Fakta Unik Berbagai Negara

Assalammualaikum wr wb

Banyak fakta-fakta menarik untuk diungkap dari berbagai negara di dunia.

Ini dia.....

KANADA

Negara dengan uang warna-warni yang tak mungkin rusak. Ada warna merah, biru, ungu dan kuning. Uang ini terbuat dari plastik. Jadi hampir tidak mungkin basah, sobek atau terbakar. Tak perlu repot mengeluarkannya dari kantong celana atau baju sebelum dicuci ya kan?

Uang negara Kanada, berwarna-warni terbuat dari plastik.
Sumber foto: Tokopedia.com


ISRAEL

Terdapat tulisan braille pada uang di Israel untuk tuna netra. Btw, negara ini juga punya museum terbanyak di dunia jika dilihat dari jumlah penduduknya.

TIONGKOK

Jika kamu satukan seluruh rel kereta api di Tiongkok, panjangnya bisa mengelilingi bumi dua kali lho. Dan meskipun negara ini sangat besar, China hanya punya satu zona waktu. Jadi di beberapa tempat di sana, matahari bisa terbit pukul 10 pagi.

ARGENTINA

Nama Argentina diambil dari kata perak dalam bahasa latin ARGENTUM. Jangan lupa tandai kalendermu, di sana ada tradisi makan pasta kentang setiap akhir bulan.

ETIOPIA

Di Etiopia, Kalender punya 13 bulan. Dan jika kamu ingin melakukan perjalanan menembus waktu, Etiopia adalah destinasi yang tepat. Kalender mereka 8 tahun lebih lambat daripada kebanyakan kalender di dunia. Penduduk Etiopia sadar akan hal ini. Jadi sebahagian orang menggunakan dua kalender.

KOREA

Kamu bisa lebih muda 8 tahun di Etiopia, atau 1 tahun lebih tua di Korea. Di Korea, saat kamu lahir, kamu sudah dianggap berumur 1 tahun. Hmm... kamu pilih yang mana?

KAMBOJA

Penduduk Kamboja tidak merayakan ulang tahun sama sekali. Bahkan sebahagian tidak tahu tanggal lahirnya. Terutama yang berusia lanjut.

FINLANDIA

Sekitar seperempat wilayah Finlandia berada dalam lingkaran api. Yang berarti di wilayah ini, matahari tidak terbit selama 51 hari, dan tidak tenggelam selama 73 hari di musim dingin.
Tapi setidaknya kamu bisa melihat Aurora Borealis atau cahaya utara pada malam-malam tertentu.

Aurora Borealis di Finlandia
Sumber foto: Yuktravel.com


INDONESIA

Di negara kita ini, hal uniknya adalah, kita bisa menemukan bunga terbesar dan terbau di dunia: Raflesia Arnoldii. Beratnya mencapai 7 kg dan berdiameter hingga 1 meter. Tapi jangan terlalu dekat ya, bunga ini baunya seperti daging busuk. uhuk...

Bunga Raflesia Arnoldii
Sumber foto: Indonesia-Tourism.com


BULGARIA

Ada tradisi di Bulgaria untuk kesuksesan yaitu dengan menyiram air. Saat orang terkasih akan melakukan hal penting dan butuh keberuntungan, orang akan menyiram air di pintu masuk rumah.

ARMENIA

Yerevan, ibukota Armenia, dikenal dengan julukan kota merah muda karena hampir semua bangunan di sana berwarna merah muda. hmmm romantis sekali ya.
Itu tidak dicat. Warna tersebut disebabkan warna abu vulkanik berwarna merah yang digunakan untuk bahan bangunannya.

Kota merah jambu di Yerevan - Armenia
Sumber foto: Inhilklik.com


ALBANIA

Kamu bisa salah paham di Albania. Di sana orang menggelengkan kepala untuk jawaban 'iya', dan mengganggukkan kepala untuk jawaban 'tidak'.

YUNANI

Sekarang kita ke Yunani. Jadi hati-hati, jangan melambaikan tangan. Di sini melambaikan tangan dianggap kasar. Sebaiknya menyapalah dengan telapak tangan mengepal. Dan jangan tersinggung bila mereka meludahimu. Mereka hanya ingin melindungimu dari roh jahat. Weleh-weleh...

AZERBAIJAN

Ada mesium karpet besar di Baku, Azerbaijan yang terlihat seperti karpet raksasa. Dan tanah api yang sudah menyala selama ribuan tahun. Tidak padam walau ditempa hujan, salju ataupun angin. Api ini membuat Marcopolo kebingungan pada abad ke 13 dan dipuja oleh orang-orang terdahulu. Sekarang kita tahu, itu adalah gas alam yang keluar dari permukaan tanah dan terbakar.

