Mencuci Muka yang Benar



Assalammualaikum wr wb,

Mencuci muka dengan benar menjadi langkah awal agar kulit tetap sehat dan bebas masalah.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum tau bagaimana cara mencuci muka yang benar.

Mungkin kamu menganggap bahwa mencuci muka hanya dengan air saja sudah cukup mengangkat kotoran, minyak atau polusi. Tetapi, anggapan itu salah besar teman-teman. 

Jadi agar kulit bersih dan terlindungi dari masalah kebiasaan mencuci muka yang salah, seperti jerawat, bruntusan, dan wajah semakin berminyak, yuks simak cara mencuci muka berikut ini..!


Ketahui Jenis Kulitmu....

Hal penting pertama yang perlu diketahui sebelum mencuci muka adalah mengetahui produk yang sesuai dengan jenis kulit. Tanpa mengetahui produk yang tepat, kulit wajah bisa tetap bermasalah meski cara membersihkan telah benar. Misal, dapat memunculkan jerawat, atau pori-pori semakin terbuka.

Sebagai contoh, untuk kulit berminyak, pilihlah pencuci muka khusus untuk kulit  berminyak. Seperti yang mengandung uronic acid dan niacinamide, agar mencegah produksi minyak berlebih, serta tidak terjadinya penyumbatan di bagian pori-pori.

Sedangkan untuk kulit kering, jika kamu menggunakan pencuci muka yang tidak diformulasikan khusus untuk kulit kering, bahayanya kulit wajahmu dapat pecah-pecah dan terkelupas.


Tidak Perlu Mendiamkan Sabun...

Tidak perlu mendiamkan sabun cuci muka hingga meresap. Banyak orang beranggapan semakin lama mendiamkan sabun di kulit saat mencuci muka, akan semakin terasa khasiatnya.

Sebenarnya secara umum, membersihkan wajah dengan cara ini, tidak memberikan pengaruh apapun. Hal ini karena pada prinsipnya, sabun cuci muka bisa langsung mengikat kotoran di wajah sesaat setelah berbusa.

Tapi memang tak menutup kemungkinan jika beberapa produk dalam penggunaannya harus didiamkan terlebih dahulu.

Untuk itu, penting bagi kita membaca petunjuk penggunaan sebelum memakainya.


Cuci Muka dengan Air Biasa...

Apakah teman-teman pernah mendengar  bahwa mencuci dengan air hangat lebih bagus?

Air hangat memang bisa membuka pori-pori wajah sehingga menjadi lebih besar, membuat bahan dalam produk pembersih yang digunakan dapat meresap jauh lebih dalam. Namun, pada orang dengan kulit yang sensitif bahkan yang normal sekalipun, hal ini justru meningkatkan resiko iritasi.

Oleh karena itu, lebih baik mencuci muka dengan air bersuhu normal. Apalagi sebenarnya tidak ada perbedaan khasiat, antara mencuci wajah dengan air hangat atau dingin dengan menggunakan sabun.

Poin terpentingnya adalah, gunakan air dengan kondisi yang bersih untuk membilas wajah ya teman-teman. 


Lakukan Double Cleansing...

Selanjutnya, pada orang yang setiap harinya menggunakan riasan tebal, melakukan double atau triple cleansing adalah hal yang wajib. 

Pasalnya ada sebagian make up yang memiliki ikatan ionic kuat dan terkadang tidak bisa dilepas hanya dengan sabun cuci muka saja.

Oleh karena itu dibutuhkan beberapa tahap lain yang dibutuhkan sebelum kamu membersihkan wajah dengan sabun.

Membersihkan wajah secara bertahap punya cara dan urutan tersendiri. Antara lain; 

  • Membersihkan wajah dengan milk cleanser atau cleansing oil, agar riasan dan kotoran terangkat sempurna.
  • Kemudian mencuci wajah dengan sabun sesuai dengan jenis kulit sambil memijatnya perlahan.
  • Lalu setelahnya memakai toner untuk membantu mengecilkan pori dan menghambat produksi minyak berlebih.


Keringkan Wajahmu dengan Tepat...

