Apakah Sehat Jika Tidur Setelah Makan?

Sumber gambar: InsideBedroom


Assalammualaikum wr wb

Halo semuanya..

Selamat datang di tulisan baru oleh LinRaNaMom.

Sebelum kita mulai, satu pertanyaan untuk teman-teman.

"Apa yang teman-teman makan tadi malam sebelum tidur?"

Beberapa dari teman-teman mungkin punya kebiasaan 'ngemil' dimalam hari, tepat sebelum tidur.

Mungkin teman-teman juga sering mendengar orang berkomentar, bahwa kebiasaan tersebut tidak sehat dan bisa membuat kita gendut.

Nah, saya punya kabar menarik tentang hal tersebut.


Sebagian besar dari teman-teman pasti pernah, atau sering mengalami rasa ngantuk sesaat setelah makan. Dan ya, ini bisa saja disebabkan dari makanan apa yang kita makan, dan status dari hormon yang meregulasikan tidur dan nafsu makan kita, yang akan kita bahas dilain kesempatan.

Yang kita bahas kali ini adalah, 'apakah sehat jika kita tidur setelah makan?', atau lebih baik menunggu sejenak, memberi jeda sebelum kita tidur?

Tentu saja jawaban yang benar adalah 'memberi jeda'. Dengan menunggu sejenak sebelum tidur setelah makan.

Tapi kenapa?

Mari kita lihat sistem pencernaan kita!

Pencernaan adalah suatu proses di mana tubuh kita menyerap dan membongkar zat-zat penting dari makanan yang kita konsumsi.

Proses ini adalah proses yang akan dijalankan dengan maksimal jika badan kita berada dalam posisi tegak.

Dari sini saja kita dapat menyimpulkan bahwa tidur langsung setelah makan akan menyebabkan pencernaan kita berjalan dengan tidak efektif.

Hasilnya?

Teman-teman akan mengalami gejala seperti refluks asam lambung, atau mulas dan rasa panas di antara dada dan perut.

Pencernaan sendiri, membutuhkan 6-8 jam untuk selesai. Tapi itu bukan berarti teman-teman harus menunggu selama itu sebelum tidur atau telentang ya.. 2 - 3 jam saja cukup, untuk mengubah posisi badan dari tegak menjadi posisi rebahan dan lainnya.


Lalu apa yang bisa kita lakukan jika lapar sebelum tidur?

Apakah kita tidak boleh makan?

Tentu saja boleh!

Tetapi akan lebih baik jika kita mengkonsumsi makanan yang ringan dan lebih mudah dicerna. Seperti buah.

Selain itu, banyak yang mengira bahwa langsung tidur setelah makan bisa membuat berat badan bertambah.

Faktor yang mempengaruhi kenaikan berat badan adalah jumlah kalori yang dikonsumsi lebih banyak dari jumlah kalori yang dibakar.

Jadi berdasarkan teori sederhana tersebut, tidur setelah makan tidak akan meningkatkan berat badan, selama jumlah kalori yang dikonsumsi sesuai dengan target berat badan masing-masing.


Walaupun tentu saja (kembali ke pembahasan semula) akan mengganggu proses pencernaan.

Dan jangan salah, makan dalam jumlah banyak, namun menunggu 6 jam sebelum tidur pun, tetap akan menaikkan berat badan, jika jumlah kalori yang dikonsumsi terlalu berlebihan.


Lalu kenapa banyak orang menjadi gendut karena suka makan cemilan tengah malam?

Sejujurnya, ini tidak benar. Hanya saja, makan cemilan di tengah malam adalah kebiasaan yang sering dilakukan oleh mereka yang obesitas, dan terlepas dari asosiasi ini, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa kegiatan ini memang membuat gendut.


Pada akhirnya semua kembali ke jumlah kalori yang kita konsumsi. Jika kamu tidak makan seharian, lalu makan cemilan di tengah malam, kalian tetap tidak akan menjadi gendut kok.

Walaupun, contoh di atas bukan contoh yang baik ya..


Bagaimana? 

Apakah teman-teman paham?


Terima kasih ya sudah membaca sampai habis. 

Sampai ketemu di tulisan berikutnya.

Salam

19 komentar:

  1. Jadi intinya tergantung dari jumlah kalori yang dikomsumsi yah kak bukan dari tidur setelah makannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi sebaiknya memang memberi jeda juga biar asam lambung gak naik. Jadi kita gak ngerasain gerd gitu .