Mesium karpet di Azerbaijan, moga-moga suatu hari nanti bisa belanja karpet di sini.

Tanah api di Azerbaijan
Sumber foto: travel.kompas.com


BELGIA

Belgia terkenal dengan spa-nya. Orang-orang telah datang ke sini sejak zaman Romawi kuno untuk berendam di air panas yang mengandung mineral dan minum air yang menyembuhkan.

Spa awalnya dari Belgia, percaya atau tidak?
Sumber foto: pinterpandai.com


ANDORRA

Andorra adalah negara yang mungil, merupakan satu dari beberapa negera di dunia yang tidak punya bandara. Tidak mungkin membangunnya di puncak pegunungan Pyrenees. Sebagai gantinya mereka punya beberapa lapangan helikopter.

Andorra, di tengah-tengah batas Prancis dan Spaynol
Sumber foto: risamedia.com


HUNGARIA

Angka 96 sangat penting di Hungaria. Raja pertama diangkat pada tahun 896 . Jaringan kereta bawah tanah Budapest dibangun pada tahun 1896.  Lagu kebangsaan Hungaria dinyanyikan dalam waktu 96 detik. Dan gedung-gedung di Budapest, tingginya tidak boleh melebihi...... coba tebak!
Ya, tidak boleh melebihi 96 meter.

ITALIA

Angka menarik lainnya adalah 17 yang dianggap sial di Italia. Angka ini diambil dari angka Romawinya yang merupakan kata dari anagram  VIXI yang artinya 'hidupku berakhir' dalam bahasa latin.  Yang menyebabkan kebanyakan gedung di Italia tidak punya lantai 17. Mobil Reno model R17 bahkan dijual sebagai R177 di sana.

Mobil Reno model R17
Sumber foto: bright side channel - youtube


SAN MARINO

Di San Marino ada lebih banyak mobil daripada manusia. Ada 1139 mobil per 1000 orang. Wah, lumayan juga punya beberapa mobil tambahan.

SELANDIA BARU

Jumlah domba di Selandia Baru melebihi jumlah manusianya, yaitu 6:1
Tahun 2012 mereka juga menyiarkan ramalan cuaca dalam bahawa elf (bahasa peri).
Eh, yang menyiarkan orangnya ya, bukan si domba hihi.

ISLANDIA

Jadi ingat, di Islandia, kita bisa menemukan rumah peri di sini. Dan bisa belajar lebih jauh tentang peri-peri ini. Ada sekolah perinya juga, wow...
Apa yang diajarkan sekolah ini ya, belajar bahasa elf itu juga kali ya.

Sekolah elf / sekolah peri yang bernama  Álfaskólinn di Islandia. Aneh memang, tapi beneran ada.
Sumber foto: journal.sociolla.com


AUSTRALIA

90 persen orang Australia tinggal di pesisir. Ini karena daerah lainnya pada benua ini adalah padang pasir yang luas. Australia juga memiliki pantai terbanyak di dunia. Jika kamu pergi ke pantai baru setiap harinya, maka butuh 27 tahun untuk mengunjungi semua pantainya. Jumlah pantainya mencapai 10.000 pantai.

Australia, 90 % penduduk tinggal di pesisir pantai
Sumber foto: Bright side channel youtube


FILIPINA

Transportasi umum di Filipina kebanyakan adalah Jeepney. Bus kecil yang dirancang dan dicat oleh seniman lokal dengan warna yang menyolok. Negara ini juga merupakan rumah bagi jenis hewan Sigung yang dinamai Luak Bau.

Jeepney
Sumber foto: boombastis.com

Sigung / Luak Bau
Sumber foto: IDNtimes.com

INDIA

Negara yang memiliki festival penuh warna, tempat ditemukannya permainan ular tangga, dan masih banyak permainan lainnya, serta pusat industri film terbesar di dunia.
Ya, di tahun 2012 saja, Bollywood memproduksi film tiga kali lebih banyak daripada Hollywood.

INGGRIS

Di Inggris, ada kompetisi menggelinding keju. Aturannya sederhana. Sebuah keju bulat digelindingkan dari atas bukit, dan peserta harus mengejarnya. Orang pertama yang sampai ke bawah dan menangkap kejunya, menang.

Kompetisi mengejar keju di Inggris
Sumber foto: Kabar terkini liputan6 - RSS2 feed


BELARUSIA

Negara ini terkenal dengan kebersihan dan juga hutannya. Belarusia juga membuat truk jungkit terbesar di dunia: BELAZ 75710. Bannya saja lebih tinggi daripada truk jungkit yang biasa kita lihat di jalan.

