Drama Vaksin Episode 2



Assalammualaikum wr wb,

Tak terasa sudah satu bulan berlalu sejak vaksin covid pertama saya. Sekarang telah tiba saatnya saya harus menerima vaksin covid untuk yang kedua kalinya.

Saya berencana untuk melaksanakan vaksin kedua di rumah sakit yang sama, yaitu di Rumah Sakit Sanglah Denpasar.

Kalau vaksin di Rumah Sakit Sanglah Denpasar ini, kita harus mendaftar secara online dua hari sebelumnya. Jadi sejak tanggal 1 Agustus saya sudah mulai mencoba mendaftar ke Rumah Sakit ini. Tapi selalu sold out alias penuh terus. Sampai dua minggu lho, tiap tengah malam saya mencoba mendaftar secara online. Tapi selalu gak kebagian jadwal. Dan dapatnya itu di dua minggu kemudian. 

Saya seharusnya harus divaksin lagi di tanggal 2 Agustus 2021, tetapi baru berhasil mendaftar dan mendapatkan jadwal vaksin di tanggal 14 Agustus 2021.

Setelah berhasil mendaftar, saya dan pak suami bingung. Ke mana menitipkan anak-anak. Tak mungkin ditinggal saja di rumah tanpa ada yang mengawasi. Waktu vaksin pertama yang lalu, kami masih tinggal di apartemen, dan bisa menitipkan anak pada penjaga apartemen yang sudah dikenal  baik. Tapi sekarang kami sudah pindah ke tempat tinggal baru, dan tidak ada yang bisa dipercaya untuk mengawasi anak-anak.

Setelah dibicarakan dengan alot, menimbang, membanting, kemudian dipungut kembali (apa coba!), akhirnya diputuskan, dibawa sajalah anak-anak ke rumah sakit. Nanti biar saya sendiri saja yang masuk ke dalam rumah sakitnya, pak suami dan anak-anak tunggu di luar atau menunggu di tempat lain yang lebih aman. Karena kan seperti kita ketahui, rumah sakit banyak orang sakitnya, sedangkan keadaan sekarang sangat rentan, dan kita berusaha menjaga kesehatan sangat-sangat ekstra. Ye tak??

Saya dapat jadwal vaksin itu jam 11 - 12 siang. Jam 11 kurang 5 saya tiba di rumah sakit. Sendirian masuk ke gedung tempat vaksin dilaksanakan. Sama seperti bulan lalu, tempat vaksinnya itu di lantai 3. Tak seperti bulan lalu, yang naik tangga, kali ini saya cari lift. Biar gak ngos-ngosan sampai di lantai 3.

Setelah melapor ke bagian pendaftaran, dengan menunjukkan surat keterangan vaksin bulan lalu, dan bukti jadwal pendaftaran online ke petugas, saya pun duduk di ruang tunggu menunggu giliran dipanggil.

Saya menunggu hampir satu jam. Lama juga ya.. Malah saya fikir, apa mereka melewati nomer antrian saya ya... Tapi akhirnya saya dipanggil juga. 

Berbasa-basi sama ibu petugas yang akan mengukur tekanan darah saya. Beliau heran dan bertanya, kenapa helm saya dibawa-bawa, apa saya pernah kehilangan helm. Saya jawab, saya gak pernah kehilangan helm, tapi helm saya pernah basah kena hujan. Jadi helmnya tak bawa-bawa aja setelah kejadian itu. hehe..

Sebelum divaksin, seperti kemarin, tekanan darah saya diukur dulu. Dan.... sodara-sodara, tekanan darah saya tinggi sekali. Ya Allah. 210 per ..... ndak tau per berapa, lupa nanya, udah shock duluan sama angka depannya. Saya disuruh sama ibu petugasnya untuk menunggu dulu di luar, santai-santai dulu, nanti masuk lagi.

Yah.. akhirnya saya keluar lagi, duduk lagi di ruang tunggu. Saya minum lagi obat darah tinggi saya, padahal di rumah sebelum pergi sudah saya minum. Terus saya nonton youtube, buka tontonan 'Lapor Pak', ada Sule, Andre, yahh yang penting bikin saya ketawa gitu. Biar ndak stres dan tekanan darah mudah-mudahan menurun.

Sekitar 20 menit saya duduk dan nonton youtube. Sampai saya lihat antrian vaksinnya sisa beberapa orang lagi. Yang mau divaksin hari itu habis. Mungkin karena hari Sabtu, jadi mereka menerima pasien yang hendak divaksin sedikit dari biasanya, kan Sabtu kerja hanya setengah hari. Dan saya jadi orang terakhir yang masuk untuk divaksin.

Saya menghampiri lagi petugas yang memeriksa saya di awal. Dan tekanan darah saya diukur lagi. Walaupun masih tinggi, tapi sudah turun menjadi 180. Petugasnya mengizinkan saya divaksin. Setelah beberapa kali saya bertanya "Dokter yakin?". Jadilah saya divaksin. 

Dan vaksin saya saat itu dan bulan lalunya adalah Sinovac.


Apakah ada efek yang mengganggu setelah divaksin yang kedua. Ya ada.

Malamnya saya ndak bisa tidur. Jika berbaring saya jadi susah bernafas. Susah sekali rasanya menarik nafas. Lewat jam 12 malam, saya baru tertidur, dan baru saja tertidur, eh udah pagi. Belum puas rasanya tidur. Ada beberapa malam saya berada dalam kondisi seperti itu.

