Satu Lagi Game Online Free yang Bikin Candu

Assalammualaikum wr wb..

Good day Everyone...

Saya mau cerita tentang laman game online yang baru saya temukan. Link Gamenya adalah Solitaire.org.

Saya sukaaaaaa sekali sama website ini.

Kenapa?

Karena banyak sekali game-game yang asik poenya di dalamnya. Bermacam-macam game kartu, game hidden object, game three-match, game puzzle, dan word.

Berbagai macam pilihan game sesuai kategori di Solitaire.org

Solitaire sendiri adalah game legend yang sudah ada sejak saya mengenal komputer di masa kuliah dulu. Permainan yang sering dimainkan di masa senggang.

Game sejuta umat ini agak membuat saya penasaran juga tentang asal usulnya. Jadilah saya pun mewawancarai mbah Google untuk mengetahui sedikit sejarahnya. 

Game solitaire ini dirilis oleh microsoft di tahun 90-an, untuk windows 3.0. Dan yang menciptakannya bukanlah karyawan tetap microsoft, melainkan anak magang yang bernama Wes Cherry, yang sedang merasa bosan. Tapi Bill Gates menyetujui game itu dirilis untuk windows. Keren ya...

Balik ke solitaire.org, saya pun termasuk salah satu orang yang suka sekali main solitaire. Selain solitaire, di dalam solitaire.org juga ada permainan kartu lainnya, bermacam-macam solitaire juga ada. tapi favorit saya tetap solitaire classic.

solitaire classic

Selain solitaire, game legend lainnya yang ada di solitaire.org adalah adalah Zuma. Zuma adalah game favorit saya banget. Lebih favorit daripada solitaire. Saya tahan seharian memainkan Zuma ini. Zuma bisa diklik dari kategori 'match 3'. Di dalam 'match 3' ada dua pilihan zuma, dan saya suka yang zuma legend. Ini linknya Zuma Legend Game.

 

Zuma legend

 

Selain game solitaire dan zuma, banyak lagi game-game yang saya suka. Hampir semua yang saya suka ada di kategori 'match 3', hidden object, dan word. 

Saya akan share beberapa macam kategori game di solitaire.org yang saya suka.

 

Hidden Object

Pada game hidden object, kamu pasti tau aturan mainnya kan? kamu harus mencari benda-benda yang sudah ditentukan. Pada game hidden object di solitaire.org inti permainannya sama yaitu menemukan benda-benda, hanya background atau suasananya saja yang berbeda-beda. Misalnya, kamu harus menemukan benda-benda yang ditentukan yang ada di: 

-  dapur (https://www.solitaire.org/hidden-kitchen/

 -  hotel (https://www.solitaire.org/the-palace-hotel/)

-  china temple (https://www.solitaire.org/china-temple/), 

-  sirkus (https://www.solitaire.org/circus-adventures/)

-  kebun (https://www.solitaire.org/garden-secrets-hidden-objects/)

-  kapal bajak laut (https://www.solitaire.org/pirates-and-treasures/), dan background lainnya. 

Saya sudah coba semua, dan tiap tempat punya kesenangan yang berbeda-beda.


Hidden Object di kapal bajak laut.

 

Hidden Object di dapur

 

Match 3 Game

Cara memainkan 'match 3' game ini kamu pasti bisa. Secara garis besar cara memainkannya begini; tukar 2 item untuk mencocokkan 3 atau lebih item yang sama di kolom vertikal atau baris horizontal. Gerakan yang valid mengharuskan kita menyelesaikan 3 set atau lebih. Buat kecocokan yang lebih banyak untuk mendapatkan kekuatan yang lebih besar sehingga dapat menghancurkan bidak lain di garis yang sama atau bidak lain dengan warna apa pun yang dipilih. Masing-masing dari 50 level diberi batas waktu. Saat melanjutkan permainan, desain tata letak berubah dan beberapa bagian terkunci pada posisinya. 

Yang paling suka pada kategori 'match 3' adalah Match 3 game: candy house.

Kamu pasti pinter de memainkannya, asik kok...

Match 3 game - Candy house 

Logic Puzzles

Permainan-permainan di logic puzzles banyak yang berdasarkan dari permainan di video games.

Ada juga permainan catur untuk anak-anak. Tampilannya juga lucu, anak-anak pasti suka. Namanya Junior Chess. Saya berencana memperkenalkannya ke anak-anak. Pas membuat tulisan ini, mereka lagi pada sekolah. Anak-anak saya sendiri sudah bisa main catur. Mainnya catur beneran bukan dari laptop atau pun gadget. Tapi karena tampilan catur di solitaire.org ini lucu, saya akan menunjukkannya ke mereka.

