Pengalaman Pertama Nyepi di Bali



Assalammualaikum wr wb

Halo teman-teman, apa kabar..

Tanggal 3 Maret 2022, wilayah Bali merayakan Nyepi. 

So, di tulisan kali ini saya akan membahas tentang pengalaman keluarga kami dalam melalui Nyepi untuk pertama kali.

Saya yakin, teman-teman pasti sudah pernah mendengar tentang Nyepi di Bali, ya kan?

Nyepi di Bali ini salah satu hari besar, dimana selama 1 hari orang Hindu Bali itu tidak melakukan apa-apa. Jadi siapapun yang berada di Pulau Bali harus berdiam diri selama 24 jam.

Nah, Nyepi ini sendiri, gak akan pas banget tanggal masehinya setiap tahun. Seperti Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha, dan hari-hari besar umat islam lainnya yang penghitungannya itu memakai Tahun Hijriyah, Nyepi sendiri penghitungannya memakai kalender Bali, kalau tak silap, memakai hitungan Tahun Saka, cmiiw.

Hari Raya Nyepi akan dimulai pada pukul 6 pagi, tanggal 3 Maret 2022, hingga pukul 6 pagi lagi pada keesokan harinya tanggal 4 Maret 2022 (24 jam). 

Selama 24 jam itu, penduduk Bali tidak boleh keluar rumah, gak boleh nyalain api atau lampu atau cahaya, gak boleh buat keributan, tidak bekerja juga. 

Umat Hindu Bali sendiri melakukan puasa di Hari Raya Nyepi, pokoknya satu hari itu umat Hindu Bali melakukan ibadah, menyucikan diri setelah setahun beraktivitas.

Tapi, tentu saja semua sektor tidak bisa di'cut' atau diberhentikan begitu saja selama satu hari. Ada beberapa sektor terutama yang penting, eh gak, tapi sangat penting, yang tetap berjalan.

Beberapa sektor tersebut adalah:

KEAMANAN. Jadi untuk mengawasi pelaksanaan Nyepi ini, akan diberlakukan pengamanan dari pihak pecalang setempat. Pecalang adalah penjaga ketertiban dan keamanan yang ada di Bali, namun sifatnya secara adat.

Patroli pecalang keliling kampung saat nyepi.
Sumber foto: iNews.ID

Sektor KESEHATAN. Seperti rumah sakit, itu masih tetap berjalan.

Sektor Hospitality, terutama hotel, juga masih berjalan. 

Jadi salah satu sektor yang masih tetap berjalan adalah hotel.

Jadi bagi teman-teman yang berbeda kepercayaan dengan umat Hindu Bali, banyak juga yang tinggal di hotel selama perayaan Nyepi, karena faktor kenyamanannya. Misalnya buat yang punya baby atau anak kecil, pasti akan lebih nyaman untuk tinggal di hotel selama Nyepi.

Tapi apakah selama Nyepi lampu hotel gak dimatiin? Apakah ada bedanya?

Ada beberapa perbedaan jika kita menjalani Nyepi di rumah dan di hotel.

Poin pertama, pada saat Nyepi itu, kita tidak boleh keluar rumah. Biasanya jalan-jalan di depan rumah itu akan dijaga oleh pecalang. Beberapa gak persis berjaga di depan rumah sih, ada yang di depan gang, atau di depan perumahan. Kalau misalnya kita keluar, apalagi jalan-jalan kemana-mana, kita bakalan dapat teguran dari pihak pecalang setempat.

Bedanya dengan di hotel, kita masih bisa menikmati fasilitas hotel sepanjang kita tidak keluar area hotel. 

Kalau kita menjalani Nyepi di hotel yang cenderung kecil, mungkin gak bakal terasa bedanya sama di rumah. Tapi jika kita menjalani Nyepi di hotel yang cukup besar, kita bisa berkeliling di sekitar hotel, misalnya ke tamannya, kolam renangnya, pantainya, restorannya, dan lainnya. Cuma ya memang gak boleh keluar. 



Kalau seharian keliling hotel, kayaknya gak bakal bosan sih. Tapi kalo rumah teman-temen gede kayak hotel gitu, tamannya luas, banyak yang bisa dieksplor, keknya asik juga gak bakal bosan.

Tapi saya pribadi sebenarnya, lebih suka di rumah, siang harinya bisa dihabiskan dengan membaca buku, nonton drakor, tapi ya drakornya di donlot dulu, karena ada beberapa wilayah yang internet juga dimatikan, baik wifi maupun kuota di handphone, siaran televisi juga mati. Toh listrik sebenarnya hidup, hanya saja tidak boleh ada cahaya terlihat di malam hari.