Saat saya mengupdate tulisan ini, sudah H+10, saya merasa semua sudah normal kembali.

Demikian pengalaman vaksin kedua saya.

Jangan lupa baca juga Cerita Vaksin Pertama ya...

Atau kalau mau nambah pengetahuan tentang vaksin-vaksin covid-19 bisa baca Cerita 5 Vaksin

Salam...

19 komentar:

  1. Wah, pas tidur jadi susah bernapas gitu ya Mba? Apa karena khawatir atau bagaimana?

    Alhamdulillah sudah vaksin dua jali ya Mba. Sudah lengkap. Semoga herd immunity lekas terbentuk. Sehat sehat selalu ya Mba.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah vaksin Sinovac. Soalnya ada yang bilang bahwa vaksin Sinofam dan AstraZeneca belum bisa dikatakan halal. Nah, semoga nanti kalau kita vaksin ni bisa request Sinovac aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh.. iya kah? suami saya vaksin pake Astrazaneca la

      Hapus
  3. ya ampun mbak tinggi banget 210 ya, huhu. sehat2 terus ya, syukurlah sekarang sudah membaik. aku baru dapat dosis pertama nih, mau ke dosis kedua keburu kemarin positif covid, hhh
    btw, salfok sama ibu petugas yg nanya kenapa helm mbak dibawa2, ckckckck

    BalasHapus
  4. Kak Vi, saat darah tinggi naik setinggi itu apa kak Vivi gak ada perasaan eh gak ada rasa sakit kepala?
    Kalo Icha kan sering darah rendah. Saking rendahnya sampe ketemu cacing. Wkwkwk
    Kalo kakak lagi tinggi gitu bisa sampe ketemu astronot kali ya.. wkwkwk
    Icha beneran jadi sakit kepala, kalo jalan bisa kayak melayang.
    Dengan 210 itu kakak kok bisa merasa biasa aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau 200 sekian malah ga berasa apa apa cha..
      Tp kalo nanggung kayak 170 or 180 baru kepala berasa gak enak cha..

      Hapus
    2. Loh bisa gitu ya kak. Padahal kan ngeri kali ya rasanya kalo ngebayangin sampe 200 lebih gitu.
      Jadi teringat alm bapak pas ngomong kalo tensi tinggi itu ibarat balon yang udaranya kepenuhan. Mesti hati-hati. Apalagi pikiran. Harus dijaga terus.
      Semoga sehat terus ya kak.
      Oh ya, strateginya sampe hari ke sepuluh biar cepat pulih dari sesak karena vaksin apa kak?

      Hapus
  5. Kegiatan vaksinnya sudah seperti sinetron pakai drama dan berepisode ya,kak,heehhe. Saya pun sudah dapat vaksin dosis kedua,memang terasa banget sih efeknya setelah vaksin. Badan memang paling gak enak dibawa ngapain aja,mau tidur melulu juga sih.

    BalasHapus
  6. Ternyata efek yang kakak rasakan itu sama dengan Alfie. Susah nafas. Trus kepala pun pusing sebelah.

    Berarti untuk vaksin aja, sulit ya kak disana?

    BalasHapus
  7. Drama yaaa kak hihi.. dari mulai daftarnya aja udh harus nunggu, tp Alhamdulillah akhirnya dapat juga, saya pun sdh lengkap nih 2 vaksin, hehe

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah udah aman ya kak. Saya juga pas vaksin baru tau tensi saya 145, kaget juga soalnya selama ini blm pernah di tensi dan dulu 110 bahkan 100. Eh skrg lumayan tunggi hehe

    BalasHapus
  9. Sekarang banyak yang daftar vaksin, sedangkan quota terbatas jadi dari kitanya harus sabar banget kalau gak kebagian antrian. Walau awalnya tensi tinggi, akhirnya bisa vaksin juga ya, Mba. Kalau di lingkunganku gak boleh tensi 180, makanya Ibuku belum vaksin sampai sekarang.

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah tapi sehat2 yaa mba udahan sekarang. Aku lagi nunggu vaksin kedua nih mbaa, hehe mudah2an kita semua sehat selalu

    BalasHapus
  11. wah samaan saya juga sudah vaksin tahap 2 kak, semoga kita sehat selalu ya kak, selesai vaksin efeknya demam beberapa hari sebentar2 gitu tapinya, karena memang ada lambung juga sih

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah udah lega yaa kakVivi... dosis vaksinnya udah lengkap, btw berminat vaksin ketiga lagi gak Kak...? kan ada tuh temen2 yg vaksin lg buat yg ke 3. Sehat selalu kak vivi sekeluarga. aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata petugasnya sampe 2 kali saja untuk masyarakat umum mba mia.
      Yg 3 kali itu untuk nakes ceuna..

      Hapus
  13. Alhamdulillah sudah vaksin 2 kali ya, awak nih sekali aja belom hahaha. Btw kk kan darah tinggi, memangnya gak minum obat amlodipine setiap hari ya kak?

    BalasHapus
  14. Masih kategori ringan itu efeknya ya Kak... ada teman saya sampe muntah2 terus 3 hari berturut-turut. Sehat2 ya Kak Vi...

    BalasHapus