Truk jungkit Belaz 75710
Sumber foto: Bright side channel - youtube

Bannya lebih besar dari truk jungkit biasa
Sumber foto: Bright Side Channel - Youtube


MALTA

Malta adalah penghasil renda, kerajinan kaca, perhiasan buatan tangan dan jam terkenal di dunia. Dan tentu saja pulau yang sangat indah. Tapi kalau kamu ke sana 17.000 tahun yang lalu, kamu tidak akan berada di sebuah pulau. Dulunya Malta terhubung dengan benua Eropa.

Kerajinan renda dari Malta
Sumber foto: divazus.com


Perhiasan buatan tangan dari Malta
Sumber foto: starwebmalta.com


AFRIKA SELATAN

Afrika Selatan punya kawah meteor terbesar di dunia. Begitu besarnya sampai-sampai bisa memasukkan seluruh Kota Honolulu di dalamnya. Kawah ini juga merupakan salah satu yang tertua. Para ilmuwan percaya, meteorit membentuk Kawah Vredefort 2 milyar tahun yang lalu. Sebagai pembanding, umur bumi sekarang adalah 4,5 milyar tahun.

Kawah terbesar di dunia, Vredefort Dome di Afrika Selatan
Sumber foto: readerchoice.detik.com

JEPANG / KOREA

Di Jepang atau Korea jangan terkejut apabila pasanganmu yang orang lokal bertanya padamu apa golongan darahmu pada ta'aruf eh kencan pertama. Mereka percaya bahwa golongan darah dan kepribadian sangat erat kaitannya. Jadi lumrah menanyakannya. Kamu bahkan bisa membeli produk yang spesifik sesuai dengan golongan darahmu. Bahkan dianjurkan mengencani seseorang dengan golongan darah yang sesuai. Hey, jangan berpikiran buruk ya, itu tradisi mereka.

PAPUA NUGINI

Biasanya ada dua hingga 10 bahasa nasional di setiap negara. Tapi Papua Nugini adalah tempat dengan banyak bahasa. Meskipun mereka punya 3 bahasa nasional, bahasa Inggris salah satunya, kamu bisa meneukan lebih dari 820 bahasa berbeda yang digunakan orang-orang setempat. Mau coba mempelajari semuanya?

NIUE

Kamu mungkin tidak pernah mendengar tentang Negara Niue. Letaknya di Samudera Pasifik bagian selatan tidak jauh dari Selandia Baru. Dengan populasi hanya 1190 jiwa, negara ini adalah negara wifi pertama dan satu-satunya. Itu artinya semua orang punya wifi gratis.

KOLOMBIA

Bogota, Kolombia, adalah tempat bagi karya gravitiy memukau. Setiap tahun mereka mengadakan kompetisi seni jalanan di sana. Pemenangnya akan mendapat ruang publik yang luas dan semua bahan yang dibutuhkan.

LOS ANGELES - US

Jika semua orang di dunia, totalnya 7,8 milyar jiwa berdiri berjejer, kita semua akan muat di Los Angeles. Dan fakta unik tentang LA, saat pertama kali didirikan LA diberi nama El Pueblo De Nuestra Senora Reina De Los Angeles Sobre El Rio Porciuncula yang artinya Kota Ratu Malaikat Sungai Porciuncula Kami.
Fiuh... panjangnya...
Tapi saya lebih suka LA, cuma dua huruf ya kan...

Semoga kamu belajar hal baru kali ini ya.

Salam
Vivi
LinRaNa Mom





Sumber tulisan: Bright Side Channel - Youtube

24 comments:

  1. Menarik sekali baca fakta setiap negara.Yang bahasa di Papua Nugini, aku sudah tahu. Kupikir bahasa daerah di Indonesia yg berkisar 700an adalah bahasa terbanyak. Ternyata Papua Nugini lebih banyak ha..ha...

    ReplyDelete
  2. Widiiiw baca baca fakta menarik dari bernagai negara bikin jiwa berkelana aku meronta-ronta nih kak. Pengen banget deh bisa ke Andarra, Belgia, Australia, Jepang, New Zealand, Italia, dsb tapi apa daya uang tak ada hahaha
    Yaudah lah ya, baca blog kakak aja 🙈

    ReplyDelete
  3. Saya baca tulisannya sampai abis, tapi yg menarik perhatian saya tetap yg di awal. Mata uang Kanada terbuat dari plastik? Apakah ini bisa ditiru Indonesia, sehingga sampah plastik kita yg jumlahnya sudah tak hingga itu bisa dimanfaatkan dengan baik? Keren banget ini idenya, antimainstream.

    ReplyDelete
  4. Inget Bulgaria inget iklan yoghurt yang suka muncul di timeline sosmed. Ternyata negara ini punya tradisi nyiram pake air ya.

    Semoga airnya bukan air keras.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk.. bahasa kalau air keras kak. Nanti jadi kasus pula. UPS...

