5 Wanita Tangguh dalam Sejarah Islam

Picture by Pinterest
 Assalammualaikum wr wb

Inilah 5 wanita tangguh yang tercatat dalam sejarah islam

1. Khadijah Binti Khuwalid

Beliau istri pertama Nabi Muhammad SAW yang senantiasa mendukung Nabi SAW dalam setiap dakwah dengan mengorbankan sebagian besar harta kekayaannya untuk perjuangan islam.

2. Aisyah Binti Abu Bakar

Istri kedua Nabi SAW setelah wafatnya Khadijah. Ia memiliki daya ingat yang luar biasa. Ia kerap dijadikan sebagai tempat bertanya diantara para sahabat Nabi SAW serta meriwayatkan banyak hadist.

3. Hafshah Binti Umar Bin Khattab

Istri ke 4 Nabi SAW. Ia memiliki kemampuan membaca dan menulis. Hafshah melestarikan tulisan asli Al-Quran yang terkumpul dalam bentuk suhuf atau lembaran-lembaran pelepah kurma.

4. Asiyah istri Fir'aun

Seorang wanita yang memiliki kesabaran dan ketabahan yang luar biasa dalam menghadapi kekejaman suaminya, Fir'aun.

5. Nusaibah Binti Ka'ab

Dalam beberapa pertempuran besar Nusaibah selalu terjun untuk mengawal dan melindungi Nabi Muhammad SAW. Karena itulah ia dijuluki sebagai perisai Rasulullah.

Sumber YT Channel @R-Movie
 

8 komentar:

  1. Kalo awak bisa rekom, satu lagi yang awak suka asma binti abu bakar kak.
    Gimana keren nya asma manjat bukit untuk mengirim makanan pada ayah dan Nabi Muhammad saat tersembunyi di gua.
    Sampe ada gelar dzunnithaqain..

    BalasHapus
  2. Sejatinya perempuan itu sudah tangguh dengan menjalankan perannya sesuai porsi tenaga, emosi, dan akalnya. Wanita mampu melakukan banyak hal yang tidak bisa dilakukan laki-laki. Bahkan, saat ini perempuan bisa melakukan segala hal sendiri. Justru laki-laki lah yang umumnya kesulitan hidup tanpa perempuan di sampingnya.

    BalasHapus
  3. Ceritanya pasti lebih menarik ya... Wanita hebat dan pemberani
    Maksudnya karena empat perempuan hebat lainnya udah sering mendengar sementara Nusaibah ini saya belum... Jadi merasa cerita baru buat saya

    BalasHapus
  4. Ada satu lagi kak. Perempuan pertama syahid dalam Islam. Yang dibunuh oleh abu jahal. Sumayyah kak. Mempertahankan islamnya sampe syahid bersama suami.

    BalasHapus
  5. Kalau boleh ditambahkan Siti Hajar mom, ibunda Nabi Ismail AS yg luar biasa perjuangannya hingga usaha dan kegigihannya diabadikan menjadi rukun haji (Sa'i = lari² kecil antara bukit Safa & Marwah)

    BalasHapus
  6. Jadi pengen nyeletuk deh. Sesungguh Islam yang dibawa Rasulullah ini begitu memuliakan perempuan dan nggak ada tuh ceritanya kalau tugas perempuan hanya untuk urusan remeh-temeh di rumah. Termasuk kesetaraan gender pun dibawa dalam napas Islam. Hanya saja, perempuan dan lelaki memang sesuai porsinya. By the way, sosok yang paling kusuka (mungkin karena sedari kecil dikisahkan bolak-balik oleh papaku) itu, sosok Aisyah binti Abubakar.

    BalasHapus
  7. Masyaallah, Mba. Membaca deretan nama ini mengingatkan kembali bahwa sejak zaman dahulu wanita telah banyak berjasa dan berperan dalam perjuangan. Kita bisa mengambil pelajaran dari kisah-kisah mereka.

    BalasHapus
  8. Membaca ini jadi penasaran ada gak ya Bunda dalam siroh yang karakternya suka masak dan urus rumahnsecara spesifik?

    BalasHapus