Simply Cooking: Recook Udang Asam Manis - Mboke Memey Youtube Channel


Assalammualaikum wr wb

Halo teman-teman. Kali ini saya ingin berbagi resep mudah lainnya.

Yaitu SIMPLY UDANG ASAM MANIS



Banyak resep udang asam manis yang ada di dunia ini. Apakah itu resep warisan turun temurun nenek kita dulu. Atau yang bertebaran di berbagai buku resep, di youtube, aplikasi online, dan sebagainya.

Dari semua resep-resep yang ada, resep ini yang paling saya suka. Karena bahannya tidak banyak, dan cara masaknya juga mudah sekali, cepat jadi.
(beginilah saya, emak-emak mager penggemar resep mudah)

Resep ini hasil recook dari salah satu channel youtube yang saya subscribe. Resepnya mudah. Karena saya termasuk ibu yang suka masak tapi gak mau pake ribet, tapi harus enak. Hehehe
Sudah beberapa kali saya memasak udang asam manis yang mudah ini, dan Alhamdulillahnya, bukan hanya saya saja yang suka, tapi semua anggota keluarga juga doyan.

Dan yang terpenting bahan-bahannya gak pake ribet.

Cekidot bahan-bahannya:


  • Udang ½ kg, jenis udang silahkan ditentukan sendiri, boleh pake udang jenis apa pun.  Saran saya pilih udang yang besar.
  • 1/2 Bawang Bombay, iris Panjang
  • 2 siung bawang putih, diiris kecil-kecil.
  • Irisan daun bawang secukupnya.

Bahan utama


Bahan sausnya:

¾ mangkok saos tomat.
(Boleh diganti dengan tomat segar 2 buah yang besar, diblender halus tomat segar matang).
2 sendok makan kecap inggris.
(Nah, saya juga ndak pernah nyetok kecap inggris nih, jadi saya ganti dengan kecap asin 2 sendok makan).
1 ½ sendok makan gula pasir.
Garam secukupnya
Air secukupnya


Cara membuatnya:

Bersihkan udang terlebih dahulu.
Tiriskan.

Campurkan ke dalam mongkok; 

  • saos tomat / tomat segar yang diblender, 
  • kecap inggris / kecap asin, 
  • gula, 

sisihkan.


Iris bawang Bombay dan bawang putih, Sisihkan.

Sangrai udang dengan sedikit minyak di wajan. Oseng-oseng sebentar, lalu tambahkan sedikit garam.
Masak hingga kecoklatan, angkat dan sisihkan.


Sekarang untuk saosnya.


  • Panaskan lagi sedikit minyak di wajan tadi.
  • Tumis bawang bombay dan bawang putih yang telah diiris, oseng-oseng sebentar.
  • Lalu masukkan campuran saos (saos tomat / tomat segar yang diblender halus + kecap inggris / kecap asin + gula).
  • Tambahkan sedikit air.
  • Tumis hingga mendidih.

Masukkan udang. Oseng-oseng sebentar.
Tidak usah terlalu lama ya, karena nanti udangnya jadi keras.
Kan tadi dah disangrai diawal.

Matikan api, dan tata di piring.
Beri garnis irisan daun bawang.

Selesai....
Enyak, dan lebih nikmat dimakan rame-rame.





Selamat mencoba
Salam
Vivi
LinRaNa Mom 


33 comments:

  1. thanks for share ya kak, udah awak screenshot resepnya. bermanfaat kali buat awak jg ini. sesama ibu2 yg gk suka ribet yok tos. 😊

    ReplyDelete
  2. Mom, aku kok kepengen ketawa baca resep udang asam manis ini. Jadi begini, kemarin aku punya 1/2 kg udang, karena kepengen bikin bakso udang, aku halusin lah. Eh gagal total dong bakso udangnya, wkwkwkw ...

    Tahu gitu kumasak udang asam manis aja kayak begini, ya. Dijamin pada doyan karena anak-anak suka banget sama bumbu asam manis. Yaaah, namanya juga koki piyik. Kepengennya bereksperimen gitu, hahaha ...

    ReplyDelete
  3. Dari fotonya udah menggiurkan kak,, aku mark tulisannya ya.. mungkin pas Aku lagi rajin masak, Aku bisa nyobain resepnya

    ReplyDelete
  4. Langsung ngiler, Mbak Vivi. Soalnya saya suka udang. Mau dimasak atau diolah apa saja enak. Terus udang itu, praktis dan mudah juga cepat masaknya. Boleh nih, dicoba resepnya, Mbak hehehe.
    O, iya kulit udang dan kepalanya bisa dimanfaatkan juga Mbak jadi bubuk masakan.

    ReplyDelete
  5. Kadang suka heran cara Tuhan mmberi jalan.. slama pandemik temoat langganan seafood kami tutup, saking rinduny makanan seafood salah satuny udang asam manis; namun dr maren udh beli udangnya namun blum diolah mau nyari resepny dlun eh siapa sangka nemu disini.. dan sesimpel itu ternytaa bahan2nya😅

    ReplyDelete
  6. Udang memang menu yang menyenangkan BunVi.
    Apalagi yg guede..

