Istilah Skincare Populer




 Assalammualaikum wr wb...


Ada istilah skincare populer yang mungkin membuat kamu (saya juga) bertanya-tanya apa maksudnya. Apalagi kalau kita awam yang baru mengetahui mengenai dunia skincare. Kadang istilah-istilah ini membuat kita bingung dan harus searching lebih banyak. 

Dari sekian banyaknya istilah dalam dunia skincare, kamu bisa memulai dari beberapa kata yang sudah saya rangkum berikut ini.


BLEMISH

Blemish umumnya merujuk pada ketidaksempurnaan yang tampak pada kulit. Blemish yang kerap dimaksud dalam dunia skincare sendiri bisa berupa tekstur kulit yang tidak merata, kemerahan pada kulit wajah, bekas jerawat, noda hitam, atau masalah lainnya yang membuat penampilan kulit tidak tampak halus dan bersih. 


GLOWING

Selama ini ada beberapa orang yang mengira bahwa glowing itu adalah warna kulit wajah yang putih. Namun istilah glowing  tidak terkait dengan warna kulit apapun. Sehingga masih sangat relevan dengan warna kulit yang gelap sekalipun. Wajah glowing atau kulit glowing berarti kulit yang sehat, terasa kenyal dan tampak tidak kusam. Jadi bukan sekedar kulit yang putih mengkilap.


SEBUM

Buat yang kulitnya berminyak mungkin kamu sudah familiar dengan istilah sebum. Sebum adalah minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar minyak pada kulit. Sebum berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit serta melindungi kulit dari bakteri. Namun sebum akan bekerja dengan baik jika diproduksi dengan porsi yang seimbang. Sebab kekurangan sebum dapat menyebabkan masalah, seperti kulit kering dan gatal-gatal. Sebaliknya, kelebihan sebum juga dapat menyebabkan jerawat dan komedo. 


NON COMEDOGENIC

Masih relate sama kamu yang punya kulit wajah berminyak atau rawan berjerawat, kamu pasti akan lebih disarankan untuk lebih memilih skincare yang memiliki label non comedogenic. Artinya produk skincare tersebut memiliki kandungan yang tidak berpotensi menyumbat pori-pori. Seperti yang kamu tahu, penyumbatan pori-pori akan menimbulkan tumbuhnya jerawat hingga tekstur kulit yang menjadi kasar. 


PA (PROTECTION GUIDE OF UV A)

Sering ditemui pada produk sunscreen, yang artinya kadar perlindungan dari sinar UV A. Sinar ini dianggap sebagai jenis sinar UV yang mampu menembus lapisan kulit lebih dalam dan menyebabkan penuaan kulit. Selain itu label PA juga biasanya diikuti dengan simbol + (plus), yang menjadi indikasi kekuataan produk tersebut dalam menangkal sinar matahari, contohnya SPF 50 PA++++. Semakin banyak simbol + (plus) yang ada, maka semakin kuat produk tersebut dalam menjaga kulit dari sinar UV A.


WHITE CAST

White cast merupakan warna keputih-putihan yang tampak pada kulit setelah penggunaan produk skincare, seperti sunscreen atau pelembab ber-SPF. Bagaimana mengetahui skincare yang kamu gunakan menimbulkan white cast atau gak? 

Mudah saja.

Saat kamu menggunakan pelembab ber-SPF, coba foto dengan flash. Lalu lihat pada bagian wajah kamu. Kalau hasilnya terdapat warna putih yang ngeblok di area wajah, berarti sunscreen atau sunblok itu menimbulkan white cast.

White cast
Sumber foto: beauty journal - sociolla


SPF (SUN PROTECTOR FACTOR)

Dengan SPF kamu bisa mengetahui seberapa baik suatu produk dalam melindungi paparan sinar matahari. SPF pun jadi penentu seberapa lama kamu bisa terpapar sinar matahari tanpa mengalami sun burn (terbakar). 


ACNE PRONE

Beberapa skincare banyak terfokus pada tipe kulit acne prone. Acne prone artinya bukan berarti kulitnya berjerawat setiap hari lho. Tetapi tipe kulit acne prone artinya tipe kulit yang sangat mudah berjerawat. Ada beberapa faktor yang mendasari hal tersebut. Diantaranya ialah hormon, stress, lingkungan dan gaya hidup. Dianjurkan untuk melakukan double cleansing.


DOUBLE CLEANSING

Double cleansing merupakan proses membersihkan wajah dengan dua tahapan. Tahapan pertama dengan micellar water atau cleansing balm, untuk membersihkan kotoran, debu, atau make up di atas permukaan wajah. Lalu dilanjut dengan tahapan kedua yaitu dengan face wash atau pencuci muka untuk membersihkan wajah lebih maksimal. 


EMOLlIENT

Pernahkah kamu mendengarkan kata emollient pada produk moisturizer, eye cream, atau hydrating toner?

Maksud dari istilah emollient adalah untuk menyebut segala bahan skincare yang bermanfaat untuk meningkatkan kadar air pada kulit sehingga lebih terhidrasi. Beberapa zat yang dapat disebut bersifat emollient yakni minyak dari tumbuhan, butter dan turunan petrolient.


