitos lainnya

    BalasHapus
  2. Baca ttg pengetahuan fakta & mitos ini jadi ingat akan tayangan dokumenter di tv kabel ttg fakta yg terjadi di sekitar kita yg belum banyak diketahui, dan ternyata mengasyikan jika dikulik lebih dalam :)

    BalasHapus
  3. Penasaran saya sama otak Gajah beratnya berapa kg ya dan segede apa hihihi

    BalasHapus
  4. Wew soal kutu dan rambut kotor itu mitos? Ngeri juga yaahh.
    Kalau rajin keramas tetep masih kena kutuu, duhh jd geli sendiri

    BalasHapus
  5. Wah sy pernah digigit tawon yg tiba² masuk ke rmh,, padahal sy gak ada ganggu dia. Gigitannya sakiit, Jd bengkak deh bekas gigitannya, huhuw...

    Nice share Kak Vivi, like it!

    BalasHapus
  6. Painite gems? Saya baru dengar. Cantik bangettt! Saya jadi keinget game Harvest Moon yang bagian nambang gems langka, sulitnya, dan saya berhasil ga pake cheat aha #pamer

    Dan itu gimana caranya si fotografer bisa nemu foto semut yang jadi zombie? Ah jadi teringat pula game Plant vs Zombie, yang zombie makan jamur itu, terus dia 'berpisah' dari 'kawanan' zombie yang lain.

    Jamur ituuu!! Adalah rumah impianku pada masa kecil dulu saat berimajinasi jadi peri. Bedanya hanya di warna tudungnya dan jamur yang cantik berwarna itu ternyata beracun ya?

    Unicorn bukan kayak kuda? Boom, mindblowing!

    Dan yah, jadi pengen nyoba wasabi asli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk.. main Harvest moon ya..

      Saya main itu gak begitu ngerti .sampe akhirnya berhenti karena putus asa.. hihihi

      Hapus
  7. Wihhh keren keren baru tau nih ;) tidur balas dendam, aku banget tuh huhuu ternyata salah ya

    BalasHapus
  8. Bacaan menarik di pagi hari puasa begini. Hahaha. Beberapa fakta dan mitos ini sudah kuketahui, beberapanya belum. Aku takut banget sama tawooooon. Iyaaaa, ini galak banget. Makanya bagusnya jangan dekat-dekat deh.

    BalasHapus
  9. Cerita tentang gajah kak.. awak pernah dengar dari penduduk asli gunung Leuser, gajah mampu mengenali wajah karena ingatannya super .
    Nah, ada gajah yang dicuri gadingnya.. saat ia udah sadar habis dikasih bius, gajah pun balas dendam ke oknum polisi hutan. Diinjaknya sampe mati. Tapi setelah itu, dia gak ganggu keluarganya. Cuma orang yang bersalah itu aja. Kek sinetron ya kan

    BalasHapus
  10. MEnarikk, Mbak Vivi, jadi tambah pengetahuan sayah. Tapi belum ngerti di bagian: tidak ada angka yang memiliki huruf O. Angka memiliki huruf? 🙈😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dipenulisan angka itu mba.
      Misalnya tiga belas, dua belas, sepuluh, nnah gada huruf o nya

      Hapus
  11. salfok sama cokelat hmm iya semua yg berlebihan gak baik ya kak vivi, makasii diingatkan xD unicorn itu dr rusa? wah baru tau dong, makin lucu ya seharusnya kalau rusa hehe

    BalasHapus
  12. Zombie fungus ini kok mengerikan yaa,, kasian si semutnya huhuu... Ah artikel yg menarik nih kak vivi,, jd nambah wawasan deh, matur nuwun, wong Pekalongan, hehe

    BalasHapus
  13. Jadi unicon itu adalah rusa yang kelainan genetik. Di tipi tipi dibuat kuda yang gagah. Fakta yang wow.

    BalasHapus
  14. asyik banget baca ini, jadi tambah pengetahuan nih. takjub terutama bagian Jamur Madu di Blue Mountain, Oregon itu. Ternyata jamur ada sebesar itu ya kak.

    BalasHapus
  15. Pas baca tentang bulan yang gelap, kok jadi teringat Sailor Moon saya,, wkwk. Nice info kak. Dulu baca ginian di majalah bobo atau natgeo

    BalasHapus
  16. Duh ngebayangin punya rubi 700 juta bisa kaya mendadak saya hehe

    BalasHapus
  17. subhanallah, jam tidur saya akhir-akhir ini pun berantakan. Ngerasa seperti zombie jadinya. Dududuud .....
    Keren-keren nambah pengetahuan nih. Kalau tersesat bareng gajah, kayaknya bakalan bisa pulang nih.

    BalasHapus
  18. Tambahan bu :

    KAWAN MAU BAYAR UTANGNYA BESOK

    nah ini jelas Mitos, soal alasanya kenapa , mungkin udah pada tau yakan bu wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. kwkwkwkw.. yup betul betul betul
      emang mitos itu hahaha

      Hapus