Tapi saya dan pak suami memutuskan untuk menginap di hotel saja, karena anak-anak kami cukup aktif, sehingga takut mengganggu tetangga yang sedang menjalani Nyepi.

Fasilitas hotel sendiri di malam hari akan dibatasi sampai jam-jam tertentu. Penampakan hotel dari luar juga harus tidak boleh ada cahaya yang terlihat. Tapi di kamar-kamar hotel itu dipasang gorden-gorden tebal, sehingga cahaya tidak tembus keluar, dan lampu di kamar juga redup, di beberapa hotel siaran televisi dan wifi juga ada. Ada Hotel yang punya pemancar sendiri kayaknya. 

Di hotel tempat kami menginap, siaran televisinya mati, internet juga tidak terlalu kencang. Kuota HP juga begitu, hidup-mati. Mungkin memang diset seperti itu.

Poin kedua, kalau di rumah kita tidak bisa masak setelah matahari terbenam pada saat Nyepi. Karena semua orang itu mematikan lampu, bayangkan saja gelapnya kayak gimana. Kami pernah ngetes beberapa hari sebelum Nyepi, di malam hari, kami mematikan semua lampu. Beneran gak nyaman. Padahal masih ada cahaya yang masuk dari luar. Biasan cahaya dari lampu teras tetangga. 

Saya bayangkan, dengan keadaan yang gelap gulita saat nyepi, sedikit saja ada cahaya, misalnya dari lampu senter di handphone di dalam rumah kita, pasti de bakalan kelihatan sekali, karena sekeliling yang gelap. Pecalang di ujung jalan pun pasti tau jika ada cahaya dari rumah tertentu saking gelapnya suasana. 

Buat yang hobby makan malam-malam, dengan memasak lagi malamnya, misalnya bikin mi instan, pasti kesulitan buat hidupkan api, takut cahayanya keluar. Ada sih cara-cara supaya cahaya tidak keluar. Misalnya, nutupin jendela dengan karton tebal, atau dengan plastik hitam, pake lakban. Tapi ya itu, ribet. 

Atau bisa juga yang punya kompor listrik, pake itu aja kalo mau masak malam-malam.

Untuk hotel sendiri, menjelang Nyepi, banyak hotel-hotel yang sebarin promo Nyepi Package. Dan harganya murah-murah. Paket Nyepi ini sudah completed, nginep 2 malam 3 hari. Udah termasuk sarapan, makan siang dan makan malam di hari Nyepi nya. Cek in sehari sebelum Nyepi, dan cek out sehari setelah nyepi.

Dan kami pun mengambil paket Nyepi dari Hotel Grand Mega Spa & Resort yang berlokasi di daerah Kuta.

Kalau nyepi di rumah, kita tidak boleh menghidupkan lampu di saat malam hari. Memang sudah seperti itu aturannya. Kalau kelupaan, pasti akan ditegur sama pecalang setempat. Kecuali urgent.  Tapi dilihat juga, tingkat urgensinya itu separah apa? Yang termasuk urgen itu misalnya ada yang sakit, boleh menghidupkan lampu, itu pun dibawah pengawasan pecalang setempat.

Seperti keluarga saya, kami menghabiskan nyepi 2022 di hotel, ada juga teman yang pulang kampung, nah seperti kami-kami ini yang tidak merayakan Nyepi di rumah, jangan lupa untuk mematikan lampu rumah. Karena kalau lupa mematikan lampu, pecalang tak segan-segan untuk membantu mematikan lampu rumah kamu, tapi caranya ya dilempar (kabarnya begitu), moga-moga saya sudah mematikan semua lampu rumah saya, karena pas bikin ini tulisan saya sudah nyantai di hotel pas di hari Nyepi.

Kalau di hotel, lain lagi ceritanya. Kita jauh lebih santai, bisa ngidupin lampu di kamar, nonton televisi, ngetik-ngetik di laptop bikin tulisan baru kayak sekarang ni. Tapi di malam hari, sisi luar hotel akan dibuat gelap oleh pihak hotel. Kalau misalkan teman-teman termasuk orang yang gak bisa tidur kalau gak pakai lampu, jangan khawatir, di hotel kalian bisa nyalain lampu kamar walaupun redup. Hotel juga gak akan terlihat seterang biasanya.

Staf hotel juga akan stand by. Kan gak mungkin, banyak tamu yang menginap di hotel, tapi gak ada staffnya.

