Pandemi di Rumah Aja ala LinranaMom

Foto: Wallpaper HP Xiaomi


Hari ini 27 Oktober 2020, adalah Hari Blogger Nasional. Walaupun awak ni masih masuk kategori blogger abal-abal tingkat RT, tapi pengen juga lah berpartisipasi menulis dalam rangka Hari Blogger Nasional kali ini.

Tema yang sudah ditetapkan adalah "kegiatan apa sih yang kamu lakuin selama pandemi ini yang paling dominan?"

Terus terang, saya bingung juga, karena rasanya, gada kegiatan dominan yang bisa diceritakan yang rada bermutu gitu".

Pada umumnya kegiatan dominan yang saya lakukan itu berpusat untuk keluarga, terutama anak-anak yang selama pandemi di rumah aja, berikut ayah mereka.

Menemani daring, menyediakan cemilan, nyobain makanan yang dijual teman, dan tidur. Terkadang kalau kami terpapar kebosanan tingkat tinggi, kami akan berkeliling daerah rumah kami, naik sepeda motor. Anak-anak sampai pakai jaket segala, helm, masker, pokoknya sudah hampir seperti para pengendara motor yang akan berangkat ke luar kota. Terkadang kami keliling kota dengan mobil, tapi tidak boleh singgah ke mana-mana. Murni patroli saja, Yahhh begitu-begitulah...

Ditiga bulan pertama masa pandemi itu asli di rumah saja. melakukan semua kegiatan yang sudah diceritakan di atas. Emosi dan kesabaran benar-benar diuji, entah kenapa bisa jadi begitu emosional, mungkin karena kurang piknik gegara di rumah saja.

Saya jadi ngalor ngidul lagi nih... Sabar ya pembaca...

Coba de saya jabarin satu persatu apa aja yang saya kerjakan yang paling sering di masa pandemi ini.


Mendampingi anak belajar.

Kalo siswa lain saya lihat itu belajar daring, tatap muka dengan menggunakan aplikasi semacam zoom. Lain dengan anak saya, sekolahnya tidak menggunakan aplikasi semacam ini dalam belajar. Sekolah memberikan tugas harian dengan instruksi menggunakan pesan di grup WA kelas, tugas apa yang harus dikerjakan. Dan setelah dikerjakan anak, maka akan di fotokan atau divideokan dan dikirim ke wali kelasnya.

Susah-susah gampil sih sistem seperti ini. Awalnya lancar. Tetapi ada saat ketika si sulung sakit beberapa hari, sehingga tugas sekolah jadi menumpuk. 


Kulineran

Mencoba resep masakan

Mencoba resep masakan, saya pilih resep yang paling mudah, yang gak ribet, yang bahan-bahannya saya kenal. Karena ada juga di suatu resep masakan itu yang bahan-bahannya baru saya kenal, kalo udah gitu, wih maleusss nyobainnya.

Yang udah pernah saya coba itu antara lain, roti goreng telur, mudah dan enak, sapi lada hitam, chicken wings ala pizza hut, zuppa soup. Dan saat ini berencana nyobain resep pizza roti tawar, kalo magernya gak kambuh. haha

Maap potonya gada, ga teringat bikin poto.


Berusaha banyak mengkonsumsi buah secara konsisten

Alhamdulillah, di warung yang biasa jual sayur di dekat rumah saya itu, juga biasanya menyediakan buah-buahan. Kalo pas lagi cocok buah-buah yang lagi ada di warung, saya blender dijadiin smoothies, diminum rame-rame. Kalo lagi gak cocok dijadiin smoothies, dimakan langsung, tak lupa dicuci terlebih dahulu.

Dan, selama pandemi, pohon mangga kami sudah dua kali berbuah banyak, Alhamdulillah sekali. Sampai-sampai tak habis dikonsumsi sendiri, dan dibagiin ke tetangga sekitar. Dan ketika saya menulis ini pun, kami baru saja menurunkan mangga-mangga yang sudah siap panen tersebut. Dan sudah didistribusikan ke para tetangga.

Foto: Dokpri

Beli kulineran teman

Nah ini nih, saya suka. Teman-teman saya pada kreatif-kreatif ni jualan makanannya. Mulai dari makanan ala pakcik donald bebek, sampai kuliner nusantara.

Pokoknya kalau ada yang promosiin dan sayanya lagi ndak bokek, ayo dibeli.