Kemudian, keringkan wajahmu dengan tepat sehabis mencuci muka. Jika kamu memiliki kebiasaan menggosokkan wajah dengan handuk mandi, artinya kamu-kamu salah besar teman-teman.

Perlu teman-teman ketahui, handuk yang kamu gunakan sehabis mandi, merupakan sarang kuman dan bakteri. Saat kamu mengeringkan wajah dengan handuk, khawatirnya kuman dan bakteri tadi, pindah ke kulit wajahmu yang mengakibatkan efek negatif, seperti tumbuhnya jerawat.

Mengeringkan wajah yang benar adalah dengan cara menepuk lembut bagian wajah menggunakan tangan yang bersih. 

Namun, kamu tetap harus berhati-hati saat mengeringkan wajah di area kulit yang tipis, seperti di bawah mata. Sebab area ini cukup sensitif.

Biasanya saya menggunakan handuk yang khusus diperuntukkan untuk lap muka, tidak campur dengan handuk mandi. Dan handuk ini juga saya ganti sehari atau dua hari sekali, agak tetap terjaga kebersihannya.

Dulu saya menggunakan tisu lembut khusus bayi untuk mengeringkan wajah, baik setelah cuci muka atau setelah wudhu, dengan cara menepuk lembut wajah dengan tisu tersebut. Tetapi karena saya sudah menjadi member pemula pada aliran go green (hehe), jadi penggunaan tisu saya kurangi.


Gerakan Khusus Mencuci Muka...

Jangan asal mengoleskan sabun pencuci muka pada wajah ya teman-teman. Sebab mencuci muka juga ada gerakan khususnya lho.. 


  • Aplikasikan sabun cuci muka secara merata dengan menggerakkan tangan secara memutar ke atas sampai ke seluruh bagian wajah tertutupi oleh sabun.
  • Lakukan gerakan memutar terus-menerus, seolah-olah kamu memijat wajah. Gerakan ini akan memberikan rileksasi pada bagian wajah agar tidak stres sehingga kandungan di dalam sabun cuci muka dapat dengan mudah diserap oleh kulit.



Itulah tadi cara mencuci muka yang benar yang dapat kamu ikuti.

Dari ulasan di atas, cara mana ni yang udah kamu lakukan setiap hari?

Tulis di kolom komentar ya teman-teman...

Salam....





Pricebook Beauty

22 komentar:

  1. Poin penting yang masuk banget buat saya adalah, tidak perlu mendiamkan sabun. Dipikir-pikir, wajah kan bukan cucian yang perlu direndam sabun agak lama ya? Hahaha...duh jadi malu nih. Selama ini sudah salah dong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini nih ngingetin aku sama satu produk pencuci wajah yang harus ditungguin. Minimal 2 menit kalo gak salah ya .

      Hapus
  2. Alhamdulillah bsemua step sudah saya lakukan kak vivi.
    Tapiiiii kalo pas lagi haid, males mandi, kadang cuci muka pun sembarangan aja.. wkwkwkwk

    Hasilnya, habis haid timbul jerawat akibat malas perawatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl jerawatan karena faktor hormon juga mungkin ya Cha, hehe... oya kk pun pernah nemu sabun muka yang musti didiamkan dulu kayak yg ditulis kak vivi, ternyata belakangan udah gak begitu lg ya

      Hapus
  3. Makasih sharingnya ya Mbak Vi..,. kadang abai kita ya sama cara mencuci muka dengan benar. Aku sesekali pakai double cleansing karena tipe yang cuma pakai pelembap dan bedak, jarang pakai foundie apalagi yang lain.
    Dan sama,,,dah lama keringkan pakai handuk wajah, karena ingin kurangi sampah:)

    BalasHapus
  4. Yang masih saya abaikan itu gerakan mencuci mukanya nih. Masih asal, kadang seolah berwudhu saja gitu hehehe...
    Harus mulai dibiasakan nih agar cuci muka hasilnya maksimal

    BalasHapus
  5. Wah ternyata banyak juga ya mitos-mitos tentang mencuci muka ini. Aku sering sih yang bagian mendiamkan sabun. Entah itu sabun muka atau sabun mandi. Pengennya sih lebih bersih. Eh ternyata sama aja ya...