Kamu bisa cek game ini di link Logic puzzles: Junior Chess Game

Logic puzzles - junior chess

 

'letter scramble'. 

Permainan ini dulu sering saya mainkan  bersama Almarhum ayah saya tercinta ketika saya masih sekolah dasar. Tapi mainnya bukan di laptop atau di hp ya, jaman dulu kan belum ada. Saya memainkannya secara fisik or manual. Dulu kami punya permainan ini. (Jadi rindu ayah saya).

Permainan ini juga akan saya kenalkan ke anak-anak. Bisa untuk menambah kosakata bahasa inggris mereka juga kan?

Ini linknya Logic puzzles: Letter Scramble Game

Logic puzzles -- letter scramble

 

Tetra Blocks

Lalu ada 'tetris' jugaaaaa waaaa... 

Persis kayak di gimbot (baca; game watch) saya pas masih kecil dulu. Beneran nostalgia sekali lah ini solitaire.org. Kayak nemu harta karun. Tapi di website ini namanya 'tetra blocks' ya teman-teman. Biar kamu gak bingung. Ada dalam kategori logic puzzles.

Biar kamu gak bingung, ini linknya Logic Puzzles: Tetra Blocks Game

Game tetris alias 'Tetra Blocks' di kategori Logic puzzles

Nah itu lah beberapa game asik yang sangat saya suka yang ada di solitaire.org, silahkan kamu kunjungi dan cobain game-game yang ada di website ini. Gak bakalan nyesal, eh mungkin nyesel juga sih, karena kenapa gak nemu website ini dari dulu, karena bakalan bikin kamu ketagihan!

Selamat mencoba ya teman-teman

Salam






Baca juga:

Game Online Free yang Bikin Ketagihan

10 komentar:

  1. Nah, saya juga suka bgt mbak sama game2 di solitaire ini. Terutama tetra block itu. Hanya saja, menurut saya, mainnya lebih mudah di laptop ya. Kalau via hape susah geser2nya.

    BalasHapus
  2. Awak paling suka game Zuma Kak, rasanya ngilangin stres kali itu. Tapi kalau Solitaire awak sukanya sama kayak Kakak suka yang klasik. Atau mungkin karena cuma pandai yang klasik doang sih hehehe

    BalasHapus
  3. Deretan game dari jaman ((muda)) yang saya suka. Bisa jadi hiburan kapan saja dan dimainkan ga ada bosannya. Game legend semua ada di solitaire org ini

    BalasHapus
  4. Salut lihat orang yang suka main game. Walaupun sedikit mengenal karena lihat lihat, saya orang yang gak suka game hahaha karena menurut saya membosankan dan bikin sakit leher. Tapi dari semua yang disebut ini saya pernah dulu main zuma tapi kalau udah panjnag hadeuh malas 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernah juga anak ngomong gini kak.. "Kenapa ya, hape mama gak ada game? Kalo bunda si X suka main game.. Di hapenya ada game loh.. "
      Maksudnya persuasif kak.. Emaknya disuruh download game yang dia mau 🤣🤣

      Hapus
  5. Awal tau game yaitu ZUMA hahaha, sekarang sudah banyak game yang bisa dipilih dan menarik yang bisa dimainkan di solitaire.org, Game hidden object seperti Pirates and Treasures dan game Match 3 seperti Candy House memang sangat menyenangkan untuk dimainkan. Semoga terus menemukan game-game baru yang seru untuk dimainkan di Solitaire.org!

    BalasHapus
  6. Sebagai sosok yang solitaire, saya suka game solitaire sejak masih yang bentuk game di PC yang jadoel banget itu. Apalagi sekarang, di website solitaire.org, ada macam2 bentuknya. Kalau masuk di situ, saya takutnya lupa diri :D :D :D

    BalasHapus
  7. Seneng banget Solitaire masih tetap eksis sampe sekarang. Jadi bisa refreshing sekalian nostalgia masa muda. Dari dulu sampe sekarang, saya tuh paling suka bingung kalo disuruh milih game yang mana. Abis asyik semua sih!

    BalasHapus
  8. Ingat Solitaire, ingat zaman kuliah era 2000-an pas masih pakai PC. Laptop pun masih jarang. Ini salah satu game favorit yang udah bawaan dari PC. Kekeke. Kadang diinstall sendiri. Sekarang smua bisa diakses gratis.

    BalasHapus
  9. Duh berasa nostalgia dulu suka banget main game ini. Sampai kadangg rebutan sama adikku hahaha.. aaah skrg ada versi onlinenyaa ya mbaa.

    BalasHapus