Mewarnai

Hobi saya mewarnai. Dan selama pandemi saya semakin rajin mewarnai. Saya mencari gambar-gambar yang bisa diwarnai dari google, di print kemudian saya jilid ring. Anak saya pun jadi ketularan suka mewarnai juga, saya print kan juga buat mereka, jadilah kami mewarnai berjamaah.



Bermedsos ria

Kalo ada keluangan waktu, saya juga suka ceki-ceki medsos; WAG, IG, FB, cek email

Tapi yang sedihnya tuh, kesukaan menulis saya malah makin samar sejak pandemi. Karena waktu dan mood yang naik turun.

Buat saya menulis itu butuh kenyamanan, baik secara tempat dan juga waktu.

Kalo baru satu kalimat, dah ada panggilan negara, tak jadi nulisnya. Dulu sebelum pandemi, ketika paksu sudah berangkat kerja, dua anak sudah berangkat sekolah, si bungsu bangunnya lama. Ada lah me time yang bisa dipake buat oprek-oprek blog. 

Sekarang.... agak susye, kerana banyak panggilan-panggilan mesra yang begitu merdu dan syahdu;: "maaaa.... ayo kita men alep berondok". Atau "maaa.... adek mo eek". Atau "maaaaa... abang ambil mainan adek". Atau "ma... bikinin papa kopi ya".

Yang dengan sepenuh cinta, membuatku bergegas maen alep berondok, mana yang mo eek segera ditindaklanjuti, atau investigasi kasus rebutan mainan, atau bikinin kopi, dengan menjunjung tinggi moto: 'syukuri! nikmati! MARDEKA!!!!!'.

Sehat-sehat lah kelen semua ya anggota keluargaku tersayang, Aaamiiinn ya Allah. Biar tetap bebas kita berekspresi.

Itu saja lah yang bisa patik ceritakan, cuma ini yang teringat. Kalo awak nulis dari kemaren-kemaren mungkin bisa lebih panjang, tapi bagaimana lagi, awak ni dah pengalaman dari SD, ngerjain sesuatu itu selalu last minute.


Mari kita doakan agar pandemi ini segera berlalu, anak-anak  bisa sekolah lagi, emak jadi punya me time yang agak banyakan. Siapa tau seekali bisa tawaf ke mall terdekat, meet up komunitas, de el el.


Dah la ya we.... Stay healthy dan Wassalam

26 comments:

  1. MasyaaAllah

    Ini mah kegiatannya gueeee bangettt.

    Bun, tolong dong
    Bun, bikin bubur yok
    Buuun, nih Abang niii

    Dan ribuan Buuuun selama pandemi.

    Semoga pandemi ini segera usai dan bisa mit-ap lagi ya dengan blogger Sumut yang ketje

    ReplyDelete
  2. Nikmat sekali panen mangga sendiri, masya Allah. Mangganya ada dua jenis itu ya mba. BTW, Selamat Hari Blogger Nasional mba. Semoga tetap produktif di rumah dan di blogosphere tentunya. Hehehe.

    ReplyDelete
  3. Amin ya mba. Semoga pandemi segera berakhir biar me time kita bisa kembali seperti dulu. Kalau sekarang kan jadi lebih banyak ngerjain kerjaan rumah dan membersamai anak. Emak kan butuh waktu buat diri sendiri juga. Semangat kita dan banyak berdoa

    ReplyDelete
  4. aamiin yang kenceng, aku pengen juga liburan gitu me time nya nggak nonton streaming aja huhuhu. Selamat hari blogger nasional juga ya kak!

    ReplyDelete
  5. Selamat hari blogger Nasional kak Vi ❤️. Meski di rumah aja yang penting keluarga tetap ceria meski emaknya agak kewalahan ya kak.. wkwkwk
    Maklum lah kak . Idola pula. Jadi asek dipanggil anak sama suami terus

    ReplyDelete
  6. Aamiin ya Allah. Semoga cepat pergi wahai corona. Di saat pandemi memang jadi banyak hikmah dan kita beraktifitas lebih sering dengan anak. Tapi tetap aja ya Allah pingin beraktifitas normal tanpa khawatir

    ReplyDelete
  7. Kisanak, bisakah mangga Itu digosendkan ke rumah patik.. hihihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dah sold out euy.
      InsyaAllah kalo berbuah lagi, akan saya ingat jatah dirimu bun 😁

      Delete
    2. Eh kak sis rupanya.
      Siwer mata awak. Kirain siska bunda dlima

      Delete
    3. Ya Allah senengnya, daku ternyata diperhitungkan untuk di gosend kan mangga..

