Evaluasi dan Resolusi 2022 2023

Assalammualaikum wr wb..

Awal tahun lalu saya tidak menuliskan resolusi untuk mengisi tahun 2022.

Tapi walaupun begitu, saya tetap punya resolusi, yang 99 persen dari tahun ke tahun itu sama; memiliki BB yang ideal hehehehe...

Dan pada kesempatan kali ini, saya ingin mengevaluasi apa-apa saja yang telah terjadi dalam hidup saya di sepanjang tahun 2022 ini. 


JADI, TAHUN 2022 INI GIMANA?

Di tahun 2022, apa hal yang paling saya syukuri?

Yang paling saya syukuri adalah berhasil melewati rintangan yang berkenaan dengan  kesehatan keluarga. Kami merasakan berbagai macam penyakit ketika berada di perantauan. 

Di tahun 2022 putra sulung saya sampai dua kali di rawat di rumah sakit. Si sulung juga untuk pertama kalinya menjalani CT Scan di rumah sakit di Denpasar.  

Dengan segala keterbatasan keluarga kami, harus menjaga si sulung di rumah sakit, dan menjaga si bungsu di rumah. Bagi-bagi tugas dengan ayahnya, siapa yang jaga siapa.

Dan ayahnya juga harus karantina mandiri karena diindikasi terdampak corona.

Belum lagi hipertensi saya seperti tak mau kalah, ikutan muncul, tapi Alhamdulillah munculnya di kala semua anggota keluarga sudah membaik, dan saya cukup banyak-banyak istirahat di rumah, tak perlu dirawat di rumah sakit.


Dan yang saya syukuri juga, diberbagai tantangan kesehatan, kami tetap rajin mengeksplore Bali dengan segala kuliner halalnya. Saya menyambangi tempat-tempat wisatanya, bersama teman-teman dan keluarga. 

Almarhum Ibu dan juga adik saya berkesempatan mengunjungi kami di Denpasar. Juga teman, founder komunitas Blogger Sumut (Blogsum) yang juga menyambagi saya di tahun 2022. 

Saya juga merasakan bagaimana untuk pertama kalinya melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan di Denpasar, sholat Idul Fitri dan Idul Adha.

Saya juga menjalani staycation 2 hari 3 malam di hotel dalam rangka Nyepi di Bali. Seruu...

Pertama kali juga ikutan kopdar bersama komunitas blogger Bali di Denpasar. 

Di tahun 2022 juga saya belajar dan praktek langsung memilah sampah dari rumah, karena lingkungan rumah saya mewajibkan setiap rumah tangga memilah sampahnya.

Saya juga bersyukur, Marocco memenangkan beberapa pertandingan sepakbola di piala dunia tahun 2002. Walaupun gak jadi juara umumnya, tapi tetap senang.

Wah banyak juga sekali yang saya syukuri.. Belum lagi yang saya ndak ingat ya....


Di tahun ini apa yang membuat saya patah hati?

Bertepatan dengan hari peringatan G30S PKI, di saat bendera merah putih berkibar setengah tiang, saya kehilangan ibu saya. Beliau berpulang ke Rahmatullah di jam 10 pagi, hari Jumat.

Juga ada kerabat dekat yang wafat selang beberapa bulan dari kepergian almarhumah ibu saya. Beliau uwak saya yang sudah saya anggap sebagai pengganti almarhumah ayah saya.

Saya patah hati sekali. Masih menangis hingga saat ini kala mengingatnya. 


Di tahun ini, apa keputusan terbaik yang saya ambil?

Pulang...

Ya saya pulang ke Medan dari Denpasar di awal bulan Agustus 2022 untuk mendampingi almarhumah ibunda saya yang sakit dan dirawat di ICU kala itu. Dan saya bersyukur saya berada di Medan ketika beliau menghembuskan nafas terakhirnya.

Karena, jika saya masih di Denpasar, saya mungkin akan kesulitan untuk pulang ke Medan, dikarenakan waktu dan transportasi, yang kemungkinan besar saya tidak  bisa melihat jenazah beliau.


Di tahun 2022, apa hal yang paling saya sesali?

Saya kurang enak menyebutnya 'penyesalan', karena saya berusaha untuk selalu bersyukur dan pasrah atas semua kejadian yang telah saya alami

Ada memang beberapa hal yang membuat saya tidak puas, tetapi saya akan berusaha memenuhinya di tahun-tahun berikutnya.

Yang saya ingat itu, saya kurang banyak menulis di blog saya. Sedikit sekali tulisan di blog saya di tahun 2022 ini. Jauh berkurang, tidak seperti di tahun 2021. Gak puas saya...


Di tahun 2022 ini, apa hal yang bikin hidup saya bermakna?

Semua punya porsi makna sendiri-sendiri..

Keluarga saya. Blog saya. Teman-teman saya. Petualangan-petualangan saya. Penyakit saya. Kesedihan saya, kegembiraan saya.

Semua sangat bermakna untuk saya.



Resolution

Apakah saya punya rencana atau resolusi untuk tahun-tahun mendatang, terutama tahun 2023?

Ada.... Banyak...

Saya masih harus memperbaiki sholat saya. Terutama sholat-sholat sunnah saya masih sering tak dikerjakan. Sholat Dhuha, Witir, dan yang paling sulit adalah bangun malam untuk Sholat Tahajud.

