Parenting Blogger Medan: Yuk, Kita Biasakan Cuci Tangan Mulai Sekarang...!


Gambar diambil dari Chai's Play App


Menjaga tangan tetap bersih dan higienis merupakan langkah penting yang dapat kita lakukan agar terhindar dari sakit dan juga menyebarkan kuman kepada orang lain.

Susah sekali membiasakan anak untuk mencuci tangan sebelum makan, sesudah menggunakan kamar mandi atau pulang bermain dari luar. Alasannya, karena anak merasa malas atau merasa tangannya tidak kotor. Tapi, tahu gak mak,  tangan merupakan anggota tubuh yang sangat rentan beresiko menyebarkan berbagai bakteri yang mungkin tidak terlihat oleh mata. Saat anak menyentuh apapun, bisa jadi kuman penyakit sudah menempel ke tangan anak kita.

Janganlah menyerah untuk mendorong anak mencuci tangannya ya, selalu ingatkan, jangan bosan mak! Walaupun kita lagi capek, ingat lho kesehatan anak adalah yang paling penting, betul tak?

Sejauh ini, mencuci tangan merupakan cara terbaik untuk menjaga anak dari sakit dan juga mencegah tersebarnya kuman- kuman penyakit. Mulailah membiasakan diri kita dulu.

KAPAN YA SEBAIKNYA ANAK-ANAK MENCUCI TANGANNYA?

Pertama-tama, kita jelasin dulu ke anak kenapa cuci tangan itu penting contohnya kita bisa bilang gini: “di tangan kita ini kan bang, banyak kumannya lho, apalagi kalo kita habis main. Kalo kita gak cuci tangan trus pegang makanan dan makanannya kita makan, kumannya masuk ke dalam mulut teruuuusss ke perut. Hiiii…bisa sakit perut… kalo sakit perut, abang gak bisa main de…”

Agar kesehatan seluruh anggota keluarga dapat terjaga dengan baik, buatlah peraturan ‘mencuci tangan’ untuk semuanya. Khusus untuk si kecil, tuliskanlah peraturan sebagai berikut:

‘harus mencuci tangan ketika..’
  • Sebelum makan;
  • Setelah buang air kecil atau buang air besar;
  • Sepulang bermain dari luar;
  • Menyentuh hewan.


Ajak aja anak kita menulis peraturan ini bersama-sama di selembar kertas. Biarkan si beliau ini menghiasi lembaran peraturan ini dengan pensil warna kesayangannya dengan gambar-gambar yang menarik baginya. Bisa ditempel stiker-stiker kesukaannya.
Apabila si kecil belum bisa membaca atau menulis, bisa juga kita cari gambar yang berhubungan dengan alasan mencuci tangan tadi, trus aja temple-tempel di kertas, lalu bisa kita tempelkan di dinding, atau di pintu kulkas, atau di manapun kikira si kecil suka.

Langkah-langkah mencuci tangan yang baik menurut WHO

Badan kesehatan dunia telah menyebarkan proseduru langkah-langkah yang tepat saat mencuci tangan. Mencuci tangan, tidak hanya membilas tangan dengan air saja, tapi juga menggunakan sabun untuk membersihkan sela-sela jari tangan, telapak dan juga punggung tangan dari semua kotoran dan kuman-kuman penyebab penyakit.

7 LANGKAH MENCUCI TANGAN MEMAKAI SABUN YANG BAIK DAN BENAR

  1. Basahi kedua telapak tangan dengan air yang mengalir, lalu tuangkan sabun pada telapak tangan. Usaplah kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar.
  2. Usapkan dan gosok kedua punggung tangan secara bergantian
  3. Masukkan jari tangan ke sela-sela jari lainnya, dan usaplah secara bersamaan.
  4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi mengunci.
  5. Usaplah kedua ibu jari secara bergantian.
  6. Usapkan juga seluruh ujung jari pada telapak tangan secara bergantian.
  7. Bilaslah dengan air dan keringkan dengan tisu atau lap bersih.


Kita dan si kecil juga dapat mencatat tata cara di atas dengan disertai gambar, lalu tempelkan di kaca di depan wastafel atau di kamar mandi.

