Benda-benda yang Tidak dan Boleh Dibawa Pulang dari Hotel

Sumber foto: wallpaper HP Xiaomi


Assalammualaikum wr wb

Hai teman-temanku..

Kali ini saya mau mengulik mengenai hal-hal yang biasa kita ambil dan bawa pulang kalo lagi nginep di hotel, yang ternyata pas sampai di rumah gak kita pake.
Namun berhati-hatilah wahai sesama pencinta barang gratisan, kamu sebenarnya hanya diperbolehkan mengambil barang-barang tertentu saja lho.

Mari kita mulai ngulik benda yang sering diambil.

Pertama, sabun dan lotion.

Benda ini kita temukan di setiap hotel. Mau itu hotel mahal, dan juga di hotel murah, Bintang lima atau sekelas wisma dan losmen.
Sabun itu hanya tersedia untuk kita lho, orang berikutnya yang memakai kamar tempat kita menginap akan menggunakan sabun yang baru. So, kita boleh membawanya pulang kalau mau.

Sumber foto: google.com


Kedua, shampoo dan conditioner.

Kalau di kemasannya terdapat logo hotel, pihak hotel sebenernya ingin kita mengambilnya. Ini cara cerdik hotel mengiklankan diri, karena banyak orang yang membawa benda ini pulang, diletakkan di kamar tamu mereka di rumah, atau diberikan ke teman atau saudara.

Ketiga, sikat dan pasta gigi.

Jangan ragu untuk membawa pulang sikat dan pasta gigi mini itu ya manteman. Benda kecil ini lumayan berguna lho, mungkin karena kecil jadi mudah dibawa kemana-mana, tinggal diselipin di tas. Dibawa ke kantor juga ok, sapa tau ada yang lupa sikat gigi di rumah, kan ada cadangan di tas kantor (bukan pengalaman pribadi ya).

Segitu saja untuk perlengkapan toilet. Mari kita lanjut ke barang-barang menarik berikutnya.

Keempat, peralatan jahit.

Benda ini benar-benar penyelamat bagi para pelancong. Rasanya sulit kan membawa peralatan jahit yang tidak memakan tempat? Pastikan untuk membawa pulang benda imut ini dari hotel.

Kelima, perlengkapan semir sepatu.

Biasanya satu set terdiri dari semir sepatu hitam, kain pengilat dan sikat. Tidak banyak hotel yang menyediakan ini. Tapi biasanya bisa diminta ke receptionist dan menyimpannya.

Keenam, topi mandi

Pelancong yang berpengalaman tau trik keren untuk perjalanan berikutnya. Saat mengemasi barangmu masukkan saja sepatu ke dalam topi mandi agar debu atau kotoran yang menempel di sepatu tidak mengotori baju kita. Pintar kan?

Topi mandi
Sumber foto: google.com


Ketujuh, kantong plastik.

Sama seperti topi mandi, kantong plastik juga berguna untuk mengatur barang di koper kita. Kantong plastik berguna untuk tempat kain kotor  Sehingga baju bersih dan baju kotor kita tidak tercampur. Kantong plastik yang biasanya disediakan oleh banyak hotel ini juga bisa kita gunakan untuk tempat perlengkapan kita yang cair supaya baju-baju kita tidak terkena tumpahannya.

Kedelapan, sisir

Ya, ini punya kita.
Tapi, perlengkapan rambut lain yang ada di hotel, seperti pengering rambut atau penglurus rambut, tidak boleh dibawa pulang lho ya.
Maaf ..

Kesembilan, alat tulis.

Kebanyakan hotel menyediakan pulpen, pensin dan catatan kecil. Mereka gak keberatan lho kalo kita bawa semua itu pulang. Hotel malah ingin kita membawanya pulang, karena semua itu berlogo hotel, buat ngiklan.
Tapi kalo pulpen itu gak bisa dipindahin, berarti itu tidak boleh dibawa pulang.

Kesepuluh, Amplop.

