Kisah Wafatnya Ruqayyah Putri Nabi Muhammad SAW

Foto by Pinterest
 

Assalammualaikum wr wb

Ruqayyah merupakan putri kedua Nabi Muhammad SAW dan Siti Khadijah. 

Ketika usianya genap 10 tahun, ia dinikahkan dengan Utabah bin Abu Lahab. Namun pernikahannya tidak berlangsung lama. Mereka bercerai atas permintaan Abu Lahab.

Setelah beberapa tahun, Ruqayyah dipinang oleh Utsman bin Affan, salah satu sahabat nabi. Mereka dikaruniai seorang putra yang diberi nama Abdullah. Akan tetapi Abdullah meninggal saat masih kecil. Sejak saat itu Ruqayyah tidak lagi memiliki anak.

Tidak berselang lama, bergema seruan perang badar melawan orang-orang kafir quraisy. Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya bersiap untuk menghadapi musuh islam. 

Namun dilain sisi, Ruqayyah pun tengah berjuang dengan penyakitnya. Nabi SAW meminta Utsman untuk tetap menemani istrinya dan tidak usah ikut berperang. Perang pun dimenangkan oleh pasukan muslim.

Namun kemenangan itu disambut oleh pemakaman putri Baginda Nabi SAW.

Ruqayyah wafat dihari kemenangan perang badar.

Sumber tulisan YT Channel @R-Movie
 

9 komentar:

  1. Menarik juga kisahnya coba kalo agak sedikit detai lagi perjalanan hidupnya lebih seru sehingga banyak hal yang dapat diperik kedepannya dari kisah putri baginda nabi

    BalasHapus
  2. Ustman sahabat yang digelar dzun nurain. Yang memiliki 2 cahaya.
    Karena 2anak nabi dinikahinya. Bahkan setelah perang tabuk berakhir, ummu kultsum sang adik juga meninggal. Sampai Rasulullah berkata, seandainya aku memiliki putri yang lainnya pastilah akan ku nikahkan lagi dengan ustman. MasuaAllah

    BalasHapus
  3. Pastinya menyisakan duka yang mendalam bagi keluarga ya, terutama Rasulullah dan Ustman. Kemenangan yang diselimuti duka. Terlebih pada perang berikutnya, perang Uhud, pasukan nabi mengalami kekalahan.

    BalasHapus
  4. Sedih membayangkan kemenangan diiringi duka yang mendalam.
    Kalau cerita seputar Rasulullah dan keluarganya itu memang selalu bikin saya takjub. Semoga kita menjadi barisan yang mendapatkan safaat Rasulullah, ya. Aamiin...

    BalasHapus
  5. Ternyata 2 putri nabi yang menikah dengan ustman bin affan keduanya adalah mantan menantu abu lahab kak.
    Kalo ruqaiyyah dengan utbah. Makan ummu kultsum dengan utaibah.

    BalasHapus
  6. Merinding membacanya ... kisah kemenangan disambut kisah kematian. Nama Ruqayyah ini nama ibu mertua saya, Mbak ... sosok ibu yang baik, pejuang dan sayang sama menantunya.

    BalasHapus
  7. siroh nabawiyah dan para sahabat itu luar biasa masyaAllah. beruntungnya masyaAllah ruqayya bisa bersuamikan utsman bin affan ya kak. segitunya rasulullah, 2 anak beliau dinikahkannya sama utsman.

    BalasHapus
  8. MasyaAllah tawadhu banget putri rasulullah. Umur 10 tahun siap menikah. Coba zaman sekarang bisa viral barang begituan, klarifikasi sana sinii....padahal

    BalasHapus
  9. Saya baru tahu kisah Rukayyah, anak nabi Muhammad shallallhu 'alaihi wassallam ini. Terima kasih sudah memposting rangkumannya kak. Insyaallah suatu hari akan saya baca kisah-kisah siroh lainnya.

    BalasHapus