Ingat lho bun, anak-anak belajar dengan meniru tingkah laku orangtuannya. Maka dari itu, untuk menjadi role model yang baik bagi anak, orangtua perlu melakukan kebiasaan mencuci tangan ini bersama-sama anak. Keluarga yang rajin mencuci tangan akan menjadi keluarga sehat dan bebas dari penyakit.

InsyaAllah…

Demikian
Wassalam..


sumber: Chai's Play App

14 comments:

  1. Anak-anakku sudah cukup besar,8 dan 10 tahun, jadi sudah paham deh kapan, kenapa, dan bagaimana harus mencuci tangan. Apalagi di sekolah mereka juga dipandu untuk mencuci tangan sekaligus cuci piring setelah makan siang. Tapi betul sih, mau sedetil apa penjelasan mengenai cuci tangan, tentunya butuh banget peran dari orang dewasa di sekitar sebagai contoh. Anak-anak memang kerap mencontoh ya.

    ReplyDelete
  2. Zaman pandemik ini, cuci tangan sudah menjadi keharusan ya, Mbak Vivi. Dan memang sejak dulu, cuci tangan memang salah satu bagian menjaga kesehatan. Makanya wajib anak-anak mulai ditekan keharusan mencuci tangan. Tapi pasti saja, diajarkan secara pelan-pelan dan bertahap. Salah satunya lewat buku cerita juga.

    ReplyDelete
  3. Setuju Mbak, kebiasaan ortu yg baik bikin anak meneladani juga dg sendirinya ya, Tfs

    ReplyDelete
  4. Di masa sekarang, kebiasaan mencuci tangan menjadi mutlak ya

    ReplyDelete
  5. Salah satu gaya hidup new normal nih. Kita harus membiasakan diri dengan mencuci tangan. Sekarang saja suami saya sudah menaruh sabun dan air di depan pagar. Supaya kalo kita jalan ke luar, sebelum masuk rumah sudah cuci tangan dulu. Hihihi

    ReplyDelete
  6. Dulu kita abai terkait dengan cuci tangan dll. Seteleh covid19 datang, kita mulai bebenah. Alhamdulillah, ada hikmah di setiap peristiwa ya.

    ReplyDelete
  7. Saya itu paling males cuci tangan, bahkan ketika mau makan pun hantam kromo aja, hehehe. tapi semenjak covid kok jadi hal wajib ya. Mungkin ada hikmahnya juga ya

    ReplyDelete
  8. Setujuu..orangtua mesti jadi teladan, dengan melakukan kebiasaan mencuci tangan ini bersama-sama anak. Dengan rajin mencuci tangan keluarga Insya Allah akan sehat dan bebas dari penyakit.

    ReplyDelete
  9. Sebelum pandemi, susah sekali nyuruh anak2 untuk rutin cuci tangan. Tapi sejak heboh corona, malah mereka yang minta untuk sering cuci tangan. Katanya biar nggak kena virus corona, wkwk

    ReplyDelete
  10. nah bnr banget nih ortu tuh jdi role model buat anak ya..penting bngt tuh krna anak pasti mencontoh ortunya..dlm hal apapun terutama kebersihan ya untuk menjaga kesehatan kala pandemi

    ReplyDelete
  11. Kebiasaan mencuci tangan walaupun kelihatannya simpel dan sepele tapi harus dilakukan dengan benar ya kak. Dan juga harus diterapkan ke anak sejak dini biar anak anak juga jadi terbiasa 👍

    ReplyDelete
  12. jauh sebelum pandemi saya sudah ajarkan anak rajin cuci tangan. bermula dulu dia sering sariawan usia 3 ato 4 thn. jadi saya cerewetin tiap hari tuk rajin cuci tangan. sejak itu sangat jarang sariawan.
    sampe sekarang dah kelas 2 SD dia cuci tangan itu sudah rutinitas, khususnya abis BAB/BAK, dari luar rumah dan abis pegang2 barang2

    ReplyDelete
  13. Bener nih! Sekarang aku dan keluarga di rumah apa-apa harus cuci tangan. mau abis ngapain aja juga cuci tangan hehe

    ReplyDelete
  14. Anakku umur 6 tahun udah hapal urut-urutan cuci tangan yang benar saking seringnya dikasitau di rumah soal pentingnya cuci tangan. Juga dulu di sekolah sudah diajarkan sih, sebelum pandemi tiba. Jadi di rumah hanya perlu diingatkan saja

    ReplyDelete