Saat mengumpulkan alat tulis, amplopnya juga boleh dikumpulin buat dibawa pulang. Amplop ini merupakan salah satu benda yang selalu lupa dibeli, padahal sering dibutuhkan, apalagi kalo mau kondangan, ihh lupa terus bawa amplop,
Siapa yang perduli, kalau ampaw kondanganmu adalah amplop berlogo hotel. Yang pentingkan isinya tebel hehe
Selamat menempuh hidup baru dari penginapan Mari Inap.

Kesebelas, kopi, teh dan gula.

Kalau hotelmu menyediakan bahan untuk membuat minuman hangat di kamar, jangan ragu untuk membawa pulang teh celup, kopi, dan gula sachet kalau kamu mau.
Pastikan saja kalau semua itu bukan termasuk mini bar kamar hotel kamu, kalau termasuk dalam mini bar ntar kamu harus bayar lhoo.
Dan kamu jangan bawa pulang, mesin kopi, dan pemanas air, atau ceret/teko tehnya ya.
Hmm sayang sekali ya.

Keduabelas, cangkir kopi.

Kita gak boleh membawa cangkir teh/kopi dari kamar ataupun area makan. Tapi kalau kamu bener-bener menyukai cangkir hotelmu, coba tanyakan kepada pihak hotelnya, apakah boleh untuk kita. Kemungkinan sih mereka gak akan keberatan, atau bisa juga kamu akan dikenakan biaya untuk dapat membawa pulang cangkir tersebut alias beli dari hotelnya.

Ketigabelas, air mineral.

Kalau kita menginap di negara yang air kerannya tidak bisa diminum, maka hotel tempat kita menginap akan menyediakan air botolan gratis di kamar kita.
Tapi kalau kita menginap di tempat yang air kerannya bisa diminum, siap-siap saja harus membayar air mineral ini.
Jadi air gratis ini tergantung situasi.

Keempatbelas, camilan.

Untuk menghindari pengeluaran lebih, anggap saja makanan dan minuman yang ada di kamar kita tidak gratis.

Kelimabelas, jubah mandi.

Peraturan mengenai jubah mandi ini cukup membingungkan dan tergantung hotelnya.
Di beberapa hotel jubah mandi yang hilang akan dimasukkan ke tagihan kita. Beberapa hotel malah memasang harga di jubah mandi, agar tamu hotel tahu bahwa itu bukan barang gratis yang bisa dibawa pulang.
Namun di hotel mahal malah menganggap ini sebagai hadiah bahkan menambahkan bordiran inisial nama tamunya.
Yahhh tidak bisa dibilang hadiah sih. Karena mungkin harga jubah mandi khusus ini termasuk ke dalam harga kamarnya.

Keenambelas, sandal.

Sandal ini tidak bisa dipakai ulang. Jadi kalau kita meninggalkannya di kamar, pasti akan dibuang. Jadi tak masalah jika kita mau menyimpannya dan membawannya pulang.
Tetapi di beberapa hotel mahal menyediakan sandal yang lebih bagus dibandingkan sandal yang mudah robek. Dan sandal bagus itu harus ditinggal untuk tamu berikutnya, tentunya setelah dibersihkan, jadi ndak boleh dibawa pulang ya.

Wah panjang sekali ya daftar kita di atas, padahal itu semua belum mencakup semua barang yang boleh dibawa pulang dari hotel.

Tips penting untuk diingat:
Jika ingin membawa sesuatu dari hotel, tapi kamu sangsi boleh apa gak, tanyakan pada hotel apa kamu bisa membawanya pulang atau membelinya.

Nah sekarang giliranmu, benda apa yang pasti akan kamu bawa pulang kalau kamu menginap di hotel?
Cak tulis di kolom komentar ya.


Salam
Vivi
LinRaNa Mom


Sumber tulisan Youtubenya Sisi Terang.

