Penyebab Bau Mulut

Assalammualaikum wr wb,

Punya mulut yang bau emang bikin gak nyaman ya teman-teman.
Apalagi kalau pekerjaan kita itu bertemu dengan banyak orang. 
Kita harus ekstra menjaga nafas kita, supaya tidak mengganggu orang lain. 

Tapi teman-teman tau gak sih, kalau penyebab bau mulut itu ada banyak.
Bisa jadi karena memang datang dari mulut, gigi, atau adanya masalah kesehatan lainnya. 

Nah, kita harus peka nih..
Sebenarnya apa aja yang membuat mulut itu bau?
Tujuan mengetahuinya adalah agar kita dapat mengatasi bau mulut itu.

Di tulisan ini, saya akan membahas secara rinci, penyebab bau mulut dan cara mengatasinya.

Sebelum kita mulai, teman-teman bisa ngetes bau mulut teman-teman terlebih dahulu. 
Caranya dengan menarik sendok atau tongue splatter dari belakang hingga depan lidah teman-teman. 
Kemudian coba cium aromanya.
Jika aromanya cukup parah, berarti mulut kamu memang berbau teman-teman. 




Penyebab Bau Mulut.

Bukan rahasia lagi kalau makanan dan minuman yang berbau menyengat dapat membuat nafas jadi bau.
Misalnya, seperti bawang, petai, jengkol, atau kopi. 

Selain dari bau yang menempel pada gigi, makanan ini juga akan diproses lewat pencernaan, akan di penetrase oleh darah yang kemudian akan menjalar ke paru-paru.
Karena proses inilah mulut kita bisa berbau hingga 72 jam. 
Wah.. lama juga ya ketahanan baunya...

Kalau kamu lagi ada acara khusus, coba hindari makanan dan minuman yang baunya menyengat, sekurang-kurangnya tiga hari sebelumnya. Selain itu jangan lupa juga untuk menyikat gigi dua kali sehari, saat pagi dan malam hari. 

Menyikat gigi adalah hal yang penting. Itu gak cuma berlaku ketika teman-teman makan makanan yang menyengat. Menyikat gigi itu penting untuk dijadikan rutinitas harian.
Selain menjaga aroma, gigi juga akan lebih sehat, karena terbebas dari karang dan lubang.

Selain menyikat gigi, baik juga kalau teman-teman memakai dental floss. 
Itu lho... benang yang bisa menyelip di sela-sela gigi. 
Mungkin di Indonesia masih jarang yang pakai. Tapi itu ampuh sekali lho buat ngebersihin sela-sela gigi yang yang bahkan kasat mata. 

Kalau kamu gak rajin membersihkan gigi kamu, sisa makanan itu bisa menempel di gigi seharian, bahkan beberapa hari. 
Setelah itu, timbullah bakteri dan plug yang membuat kesehatan gigi terganggu. Efeknya, nafas kamu menjadi bau.

Mulut

Biasanya mulut yang kering sering terjadi ketika pagi hari. Khususnya buat kamu yang sering buka mulut ketika sedang tidur. Mulutmu jadi kekurangan air liur,  yang mengakibatkan nafas menjadi berbau tidak sedap, atau sebutan lainnya adalah morning breath.

Seharusnya di dalam mulut ada yang namanya saliva atau air liur. 
Saliva berguna untuk membersihkan mulut kita.
Jadi kalau kita kekurangan saliva di lidah, dinding gusi, dan pipi, dapat mengakibatkan munculnya sel mati yang membuat mulut kering dan berbau.

Tidak menutup kemungkinan, mulut kering terjadi di siang hari saat beraktivitas. Bisa jadi karena kamu sedang melakukan pengobatan tertentu. Seperti mengonsumsi obat-obatan yang membuat mulut kering.

Untuk menghindarinya kamu bisa rajin minum air putih. 

Merokok dan Alkohol

Selain membuat tubuh tidak sehat, dua hal ini dapat membuat aroma mulut kamu jadi tidak segar. Soalnya, merokok dan alkohol dapat membuat mulut jadi lebih kering. Selain itu rokok dapat memberikan kemungkinan dirimu terserang penyakit periodontal yang menyerang area mulut. Lagipula asap rokok sendiri baunya cukup menyengat, makanya tak heran jika mulut juga akan bau asap rokok. 

Sementara itu, rokok juga dapat memberikan efek buruk pada saluran pencernaan. Masalah pada saluran pencernaan ini lah yang memicu baunya mulut kamu. 

Saya saranin, hindari rokok dan alkohol ini ya teman-teman. Selain nafasmu jadi bau, juga akan mengganggu kesehatan kamu. 

Infeksi

Seseorang yang alergi pada hidung dan tenggorokan juga dapat memiliki nafas yang bau. Munculnya  bau ini karena adanya cairan dari hidung ke tenggorokan yang disebut dengan Post Nasal Drip atau dahak yang muncul ketika batuk. 

Biasanya penyakit-penyakit yang menyebabkan munculnya Nasal Drip dan dahak adalah infeksi sinus atau radang tenggorokan. 

Nah, agar terhindar dari infeksi hidung dan tenggorokan, penting sekali untuk menjaga kesehatan. Tidur yang cukup, makan makanan yang sehat, berolahraga, dan rajin minum vitamin. 
Selain lebih sehat mulut kamu juga akan terhindar dari bau tak sedap. Jangan sepelekan bau mulut ya teman-teman. 