Nah, kalau misalnya teman-teman tinggal di Bali, terus Ketemu sama hari raya Nyepi, bakalan pilih apa, stay di hotel atau melewatkan Nyepi di rumah sendiri? Komen di bawah ya..


Oh iya, semua yang saya ceritain di atas, saya tulis berdasarkan pengalaman saya sendiri. Atau jika teman-teman punya pengalaman berbeda selama Nyepi, atau pengalaman berbeda saat tinggal di hotel selama Nyepi, boleh diceritain di kolom komen.

Demikian tulisan saya kali ini. Semoga bermanfaat.

Stay Happy, stay healthy, stay positive thinking, patuhi protokol kesehatan yang ada.

Sampai jumpa di cerita lainnya.

dadagh...

Salam

Cerita lainnya:

| Uniknya Bali Based on My Experience

| Eksplor Bali: Pantai Melasti

15 komentar:

  1. Kayaknya enak di hotel nyepinya hehee
    Seneng baca tulisan kakak ttg Bali, jd makin pengen ksana hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak vi memang nulisnya naturally banget.
      Jadinya berasa cerita ke temen. Bukan baca tulisan ya kan bang.

      Hapus
  2. Mantap Kak Vi,, jadi punya pengalaman nyepi di Bali ya. Banyak yang bisa dilakukan di rumah kok ya, baca buku, nonton drakor, nyobain resep masakan.Tp kl bs di hotel besar wah senang sekali ya, bisa spa, renang, nge gym dan lain2

    BalasHapus
  3. Wah kalo banyak promo nyepi package gak usah repot keluar Bali ya kak. Staycation bakalan menyenangkan banget ini.

    BalasHapus
  4. kami dong kak, pernah liburan pas nyepi ke bali. itu beneran sesunyi itu. bali berubah drastis saat nyepi. tpi ritual mati lampu ini awak bru tau. memang wktu itu kami gaboleh keluar malam2. jdi pas siang aja nampak perubahannya. pas malam di hotel gk pala dimatiin memang lampunya. seru ya kak keknya. sekalian kepanasan lah sama siap2 banyak nyamok jg pas malam mati lampu gt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Listrik gak mati sebenernya ce. Masih bisa idup ac.
      Tapi ya gelap

      Hapus
  5. Ternyata begini situasinya ya.. Pantas beberapa teman selalu memilih tidur hotel saat nyepi tiba.. Semua senang semua nyaman :)

    BalasHapus
  6. 8 tahun pernah tinggal di Bali, Nyepinya di kosan dan pernah juga pulkam. Enggak pernah di hotel karena dulu Paket Nyepi mahal..ga kuat bayar :D
    Enaknya kalau tetap di rumah, bisa ikutan gelap-gelapan, hening...jadi waktu merenung gitu tapi tetap sambil ngemil yang sebelumnya makanan dan di stok kayak mau semedi di gua berapa waktu kwkwkw
    Senangnya baca cerita Nyepi di Bali setelah sekian puluh tahun enggak mengalami

    BalasHapus
  7. Saya yg belum pernah mengalami jadi membayangkan dan berasa saya ikutan berada di Bali juga.
    Nyetok kebutuhan udah pasti saya lakukan dulu sebelum Hari Nyepi tiba, hehehe

    BalasHapus
  8. Dari dulu suasana sepi emang bikin tenang hati sih.. nggak usah nyepi, kalau lagi mati lampu aja terasa tenang dan hening gitu.. sekali sekali memang perlu suasana sperti ini ya

    BalasHapus
  9. Staycation sih memang menyenangkan ya kan Bun apalagi staycation nya bareng kumpul sekeluarga. Bisa seru-seruan juga.

    Akhirnya ngerasain juga ya Bun vibes nya tinggal di Bali dan suasana Nyepi disana

    BalasHapus
  10. wah saya belum mengalami hari Nyepi di Bali, pastinya sepi sekali ya karena tidak boleh ada aktivitas apapun tapi pastinya jadi pengalaman seru ya kak

    BalasHapus
  11. Baca pengalaman nyepi di Bali kok pengin merasakan juga suasananya. Pasti dijalanan hening banget ya, Mba. Gak ada yang lalu-lalang.

    BalasHapus
  12. Kalau saya lebih milih nyepi di hotel sih, biar bisa berenang dan nonton tv hihi.

    BalasHapus
  13. Kalau mau staycation menikmati fasilitas hotel selama Nyepi, berarti sehari sebelumnya udah check in di hotel ya Kak, paling nggak malemnya udah sampai fi hotel ya

    BalasHapus