    Kaldunya bisa didapat dari kepala/sungut udangnya.

    Kalo asam manis udang, saya pake tomat diblender plus saus tomat juga yang Del****e

    Dan di akhir Sentuhan di tabur wijen putih sangrai dikit.

    Maknyus

    ReplyDelete
  7. Duh, bikin ngiler deh kak vivi ini. Kalau aku karena pecinta pedas, asam manis begini aku tambahin irisan cabe geprek. Wkwkwk.. jadinya bukan asam manis lagi ya. tapi asam manis pedas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. di rumh kami ndak semua family member bisa makan pedas.
      anak kicik kicik blom bisa.
      jadi pedas pedasnya dibuat terpisah nih..

      Delete
    2. soalny anakku kurang doyan udang. Entah kenapa. JAdi kalau masak ini buat aku ma suami aja kak.

      Delete
  8. wadaw nikmat banget ini kak udangnya, wah pengen juga belajar masak dengan resep udang asam manis

    ReplyDelete
  9. Wah mba. Minggu kemarin aku ulang tahun terus dibikin ama suami udang pedas asam manis ini dan rasanya itu emang enakkkkkk banget. Kerasa banget bumbunya. Aku suka. Cumi juga kalau dibikin bumbu kayak gini juga enak ya mba

    ReplyDelete
  10. Jadi kapan ada open house part kedua kak vii,
    Biar kami icip resep kakak yang inii 🤭

    ReplyDelete
  11. ya ampun ngiler..udang asama manis selalu laku di rumah. Meski kalau dapat udang segar saat pandemi begini meski ke pasar. Tukang sayur kalau enggak dipesan ga berani bawa. Besok masak ini ah

    ReplyDelete
  12. Selain buat masak udang, resep ini kayaknya cocok juga ya mbak buat kepiting, atau sejenisnya.

    ReplyDelete
  13. Wah nyoba ah resep udang asam manis nih biasanya ikan ya dibikin kek gini ala2 masakan pesta, sekarang udang ya. Tfs Mom

    ReplyDelete
  14. ini udang kulitnya dikupas ga kak? hrs coba ini soalnya gampang bikinnya hehe mksh sharing resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesuai selera aja mba.
      yang pasti kepalanya biasanya saya buang, beserta kotorannya

      Delete
  15. Wihhb sedapnyaaaa
    Saya dulu ga terlalu suka sama udang, tp sejak stahun belakangan suka sekali sama udang. Jd resep ini bisa nih saya coba hehe

    ReplyDelete
  16. Rajin belajar dr yutub ya Linrana Mom ini, bahasa Inggris, masak juga, mantul ya

    ReplyDelete
  17. Biar kenyangnya dobel, enak juga ditambahkan jagung manis BunVi.
    Untuk ukuran keluarga besar kayak kami, biasanya udang sudah dijatah permangkok, biar adil dan merata sesuai jumlah penghuni rumah.
    Hehe

    ReplyDelete
  18. Gambar udangnya aja udah bikin awak yang baca berfantasi enaknya udang asam manis ini kak Vi..
    Aku mau recook juga ah. Beli kecap Inggris dulu

    ReplyDelete
  19. hmmm jd lapar. emg kalo kecap inggris itu yg kek mana kak vy? gpp ya ganti kecap asin aja wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awakpun gak jelas juga sa..
      Soalnya belum pernah ke inggris hihihi

      Delete
  20. Sama kayak lance nih kalau resep awak tinggal screen shot hihi, makasi resepnya ya kk, mungkin kecap inggris awak ganti sama saos tiram aja hihi

    ReplyDelete
  21. Simple tapi enak. Saya juga suka olahan seafood begini. Kalo mau pedes, tinggal cemplung irisan cabe rawit atau cabe gendut, hehe..

    ReplyDelete
  22. oia ada yg mengganjal nih kak, knp udngnya dikelupasin kepalany kak. bknnya enak ngisepin bumbuny dr stu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebiasaan mba Id.
      Ibu saya kalo masak udang kepalanya pasti dibuang, saya jadi terikut gitu.

      Delete
  23. Kak Vi, bagi dong makanan ini. Masakin ya kalo Alfie mampir ke rumah. Hahaha

    Alfie juga kadang liat youtube atau aplikasi kalo lagi mager masak. Biar semangat dan tau cara masak juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. baik. info aja kalo mau mampir, nanti tak masakan hehe

      Delete
  24. Auw... auw... udang asam manisnya sungguh menggoda. Saya jadi pengen memasaknya juga. Mumpung punya bahannya. Kalau udang ta agak mudah di sini.
    Btw, saya dapat resep rahasia dari kenalan, udang akan lebih enak kalau diakhir menjelang kompor dimatikan, diberi ketumbar bubuk. DAn memang luar biasa, menurut saya.

    ReplyDelete
  25. boleh banget nih dicoba sekalian eksperimen membuat masakan begini. Siapa tau rasanya bisa sama atau bahkan lebih enak bikinanku :D

    ReplyDelete
  26. duh ngiler banget liat gambarnya :D nanti mau coba di rumah, terimakasih resepnya kak :D

    ReplyDelete