HYPOALLERGENIC

Sering membaca kata hypoallergenic pada skincare tapi bingung maksud sebenarnya apa. Hypoallergenic adalah istilah yang menandakan bahwa sebuah produk skincare tidak menyebabkan alergi atau iritasi. Karena formula di dalam skincare telah teruji secara klinis sehingga aman untuk kulit sensitif. 


HIPERPIGMENTASI

Istilah ini digunakan saat banyak bintik atau kecoklatan di kulit karena produksi melanin berlebih. Contohnya adalah freckles, noda hitam, tanda penuaan, atau bekas jerawat. Hiperpigmentasi tak hanya disebabkan oleh paparan sinar matahari secara terus menerus, melainkan juga bisa karena faktor keturunan. 


SKIN BARRIER

Skin barrier merupakan lapisan terluar pada kulit yang berfungsi untuk melindungi kulit dari gangguan dari luar. Seperti debu dan polusi. Selain itu skin barrier juga berfungsi untuk menjaga level kelembaban pada kulit agar tetap seimbang. 


GENTLE

Dalam dunia skincare mungkin kamu sering mendengar istilah gentle saat sedang membahas facial wash. Gentle artinya sebuah produk skincare bersifat lembut. Umumnya kata gentle juga langsung diselipkan pada nama pada suatu produk. Contohnya Cetaphil Gentle Skin Cleaner dan Wardah Lightening Gentle Wash.


HYDRATING

Jika kulit kamu terasa kering, kamu harus menggunakan produk-produk hydrating. Hydrating atau hidrasi artinya memberikan tambahan kadar air ke kulit. Biasanya label hydrating umumnya digunakan pada toner.  Bagaimana cara mengetahui suatu produk termasuk dalam kategori hydrating? Tekstur skincare tersebut berbahan dasar air atau teksturnya cenderung air.


Adakah istilah skincare lain yang masih bikin kamu bingung sampai sekarang? Yuks, tulis jawaban kamu di kolom komentar.


Salam...










Pricebook Beauty

15 comments:

  1. Mbaaak, banyaknya istilah yang ku gak ngeh wkwkwk.
    Memang perlu nih ada semacam ensiklopedia istilah-istilah skincare biar mudah mempelajarinya.

    ReplyDelete
  2. Sejauh ini istilah emollient yg baru ku dengar. Hhh
    Baru tahu sih kalau istilah emollient ini untuk menyebut segala bahan skincare yang bermanfaat untuk meningkatkan kadar air pada kulit. 😅

    ReplyDelete
  3. Dasarnya tidak mendalami serba serbi istilah kecantikan, jadi banyak istilah yang justru baru saya tahu. Belum ngerti juga jadi saya baca ulang dan ulang lagi. Gak sampai dihafalkan sih, hehehe...

    ReplyDelete
  4. Palingan kak sering denger pluffy belakangan ini. Merujuk pada kulit yang lembut dan kenyal. Istilahnya banyak banget ya kak.

    ReplyDelete
  5. Setelah mampir ke sini, aku malah baru tau tentang istilah white cast yang ditimbulkan oleh pelembab. Ternyata perlu difoto dengan flash ya. Dan tes, glowing nggak harus kulit yang tampak putih bersinar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu suka banget liat Beyonce. Biarpun hitam tapi glowing. Jadi gak ada hubungan dengan warna kulitnya ya kan kak

      Delete
  6. Ternyata banyak istilah kecantikan yg baru saya ketahui. Syaa tahunya glowing itu wajah seseorang nampak mulus sampai kayak ga kelihatan pori porinya

    ReplyDelete
  7. Nah kalau saya kurang paham istilah purging mba heheh kata orang artinya membersihkan wajah tapi apa bedanya sama cleansing ya

    ReplyDelete
  8. Yg emollient ini aku baru denger sihh, alhamdulillah dapat ilmu baru deh.. Makasii mba

    ReplyDelete
  9. pilling, kalo gak cocok sunscreen jadi nggumpal ngpilling gitu dia kak wkwkwk so far yang lain udah sering dengar kecuali hemish, sering dengernya hamish😂

    ReplyDelete
  10. baca ini jadi banyak tahu istilah yang berkaitan dengan dunia kecantikan, maklum selama ini saya jarang dandan pakai produk skincare seperlunya dan belum hapal istilah-istilah itu

    ReplyDelete
  11. Sukaaa dg artikel² Kak Vivi ni lah, informatif banget, jd tau bahwa kondisi kulit blemish itu berarti kondisi yg bikin para wanita gak nyaman ya pastinya,, goalnya pasti pingin kulit glowing, hehe...

    Hmm, istilah lainnya apalah ya,, udah hampir semua kak vivi bahas soalnya nih,, mantul x. Oiyaa, exfoliator kak.

    ReplyDelete
  12. Baru dengar istilah blemish kak, saya kurang update kalau dunia kecantikan memang. Thanks ya infonya jadi tambah pintar akunya

    ReplyDelete
  13. Dari sekian banyak istilah, keknya aku baru ngerti yang glowing, whitecast sama double cleansing aja deh, yang lainnya baru denger dari sini. Hehe... makasih ya mbak jadi menambah pengetahuanku tentang perskinkeran.

    ReplyDelete
  14. Oh my God ... my face turned blemish because I was lazy to clean my face before going to bed. Thanks for this reminder, Sista!

    ReplyDelete