27 comments:

  1. Tentuuuuu saya bawa pulang semua yang gratis kak ekkkk..

    Kecuali refrigerator. Kalo lah kulkasnya boleh dibawa pulang, hahahaha...

    ReplyDelete
  2. Lumayan banyak juga ya barang yang bisa dibawa pulang. Lain kali kalau nginap di hotel saya akan bawa pulang semuanya. By phone syam

    ReplyDelete
  3. Dulu aku tim bawa semua (yang boleh maksudnya)
    Tapi pernah satu hari nginap sama temen, pas aku mau bawa pasta dan sikat gigi.
    Untuk apa dibawa kalau kita gak pake, mending ditinggal untuk dipake tamu selanjutnya, ntr jadi banyakin sampah kalau dibawa tapi gak dipake..
    Beklaaa dia suruh minimalis 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku tim yang eeeh mana tau besok2 butuh.. pas Travelling lupa bawa sikat gigi yeee

      Delete
  4. Aku jarang banget membawa pulang benda-benda di dalam kamar hotel. Sabun, shampoo, teh, kopi, gula, biasanya kuhabiskan di tempat. Mmm, sandal kadang dibawa pulang kadang nggak. Kalau sudah lepek karena kubawa jalan-jalan ke kolam renang misalnya, kutinggal aja, hihihi ... Kantong plastik pasti dibawa pulang karena untuk membungkus pakaian kotor. Peralatan tulis sama sekali nggak terpikirkan.

    Kalau yang ingin kubawa pulang sih ya tempat tidur, sofa, dan lampu tidurnya, hahaha ... Minta dijewer memang, nih.

    ReplyDelete
  5. Yang boleh dibawa pulang dan yang kepake juga sih mbak. Kalau kira-kira gak kepake walau boleh gak di bawa he he he... Tutup kepala misalnya gak di bawa.

    ReplyDelete
  6. Saya biasanya bawa sendiri toilettries..Jadi yang tersedia di hotel buat souvenir, bawa pulang untuk oleh-oleh. Kalau teh/kopi, selain diminum di kamar, kalau sisa ya dibawa.
    Tentang barang lainnya sepertinya harus konfirmasi dulu, biasa kena charge di belakang kan sayang.

    ReplyDelete
  7. Setiap nginap di hotel, saya pasti selalu bawa pulang shower cap sama sandalnya. Hahaha. Sandalnya saya pakai buat sandal dapur di rumah. Suka aja gitu sama sandal hotel yang tipis dan ringan di kaki.

    ReplyDelete
  8. Saya suka bawa pulang shampoo atau sabunnya. Kalu air mineral/kopi (yg bukan mini bar) biasanya saya minum di tempat. Ternyata banyak juga item lain yang boleh dibawa pulang yaaa hehe baru tahu. Saya jarang nginep di hotel soalnya :D

    ReplyDelete
  9. Hampir semua barang tersebut pernah saya bawa mbak. Kecuali baju handuk dan cangkir kopi. Agak aneh soalnya kalo bawa cangkir kopi juga, hehe..

    ReplyDelete
  10. Hm, sepertinya sudah mencakup semuanya yang dipaparkan di atas. Apa lagi ya ....

    ReplyDelete
  11. Waaaah kayaknya yang di atas itu banyak di hotel-hotel bintang mayor jendral sampai jendral. Apalah dayaku yang belum pernah dibingungkan dengan boleh tidak nya bawa barang kayak jubah mandi karena aku masih lebih sering stay di hotel nya pangkat mayor dan kolonel. Wkwk. Tapi jadi pelajaran buatku untuk jaga" seandainya harapan itu kesampaian. Hihi.

    ReplyDelete
  12. Kalau untuk hotel dormitory atau kapsul, soal membawa sabun, sampo, dan condisioner itu tidak bisa, Mbak. Karena kamar mandi bersama dan sudha disediakan dalam wadah besar hehehe. Tapi memang sandal hotel itu daripada dibuang, mending kita bawa saja buat dipakai di dalam rumah. Tapi pernah bawa sikat gigi sebuah hotel, itu bulu-bulu sikatnya kasar sekali hahaha.