Dan entah kenapa ya, kalo saya berhasil Sholat Tahajud, pasti Sholat Subuh saya kesiangan, hadeuhhh... harus diperbaiki, harus diperbaiki.

Tak lupa rutinkan lagi puasa sunnah, terutama senin kamis. Entah mengapa sejak jadi emak-emak jadi sulit puasa. Apalagi kalo anak masih sering nyisa kalo makan.

Saya juga berencana menjual rumah saya di Medan, kalo teman-teman ada yang minat sila japri heheheheh

Tak lupa, isi alias nulis blog harus dirutinkan lagi. Jangan lagi banyak yang kosong di tahun 2023 ini. Takutnya jadi berhantu blognya.. hiiii...

Saya juga harus lebih sabar. 

Jadi perempuan, istri, dan ibu yang sabar dan lemah lembut. Jangan Medan kali kalo ngomong sama suami dan anak. Anak saya jadi niru. Gak enak hati saya mendengar anak-anak saya ngomongnya kok jadi kayak saya... Bah......

Selebihnya resolusi yang saya ingat itu resolusi untuk anak-anak.

Saya diskusi sama anak-anak. Untuk tahun ini, si abang, direncanakan mengkhatamkan bacaan AlQurannya. Berusaha keras untuk belajar antri, jangan suka nyerobot antrian. Dan bangun pagi untuk Sholat Subuh. Jangan lagi subuhnya jam tujuh. 

Untuk adek-adeknya kurang lebih sama.

Tahun ini diharapkan iqro'nya dikhatamkan, biar naik AlQuran. Dan sama juga, bangun pagi dan sholat subuhnya tolong jangan kalah sama ayam. Itu Sholat Subuh apa Sholat Dhuha.

Dan tahun ini, tiga-tiganya, harus udah bisa berenang. Satu gaya pun takpa. Nanti terlalu banyak gaya, pas mau tenggelam jadi bingung mau pake gaya apa.

Itu aja sih yang saya ingat.

Udah lah ya.. segitu dulu nulisnya. Besok-besok kita sambung lagi..

Salam




Mari baca juga:


13 komentar:

  1. Semoga tahun 2023 ini kehidupan kita semua bertambah berkah ya kak, bertambah sehat dan bertambah banyak amalan yang dicintaiNya.
    Peluuuuk kak vi 🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, kak vivi ini salah seorang teman bloger kita yang inspiratif ya ka Cha... semoga sgala resolusi dan doa2 baiknya di tahun 2023 ini diijabah Allah SWT ya Kak

      Hapus
  2. Memang rasanya campur aduk kl masalah kesehatan terutama yg menyangkut anak2 ya mbak. Uhuhu
    Semoga apa2 yg menjadi resolusi dan harapan mbak bisa terwujud di tahun 2023 ini. Btw, aku udh jago renang, satu gaya doang biar ga bingung kl tenggelam pakai gaya apaan. Sayangnya, aku cuma jago gaya batu. Xixixi. Ampun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu memang gaya andalan mba hihiy...
      Sama gaya teh celup. Timbul tenggelam timbul tenggelam

      Hapus
  3. Semoga segala resolusi dan harapannya bisa tercapai di tahun ini.. semoga makin banyak amalan yang kita buat untuk mendapatkan kasih sayang Tuhan

    BalasHapus
  4. Al Fatihah untuk almarhumah Ibu ya Kak Vivi...
    Semoga evaluasi 2022 jadi motivasi untuk mencapai resolusi di 2023. Semoga lancar jaya Allah mudahkan semua ya. Aamiin
    Btw, karena jarang baca tulisannya jadi terlupa kalau dirimu di Bali. Aku Okt 2022 lalu sama suami ke Bali. Akhir bulan Januari ini sama teman juga ke Bali lagi. Ketemuan yuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diriku sdh hijrah dari bali mba... Hiksss
      Skrg dah balik ke medan lagi

      Hapus
    2. Bukan mba Dian yang jarang baca tulisan saya.
      Saya memang gak nulis nulis hiks... *Jadi malu*

      Hapus
  5. Di tahun 2023 ini semoga bisa lebih banyak lagi update tulisannya ya. Job maupun artikel organik yang penting bermanfaat untuk yang baca.
    Yuk semangat saya juga belajar untuk konsisten banyak update meski blognya sering ngadat kena eror

    BalasHapus
  6. Tahun 2023 semoga rumah kak vi segera laku ya kak. Eh btw kalo laku kakak bakalan ngikut suami ke Indonesia tengah ya kak...

    BalasHapus
  7. Wah sangat menginspirasi sekali tulisannya kak Vivi saya malah lebih fokus daripada evaluasi. Oke aku tiru juga ya. Tapi senang baca kak Vivi & keluarga bisa melalui tahun 2022. Semoga tahun 2023 kita semua akan semakin baik dan baik lagi. Yang terpenting kita bahagia 🤩

    BalasHapus
  8. Semangat kakak bener banget yaa susahnya puasa sunnah apalgi godaan anak minta jajan, ngemol gofood dkk🤭...

    Nah aq jg pernah kak pas capek banget vs solat tahajud subuh kesiangan 😭😭 semoga kita bisa menjadi pribadi lebih baik lagi di 2023 yaa

    BalasHapus
  9. Hebat kak vivi sempat bikin evaluasi dan resolusi,, kebetulan sy gak sempat nulis, krn akhir thn kami otw on vacation d blm ada nulis artikel blog lg, hihi

    BalasHapus