PARENTING BLOGGER MEDAN: KELUARGA YANG BERBEDA DENGAN KELUARGAKU




Kali ini saya mau ceritain permainan baru yang saya mainkan bersama anak-anak. Judulnya: perbedaan keluarga lain dengan keluargaku.

Permainan ini saya contek dari applikasi chai’s play.. ya saya suka applikasi ini. Selain banyak pengetahuan parenting yang sering saya bagi di blog saya ini, ada juga games-games yang rekomendid yang bisa kita terapkan buat main bareng anak kita.

Nah permainan baru yang kami mainkan ini hanya memerlukan foto-foto keluarga orang asing (boleh dilihat dari majalah dan lainnya).

Anak-anak kan biasanya penasaran nih dengan keluarga yang memiliki bentuk fisik berbeda dengan dirinya, biasanya pada anak yang memiliki orangtua yang berkewarganegaraan campuran.
Wajar lho kalo anak kita jadi bertanya-tanya, kenapa ya mereka berbeda, sebaiknya dijelaskan kepada anak secara bijaksana ya kan…

Oh iya, permainan ini baik untuk area perkembangan emosi dan sosial mereka, dan usia 6 tahun sudah bisa melakukan permainan ini.

Cara mainnya begini:
Siapkan foto keluarga orang asing.
Lihat foto tersebut bersama anak dan perhatikan perbedaan apa saja yang ditemukan dan bagian apa saja yang dianggap aneh oleh anak.
Ceritakan pada anak bahwa walaupun bentuk fisik berbeda-beda, tapi mereka dapat menjadi keluarga yang saling menyayangi.

“Mama punya poto lho”
“Poto apa ma”
“Coba liat, ada gambar apa ya di poto ini”
“Poto keluarga! Ada orang luar negerinya”
“Betul, ada om bulenya, om ini dari Negara lain lho. Tante yang ini dari Indonesia, om ini papanya, tante ini mamanya, nah yang anak kecil ini anaknya.”
“Kok bisa om dan tante jadi papa dan mama?”
“Bisa lho.. seperti papa sama mama juga. Om dan tante ini juga menikah karena saling menyayangi.”
“Tapi rambutnya laen ya ma?”
“Gak apa-apa warna rambutny beda, warna bola mata juga beda. Walaupun beda tapi mereka tetap satu keluarga”

------------------------------------

Gitu…….. heheheheheh
Kalau anak mengucapkan sesuatu yang salah atau merendahkan orang lain, sebaiknya jangan katakan bahwa anak berpikiran jahat ya. Terimalah ucapan anak sambil jelaskan secara halus sebagaimana mestinya..

Ok bun…. Sekian dulu ya… kalo ada permainan yang bisa dicontek lagi, ntar saya bagi lagi ya….

Salam..


Sumber: Chai's Play App

Post a Comment

Made with by LinRaNa Mom | Distributed by LinRaNa Mom Templates