Penyakit-penyakit Kronis

Bau mulut itu juga dapat disebabkan karena penyakit-penyakit kronis. 
Misalnya, 
  • Diabetes, yang menyebabkan mulut berbau aseton dengan bau asam. 
  • Penyakit ginjal yang menghasilkan bau urin. 
  • Penyakit liver yang menyebabkan bau apek, 
  • Hingga mulut berbau fases karena adanya gangguan pada perutmu, seperti konstipasi atau kembung. 

Jika memang bau mulutmu cukup parah dan tidak kunjung hilang, sebaiknya periksa ke dokter. Takutnya ada penyakit yang cukup kronis dan  harus segera ditangani. Sebab bau mulut juga merupakan proses metabolik yang terjadi dalam tubuhmu.

Bagaimana teman-teman, setelah membaca pembahasan saya tadi, ada gak hal yang emang biasanya kamu lakuin?
Atau ada gak bau khusus yang tercium dari mulut teman-teman?
Kalau ada boleh bagi pengalamannya ya..

Jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan mulut dan tubuh kamu.
Apabila ada bau yang cukup parah, jangan ragu untuk pergi ke dokter ya.

Pamit dulu, sampai ketemu ditulisan selanjutnya.

Salam

14 komentar:

  1. Menggosok area lidah memang terbukti mengurangi bau pada mulut bila dilakukan rutin Bun.
    Mengenai penyakit seperti maag, sinus dlsb memang saya punya pengalaman juga, bahwa itu bisa mempengaruhi bau mulut kita.
    Rajin scaling juga bisa meminimalisir bau mulut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pingin juga biasain pake dental floss ya, biar ga ada yg menyelip sekecil apapun di sela2 gigi kita.

      Hapus
  2. Aku pernah bau mulut waktu gigi geraham berlubang...ya ampun, beneran, nyium bau mulut sendiri ga tahan hahaha. Setelah gigi dirawat, ditambal, scalling gigi...berkurang deh baunya Alhamdulillah. Oia, kalau makanan beneran tuh, habis makan pete mulut dan pipis jadi bauuuu huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satu lagi yang jangan dilupakan Mba Dian..
      Makan jengkol... Wkwkwk.
      Kalo ini sih aku belum pengalaman. Selalu penasaran sama rasanya .Tapi mundur teratur pas dirasa kok aneh.. hihi

      Hapus
  3. Penyebab bau mulut itu memang beragam ya, mba. Bisa karena makanan yang memiliki bau tahan lama dan menyengat atau karena masalah kesehatan. Aku pernah bau mulut katena ada masalah di gigi yang bolong.

    BalasHapus
  4. paling gak pede nih emang kalau mulut bau, dan kegangu juga ya sama orang gyang emang bau mulut. Jadi perawatan perlu juga selain menghindari penyebabnya :)

    BalasHapus
  5. Bau mulut tu ganggu banget pas kita sariawan, atau pas geraham belakang itu lagi peradangan. Ya ampuuuun, apalagi kalo bangun tidur, Gangguuuu banget. Sebetulnya mau makan apa aja bebas ya, asal ingat untuk membersihkan gigi, khususnya sebelum tidur.

    BalasHapus
  6. Sakit maag juga bisa menyebabkan bau mulut, saya kalau bau mulut biasanya kumur2 sama mouthwash macam listerine gitu kak, atau banyak minum air putih aja

    BalasHapus
  7. Kalo awak kak, penyebab bau mulut yang bisa timbul biasanya akibat adanya gigi berlubang atau tambalan yang lepas nih. Kalo udah diatasi biasanya udah balik lagi normal. Syukurnya sih ya bukan penyakit berbahaya.

    BalasHapus
  8. Nah, penggemar minum kopi harus disadarkan nih ya, kl mulut mereka tuh bisa jadi bau, huhuu... selain itu sebagai penanda kl tubuh kita mungkin sedang mengidap penyakit kronis jg yaa

    BalasHapus
  9. Jangankan orang lain, kadang saya sendiri gak nyaman kl mulut saya bau hehe. Betul juga kak, kl ada sakit kronis kadang mulut jadi bau. Tp sekarang unrungnya ada masker, jadi agak agak aman lah masalah gangguan bau mulut hehe

    BalasHapus
  10. Bau mulut memang bener-bener bisa bikin malu sih. Aku kalau pas harus ketemu orang ke luar rumah, selalu pastikan kalau bau mulutku aman. Kan nggak asyik ya ngobrol sama orang terus orangnya tiba2 berubah rona wajahnya, duh tengsin deh. Untungnya sekarang pakai masker yaaa.. tapi yang ada kitanya yang pingsan sendiri karena bau mulut diri sendiri, wkwk.

    BalasHapus
  11. Nah bau mulut ning menganggu banget ya ..kadang mau tutup hidung dibilang ga sopan jadi tahan napas aja deh wkwkwk untung sekarang pake masker dan klo ngomong pake bahasa tarzan alias body language ..hihi aman deh kena bau mulut tapi bener lho membersihkan gigi dengan dental floss ampuh ku sudah coba

    BalasHapus
  12. HUhu aku pernah nih deket sama temen yg bau mulut. Meskipun udah makan permen mint atau permen karet, udahannya jg masih begitu. Jadi introspeksi jg sih buatku biar ngga bau mulut juga

    BalasHapus