      Wuiiih, dah daku catat ni di next panen mangganya

      Wkwkkw

      Delete
    4. Aku dengar ya kak.. mau lahhhh
      Kujemput pun jadi.. hahahaha

      Delete
  8. bermedsos ria kl awak sebelum pandemi juga kaka... setuju ama yg beli kuliner teman, ikutan hashtag #nglarisikonco gak? hehe

    ReplyDelete
  9. Hahaha bener mbaakk.. Setelah kumpul banyak jadwal yang berubah ya.. Kalau saya malah jadi lebih luwang waktunya karena si Kakak dan Paksu bisa bantuin pekerjaan rumah dikit_dikit dan gak perlu hantar ke sekolah kakak 1 jam dari rumah bolak balik. Lucky me :P

    ReplyDelete
  10. Seringnya pegang gadget aja, main media sosial, wa, kadang ikut webinar, jadi serba online ya sekarang ini, semoga aja pandemi cepet berlalu.

    ReplyDelete
  11. Kegiatan yang dilakukan dirumah dimasa pandemi ya kak ? Banyak bamget sih, mulai dari yang penting sampai yang biasa aja.
    Ya tentunya jadi makin rajin bersihkan sekitaran rumah karena gak ada kerjaan.
    Selain jadi banyak waktu buat menulis, aku juga suka cobain resep masakan biar gak bosen. Ehh itu mangga nya boleh dong minta 5 buah aja.

    ReplyDelete
  12. Serius kak mewarnai? Aku paling gak bisa anteng kalau bekerja yang butuh ketelitian gitu. Btw keren deh mom, aku lho sekedar duduk manis nonton TV rasa rasanya gak sempat. Kerjaan rumah gak kelar kelar. hihihi.

    ReplyDelete
  13. Aamiin ya rabbal alamiin. Enggak sabar deh pengen bisa menjelajahi beragam hal lagi setiap minggu. Saya malah ikutan lockdown waktu 3 bulan pertama. Eh, ikutan galau juga.
    Selamat hari blogger nasional. Tetaplah menginspirasi melalui tulisan.

    ReplyDelete
  14. Menggembirakan sekali ya kegiatan anda, ber medsos ria itu bisa menular lo hahahaa

    ReplyDelete
  15. Asik banyak baca tulisan Kaka jadi jadwal ngeblog malah berkurang ya gegara semua anggota keluarga pada ngumpul. Tapi juga menyenangkan lho jarang ² terjadi bisa berbulan-bulan di rumah aja

    ReplyDelete
  16. Quality time banget ya kak selama pandemi ini jadi anak2 tambah nempel aja hihi, semangat ngeblognya ya kak vi :)

    ReplyDelete
  17. waktu berkualitasnya banyak dengan anak-anak ya. saya dari dulu ga kelar-kelar kulineran mencoba resep masakan di rumah. selalu aja ga jadi-jadi. padahal dah banyak ngumpulin simpanan resep dari medsos hahaha

    ReplyDelete
  18. Panggilan alam kalo di saya kak. Nggak yang piyik nggak yang gede bolak balik minta ini itu. Tapi bersyukur sih daripada mereka manggil mamak yang lain, wkwk. Itu mangganya nggak dijual kak vi? Boleh lah dv beli kalo ada lagi.

    ReplyDelete
  19. Panggilan syahdu ternyata makin mengharu biru ya selama pandemi Mbak
    Ga ada berhenti deh sepanjang hari...hihi
    Aamiin..semoga meski berkurang me time-nya, serumah sehat semua ya
    Aku fokus ke kegiatan mewarnai..ada buku mewarnaiku masih kosong banyak. Mau lanjutin ah, mayan buat usir kejenuhan

    ReplyDelete
  20. Suka duka selama pandemi ya vi...
    E tapi enak juga ya vi di tetangga ada yang sambil jual buah. Yang panen pun ada jadi bisa barter. Kalau tetangga kakak ada nya sereh vi...nggk mungkin kan kakak barter sama bunga lidah mertua kakak...hihihi.. sehat2 kita ya vi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba kakak ajak barter tanaman lidah mertua sama lidah buaya.
      kan sama sama lidah hehehehe

      Delete
  21. panen buah nih paling mantep, didepan rumah lg. iya kenapa ya kok makin dirumah makin stress emosi terus ya kak wkwkwk

    ReplyDelete