    ReplyDelete
  13. Jarang banget bawa pulang biasa sisir sih, selebihnya jarang aku pakai kak apalagi sampo sama sabun ,rambut bisa kering berdiri tegang hiks,jadi tau sih apa aja yg bisa dibawa dari hotel

    ReplyDelete
  14. duh duh duh aku merasa banyak temen nih. kalo nginep di hotel aku juga suka bawa pulang sambun dan shampoo yang ada nama hotelnya. buat dipajang di pinggir bak mandi rumah.Sambil mandi baca - baca nama hotel itu jadi inget ada kegiatan apa di sana

    ReplyDelete
  15. Salah satu benda yang saya bawa pulang seringnya sandal hotel,yang buat nambah barang koleksi saya hotel mana saja yang saya datangi

    ReplyDelete
  16. Saya kok malas bawa pulang sandal hotel ya,, entah kenapa semak aja nengoknya ahaha aneh ya saya...trus sm anak tetep dibawa plg digunting² reuse jd mainan haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus artikel seperti ini Mom, sebelum ngajakin anak2 on vacation baik juga diminta baca do and don't seperti ini hihi

      Delete
  17. Sekarang udah jarang banget bawa bawa barang gratisan dari hotel, karena nyampe rumah ga kepake lagi hehehe. Paling, kalau sandal hotel bagus, aku bawa sih.

    ReplyDelete
  18. Wah, udah lupa kapan terakhir kehotel.
    saya bawa pulang kalau disuruh bawa sama yg bayar hotel. Belum pernah bayar sendiri kayaknya hahahaha. Terakhir nginap gratis di lantai 21 rumah pengusaha besar. awak numpang lah bukan siapa siapanya kita ini hanya hamba Allah aja.

    sampe rumah susah kali kayaknya make shampo sabun sikat gigi hotel itu. Buat Mood Hati rusak. udahlah gausah aja kecuali terpaksa. kalaupun bawa dipake buat nyuci aja pas travel kemanaa gitu. suka kemasannya yg praktis isinya ngga.

    😆 Maaf, selama ini alhamdulillah dikasih gratisan nginap terus ya Allah terimakasih atas nikmat tak terkiraMu.

    ReplyDelete
  19. aku dan suami, kami berdua para pengumpul sendal hotel. Wkwkwk.. lumayanlan buat sendal dipake di dalam rumah ataupun di luar rumah. lumayan buat pengganti sandal jepit swallow.

    ReplyDelete
  20. Untung aku baca ini kak, kalau gak tak bawain semua barang yang ada di hotel, biar balik modal. Hihihi. Becanda ah

    ReplyDelete
  21. Pernah gak sengaja kebawa handuk, pas mau cek out ditanya resepsionis bu handuknya jangan dibawa ya, yah gak jadi deh ngutil handuk hahaha

    ReplyDelete
  22. Saya kadang nginap 5 hari, 5 hari pulak awak ambil yg bisa di ambil, macam sandal sehari 2, jd dapat 10 pasang hahhaa

    ReplyDelete
  23. Aku tim yang jarang bawa apa2 dari kamar hotel. Kecuali amenities nya itu limited edition atau lagi colab sama siapa gitu, soalnya kata suami ngapain dibawa kalau ga dipake. Bener juga meengingat kalo nginep barang2 si krucil sama mamaknya juga udah banyak bgt 😂

    ReplyDelete
  24. Baru tahu kalau boleh dibawa pulang ternyata. Jadi kalau bawa sampo ataupun sabun enggak perlu merasa bersalah deh.

    ReplyDelete
  25. Baru tau ada hotel yg nyediain printilan jahit 👌 pas mamakku diajak ke hotel, semua mau dibawanya kak eee, sak cangkir, gelas wkwkw

    ReplyDelete