      Hapus
  2. Sepakat banget kl mesti memberikan jeda setelah makan sebelum kita terlelap. Dulu pas asam lambungku kambuh jg dikasih pengertian sm dokternya mbak. Katanya kl abis makan ga boleh langsung bobo karena asam lambungnya bisa naik. Makasih penjelasan lengkapnya ya mbak

    BalasHapus
  3. Untuk kesehatan diri memangt sebaiknya kita paham ya dengan hitung-hitungan kalori, berapa yang tepat untuk tubuh kita. Tiap orang kan pastinya beda ya, Mbak. Di satu sisi kusadari ini ... di sisi lain, kalau pas ketemu makanan enak, ya ampuuun, maunya ngunyah terus. Hiks.

    BalasHapus
  4. Tidur setelah makan itu bikin perut gak enak, asam lambung naik, dan itu gak enak bangettt. Napas juga lebih bau. Itu yang aku rasain sih mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, untuk menghindari napas jadi bau, jangan makan menjelang tidur ya Mut, "memberi jeda" kata Kak Vivi, agar tidak dapat penyakit baru huhuu

      Hapus
  5. Dulu suka banget makan nyemil 30 menit sebelum tidur, tapi akhirnya perut jadi begah dan ujung2nya gak bisa tidur, udah pas emang terakhir jam makan tuh 2-3 jam sebelum tidur biar nyaman tubuh kita kak

    BalasHapus
  6. Kak Vi.. sejujurnya awak malas makan malam. Tapiiiii, suami suka banget kalo pulang tengah malam bawa makanan. Jadinya kami seakan melakukan meal talk. Soalnya kalo pillow talk agak susah setelah punya krucil .
    Makin lengket sama suami sih iya, tapi makin buncit nihhh rasanya 😂😂😂

    BalasHapus
  7. Tidur setelah makan tidak akan meningkatkan berat badan, selama jumlah kalori yang dikonsumsi sesuai. Taunya sesuai bgmn ya? Hehe... Intinya sih hrs ada jeda dulu stlh makan ya kak. Nice info 👍

    BalasHapus
  8. jadi inget dari jaman kecil, selalu dinasehin orang tua, kalau habis makan gak boleh lansung tidur, hehe.. yang penting memang sesuai aturan dan takarannya :)

    BalasHapus
  9. Sejak berusaha menjalankan pola hidup sehat saya menghindari sehabis makan langsung tidur. Memang menjaga kesehatan itu dari hal hal yg sederhana ya mbak

    BalasHapus
  10. Hiks, aku ngerasa nih kak, gak enak banget habis makan langsung berbaring walaupun gak tidur. Soalnya sering sekali jam makan malamku terlalu mepet dengan jam tidur bayi.

    BalasHapus
  11. Kebiasaan saya nih dari dulu suka makan malem trus nggak lama langsung tidur. hasilnya saya terkena gerd dan asam lambung saya sering naik sampe bikin nyesek. Jadi memang bener kalo harus ada jeda dari makan minimal 2 jam sebelum kita tidur.

    BalasHapus
  12. Harus sesuai ya antara kalori masuk dan keluar. Kadang poin itu yg sering keliru hehe
    Saya kadang kl ada kerjaan ampe malam, tengah malam lapar ya makan hehe

    BalasHapus
  13. Cemilan tengah malam saya berat-berat Bun.
    Kadang suami suka bawain martabak manis extra xoklac keju, kadang nasi lengkap bebek goreng, kadang lontong sate Padang. Waduuuuuuh, saya jeda supaya gak bablas ketiduran dengan scrolling hp. Kadang berhasil kadang ketiduran. Hahaha

    BalasHapus
  14. Ngemilin kripik, krupuk, apalagi tuh yang buat ngunyah bikin gendut ya. Kadang perut ini memang yang bikin kalap. Kalau udah bunyi aja malam hari pengen ngemil. Kalau enggak bikin ganggu ketika ada aktivitas nulis di malah hari. hihi ...
    Tapi baru kali ini saya tau kalau memang ngemil yang bagus itu ya buah. Duh, harga buah mah lebih high dibandingkan kripik.

    BalasHapus
  15. Cantiknya font kak vivi... fresh ya kak jadi makin semangat ngeblognya
    Sebaiknya malam gak makan malam lg ya Kak Vi...
    makan buah gak boleh banyak2 jg kak... manis buah bs bikin diabet jg

    BalasHapus
  16. Karbo emang gak bisa deket2 sama lemak yq kak, tapi sebenernya lemak masih lebih bagus dibandingkan karbo, lemak bisa menjadi sumber energi dengan perbandingan lemak 75%-80%, sedang karbo 5%-10%, bahan bakar energi lemak hoaks? Nope, sudah banyak yang membuktikan 😊

    BalasHapus