      Delete
  5. ya ampuun ini fakta unik berbagai negara memang unik banget ya. Aku bakalan bingung kalau di Ethiopia karena kalendernya ada dua. Dan gamau dong ditambahi satu tahun di Korea umurku huhuhu

    ReplyDelete
  6. Menarik dan unik-unik ya kaka. BTw Kamboja banyak yang gak tahu tanggal lahir, lah gimana saat ngisi identitasnya ya. Kan TTL itu hampir disetiap formulir diminta TTL ini?

    ReplyDelete
  7. Saya baru denger NIUE ini pas baca blog nya mbak. Katrok banget ya saya. hehehe. Menarik juga nih mba. Kalau di Indonesia setahuku ga ada kamar nomor 13 ya tapi di Italia malah ga ada nomor 17. Jadi inget teman pernah cerita kalau di negara kita makan sambil bunyi itu kurang sopan tapi di negara mana ya aku lupa, makan sambil mengeluarkan suara malah menandakan kita suka dengan makanan yang dihidangkan oleh si empunya rumah

    ReplyDelete
  8. Wow... tulisannya bermanaat sekali, Mbak Vivi. Saya bahkan hampir semua tidak tahu keunikan negara-negara lain. Dengan begini, kita memang harus mempelajari dulu sikon suatu negara, sebelum ke sana ya, Mbak. Istilahnya, lain lubuk, lain belalang. jangan sampai saya melambaikan tangan tanda menyapa, lalu saya malah diomelin hahaha.

    ReplyDelete
  9. Jadi kayak berwisata keliling dunia ya Mom Linrana... ke Museum Karpet di Azerbaijan, dan ada tanah apinya juga, uniiikk gak padam2 padahal kena hujan ya

    ReplyDelete
  10. jadi serasa melanglang buana nih mbak baca artikelnya..btw sy baru tau ada negara Nue..unik ya hnya terdiri dari 3 huruf..auto cari di google map nih. hehehe

    ReplyDelete
  11. Banyak informasi yg baru ku ketahui.. terle ih lagi adanya aurora borealis ini.. ternyata itu nyata yaa mom..

    Biasany sllu lihat di film2 disney doank yg kek gtu.. 🤩

    ReplyDelete
  12. Jadi banyak nambah pengetahuan baru nih. Pantas aja ya pas saya nonton variety show korea, hostnya ngomongin umur dia bilang kalau umur seharusnya sekian, umur korea sekian. Ternyata mereka punya perhitungan sendiri 😁

    ReplyDelete
  13. Seru banget nih, ternyata setiap negara punya hal unik yang menarik, bangga banget Indonesia juga punya bunga yang unik

    ReplyDelete
  14. Di usia jelang kepala empat ini rasa-rasanya kupengen ke eitopia deh Bun. Biar agak melambat waktu untuk kembali muda sekelak.
    Heuheuheu

    ReplyDelete
  15. Bunga simbol negara Indonesia udah gak bunga bangkai lg keknya... ganti bunga melati hehe... krn mencerminkan kepribadian rakyatnya... btw gak mau ah kayak org Kamboja ya, sampe gak tau tahun lahirnya ya hehe

    ReplyDelete
  16. Kalo dulu pas masih kecil awak suka baca fakta unik gini di majalah bobo kak Vi 😁.

    ReplyDelete
  17. Huhu, pengen bgt aku keliling dunia. Terutama ke eropa, kalau asia jamgan asia tenggara
    Amiin 🙏

    ReplyDelete
  18. Wah, jadi jelajah dunia lewat tulisan ini..

    ReplyDelete
  19. Jiwa petualangku tergelitik membaca artikel ini kak, tapi yang masih penasaran bagaimana Etiopia menyesuaikan waktu dengan bangsa lain di dunia yg hanya punya 13 tahun

    ReplyDelete
  20. ethiopia penasaran dgn jumlah bulan segitu gmn ya rasanya? apa gak berasa kayak di bumi lain wkwk. trs islandia. jd pengen ke sekolah peri lah kak, manatau smpe indonesia bisa jdi ibu peri beneran buat keluarga wkwk

    ReplyDelete
  21. wuah kak vi, awak gak pernah keliling eropa tapi dengan ulasan ini jadi agak2 tahu lah kak e. pengen kali kesana.

    ReplyDelete
  22. MasyaAllah, ternyata indah banget ya dunia ini. aku takjub sama Negara Andorra. jujur aku baru tau loh negara ini mba ternyata indah bangettt

    ReplyDelete
  23. Makasih info uniknya Kak. Dari dulu saya pengin banget mengunjungi negara terkecil di dunia, negara Andorra karena unik banget.

    ReplyDelete