    BalasHapus
  6. Nah sya kadang suka asal ngelap muka pakai handuk nih mba. Noted banget mbak. Dilarang ngelap muka sehabis dicuci pakai handuk mandi ya.

    BalasHapus
  7. Ouw rupanya saat mencuci muka pun ada gerakannya sendiri. Perlu memperhatikan cara menggosoknya. Selama ini mikirnya yaaa digosok pelan ke arah bawah. Rupanya sebaiknya dengan gerakan tepukan memutar ke atas ya.

    BalasHapus
  8. wah cara mencuci muka yang beanr ini memang belum semua orang tahu ya mba, kadang saya juga suka asal gosok aja padahal itu bakal merusak muka kita

    BalasHapus
  9. wah perlu diingat nih, nyuci muka kalau gak bener juga jadi percuma ya mbak, malah bikin rusak muka yang ada huhu

    BalasHapus
  10. Hahahahaha. Mendiamkan sabun di muka itu masih jadi kebiasaanku sampai sekarang nih mba. Yaaa paling gak semenit lah. Padahal jaka sembung bawa golok ya, gak nyambung. Kekeke

    BalasHapus
  11. Hhaaha merasa tersentil banget aku di point : nggausa mendiamkan sabun wkwkwk kadang aku gitu soalnya. diemin dlu dikira biar meresap (emangnya bumbu?) haha. akhirnya begitulah, salah kaprah. Thanks ya mba tipsnyaaa

    BalasHapus
  12. Oh, ternyata begini ya urutannya yang benar dalam mencuci wajah. Saya mah dulunya bingung gimana cara menerapkannya yang benar. Sekarang, saya akan coba dengan penerapan ini dulu deh. Alhamdulillah banget ya kakak mengulas perihal ini.

    BalasHapus
  13. Perempuan maupun laki-laki tentunya harus tahu manfaat mencuci muka yang benar ya,kak. Terkadang dikarenakan terburu-buru sehingga mencuci muka asal cepat selesai saja tanpa memperhatikan cara-cara yang tepat. Saya pun masih mau terlupa saat sudah lelah malam hari tidak lakukan double cleansing padahal efeknya ke kulit wajah juga ya.

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah step mencuci muka saya sudah benar, setiap sebelum tidur sama bangun pagi saya selalu cuci muka, klo lupa udah deh jadi jerawatan balik

    BalasHapus
  15. Saya seringnya yg double cleansing Kak Vivi... sebelum mencuci muka dengan facial wash, bersihin dulu dg cleansing milk, malah sebelumnya dg Miceral Water jg. Nice infonya yaa my Sista... senang baca artikel2 Kak Vivi

    BalasHapus
  16. Kebiasaan saya kalau sehabis cuci muka pasti dikeringkan dengan tissue..padahal bagus nya dengan handuk khusus muka ya kak lebih go green soalnya ..bener juga sih.. btw ternyata mencuci muka ada caranya ya ga boleh sembarangan ..

    BalasHapus
  17. Wah, aku kalau cuci muka langsung gosok-gosok lalu bilas. Ternyata lebih baik melalukan gerakan yang tepat ya. Wajah juga aka lebih rileks dan pasti stres hilang.

    BalasHapus
  18. Kak ini info bagus dan ternyata bnyk yg salah praktek selama ini, memang harus mengikuti cara masing2 penggunaan sabunnya ya. Krn saya pake yg harus didiamkan dulu di wajah.

    BalasHapus
  19. aku paling suka kl lagi pangkas, dicuciin rambut, muka juga di bersihin dan di pijat hehe

    BalasHapus
  20. Owh.. begitu ya kak, kebiasaan sy sampai saat ini klo mencuci muka pasti mendiamkan sabutnya dlu 1 menit di muka bru di bilas tpi setelah baca artikel kk jdi tau gimna cara cuci muka itu yg baik gimna..

    BalasHapus