Melukis Daun

Beberapa waktu yang lalu, Hijrah Islamic Parenting, yaitu suatu komunitas Parenting yang saya ikuti, seperti biasa menggelar kelas crafting online buat anak-anak kita.
Kali ini craftingnya adalah MELUKIS DAUN.

Sayangnya, saya dan anak-anak agak telat mengeksekusinya nih. Tapi gapapa juga sih, anak-anak tetep senang dengan aktivitas ini.

Karena aktiviti ini diselenggarakan oleh komunitas parenting nan islami, maka tujuan kegiatan ini gak jauh-jauh dari 'pengenalan dan pendekatan anak-anak kepada Allah'.
Kali ini kita menghubungkannya dengan 2 Asma'ul Husna yaitu Al Baari'  yang artinya Maha Pembuat.

Al Baari’ artinya Allah adalah Dzat yang membuat sesuatu dari ketiadaan. Dia menciptakan dan membentuk sesuai bentuk dan ukuran yang dikehendakiNya.

Asmaul Husna ke-12 ini difirmankan Allah dalam Surat Al Hasyr ayat 24 
"Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Asmaaul Husna. Bertasbih kepada-Nya apa yang di langit dan bumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana"



Dan yang kedua Asma'ul Husna urutan ke-13 
Al Mushowwir (الْمُصَوِّرُ) artinya Maha Membentuk Rupa

Al Mushawwir artinya yang menciptakan segala sesuatu dan membeda-bedakan mereka dengan bentuknya masing-masing sesuai kehendakNya.

Nama Al mushawwir tercantum dalam Surat Al Hasyr ayat 24 dan diisyaratkan dalam Surat Al Infithar ayat 8🖋
"dalam bentuk apa saja yang Dia kehendaki, Dia menyusun tubuhmu" Ghafir ayat 64. 

Kita bisa memperlihatkan pada anak susunan tulang daun yang yang seimbang, kiri dan kanan. Allah menciptakan segala sesuatu itu seimbang.

Nah..
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memulai crafting kali ini adalah:
1. Daun kering yang lurus atau daun segar
2. Cat air
3. Kertas 
4. Kuas

Daun kering kami ambli dari daun-daun yang ada di halaman. ada beberapa macam daun.

Kalo daunnya agak berdebu, jangan lupa dilap dulu ya, karena hasilnya agak jelek tuh kalo kotor-kotor kita timpakan cat air. 
Yup daunnya kita cat dengan cat air. Setelah semua permukaan daun ditutupi dengan cat air, daunnya kita tempelkan ke atas kertas, ditekan dengan lembut supaya catnya menempel dan tercetak di kertas. Lalu angkat daunnya.
Jadi de gambar daun yang cantik di kertas.
Anak-anak sih masih asal tempel aja, itu juga bagus sekali. 

Anak-anak yang setor di WAG malah lebih bagus-bagus lagi, udah pantes kalo dibingkai dan dijadiin hiasan dinding. Pada pinter-pinter lah pokokna.

Kegiatan ini memang messy play ya. Jadi parents siap-siap de ber-messy ria. Bersih-bersih or mandi habis main, trus beres-beres dan cuci-cuci peralatan mainnya juga. 
Bisa juga ajak anak buat beberes, anak saya suka sekali disuruh cuci peralatan yang sudah digunakan buat beraktivitas hehehehe...

Berikut foto-fotonya ya...




anak yang ini bukan menggambar daun., tapi menggambar abstrak. Beda aliran.


2 comments :

  1. Dedek lagi asik berkreasi...hihihi, ada yang menggambar daun, ada juga yang menggambar abstrak

    ReplyDelete

Made with by LinRaNa Mom | Distributed by LinRaNa Mom Templates