Parenting Blogger Medan: Menjadi Ibu yang Fun Se-simple Mungkin

Assalammualaikum wr wb.

Hai parents apa kabar...

Lagi maruk nulis parenting nih. Gapapa ya...

Sebagai seorang ibu, yang setiap harinya membersamai anak-anak tercinta, saya selalu mencari ide agar supaya bisa bersenang-senang bersama anak-anak.
Kadang dipikiran saya yang THH (TaHapaHapa) ini, kepikir gitu, kalo seorang komedian pasti de gampil bikin hati anak-anaknya senang hihihi.
Tapi ya, itu cuma ada dipikiran saya yang sok ekstrim ini.

Gak perlu jadi komedian untuk menyenangkan hati si kecil. Gak perlu mainan mahal untuk membahagiakan si kecil (tapi kalo ada duit sih ya gapapa juga hihi).
Cukup dengan meluangkan waktu, saya akan bermain bersama anak-anak saya.

Eh, gimana-gimana caranya supaya bisa jadi ibu yang fun tapi caranya simple past tense? #eh

Gini nih...
Biasanya pagi-pagi, habis sarapan, dan pak su sudah berangkat kerja, saya buka youtube di komputer. Saya puter tuh video-video nya Pinkfong.
Tau kan mom, Pinkfong? itu lho yang nge-viral-in lagunya baby shark.
Nah, saya puter, trus kita pada ikutin de tariannya baby shark. Selain lagu baby shark, ada juga video-video lainnya yang juga punya tarian, seperti lagu skindamarin, I'am a tea pot.
Hitung-hitung olahraga ringan bareng anak-anak, sehat dan bahagia.

Terus... Kadang saya bicara ke anak-anak pake logat. Dan mereka ketawa-ketawa dan kadang ikutan juga. Logat batak, logat jawa, logat ipin upin, logat enggres, logat jepang kwkwkwkwkwkw....

Anak-anak saya semuanya hobby bercerita, dari anak sulung sampe anak bungsu. Nah, kalo saya lagi dengerin mereka bercerita, biasanya saya terlalu ekspresif. Mereka jadi ketawa ketiwi.
Tapi kadang malah jadi marah kalo seandainya lagi bad mood hihi. Kalo udah gitu biasanya saya langsung pasang wajah super duper serius.

Ada lagi, kalo mereka ajak main, mereka yang bikin rules permainannya. Ya udah, saya ikut-ikut aja. Itu juga bikin mereka seneng. Kadang saya tak paham sama rules yang mereka buat, lalu dengan ekspresi pinter mereka ngajarin saya. wahh itu wajahnya gemesssss... langsung tak cium kwkwkwkw

Hampir mirip sama bicara dengan logat. Sering juga kami meniru ekspresi kartun, atau bereskpresi sendiri ketika membaca buku.


Foto diambil dari Wallpapernya Xiomi


Nah kikira seperti itulah usaha saya untuk menjadi ibu yang fun, se-simple yang saya bisa.
Bagaimana dengan parents sekalian, adakah ide yang bisa saya contek untuk jadi ibu yang fun?

Tulis di komen ya...

Salam
Vivi
LinRaNa Mom

16 comments :

  1. Xixixi.. suka dengan caption di gambarnya. Setiap ibu itu berbeda namun semua berharga ya mak.

    ReplyDelete
  2. Awak sih selalu jadi ibu yang nyebelin, haha. Gak ding.
    kadang awak suka playdate. Cap cip cup anak mana yang dipilih ikut awak ke suatu tempat, haha seringnya sih pergi ngaji,


    trus awak suka story telling, itu yang mereka tunggu.

    ReplyDelete
  3. Setuju sekali, Mbak Vivi. Menyenangkan anak, tidak perlu mahal dan ribet. Asal tau caranya, anak-anak pasti senang dan bahagia.
    Nah, keren tuh, Mbak acara bercerita. Jadi selain melatih anak-anak mengeluarkan apa yang di pikirannya, juga melatih ekspresifnya. Bisa juga dicoba nanti, anak-anak disuruh menulis ceritanya, Mbak. jadi selain bercerita secara verbal, mereka juga berlatih bercerita secara tulisan.

    ReplyDelete
  4. Iyaaa aku paling suka kalau ponakanku mengajari atau menjelaskan mainannya. Lucu banget, sabar dan serius ternyata dia hahaha gak nyangka dulu masih bayi sekarang sudah bisa memberikan penjelasan

    ReplyDelete
  5. Jadi ibu yang fun itu menurutku ya yang bisa menyesuaikan diri sama anak-anak. Misalnya sulung aku suka banget sama ikan air tawar. Yo wis, mesti ikutan sama dia nonton Youtube-nya juga jadi kalau ada apa-apa sama ikannya, kami berdua sama-sama tahu harus ngapain.

    Kalau bungsu sukanya bikin permainan sendiri pakai kertas yang dia gambari. Rada aneh sih aturan permainannya. Tapi ya biar dia seneng, ikutin aja. Kadang dikasih masukan ngambek gitu. Sudahlah, urusan permainan, yang penting unyil-unyil senaang.

    Emak mah menahan perasaan aja, wkwkwk ...

    ReplyDelete
  6. Saya suka ngajak anak bertualang boncengan naik sepeda.Eh sekarang udah gede aaknya gak mau lagi pegi ama saya.

    ReplyDelete
  7. Jadi ibu yang menyenangkan bagi anak memang tidak perlu susah-susah. Kalau nggak simpel, malah bikin dahi berkerut. Hihihi
    Saya juga gitu. Demi anak, jadi penyanyi dadakan. Padahal diberi challenge nyanyi teman, saya tolak. Hahaha

    ReplyDelete
  8. Sebagai ibu saya setuju sekali, Mbak. Nyenengin anak itu murah. Kadang cuma hahah hihi saja anak sudah bahagia.

    ReplyDelete
  9. Bener banget. Aku pernah baca di bukunya Retno hening, orang tua ga butuh mainan, mereka butuh bermain bersama orang tuanya

    ReplyDelete
  10. Aku juga suka begitu. Sblm berangkat kerja, boneka atau mainan anakku jd tokoh dg suaraku yg kubuat lucu. Anakku suka banget.

    ReplyDelete
  11. Menyenangkan anak pasti dah jadi keahlian para emak ya..semua punya cara masing-masing
    Kalau aku karena anak sudah besar sering tak ajak masak-masakan..eh masak beneran tapi yang fun
    Bebikinan kita terus kita hias lucu gitu

    ReplyDelete
  12. Paling seneng kalau bisa jadi sahabatnya anak ya mbak, jadi anak juga suka cerita apa aja ke kita baik pas kecil maupun saat dewasa nanti (semoga).
    Kalau saya biasanya ya standar sih nyanyi2 jg, nari2 depan tipi yang muter lagu animasi, trus mendongeng pakai suara yang aneh2, itu aja dah bikin anak seneng hehe

    ReplyDelete
  13. Anakku 2 masih batita jadi kebanyakan main lari-larian aja atau gak baca buku. Kalau udah bosen paling aku ajak keluar rumah, atau gak nari-nari ikutin gayanya upin ipin yg mereka suka :D

    ReplyDelete
  14. Setuju! Anak saya 3, yang pertama kelas 1 sd sedangkan yang dua lainnya masih balita. Jungkir baliknya masya Allah, haha

    ReplyDelete
  15. Kalau saya suka ngelawak jg sm anak², dongengin cerita tp saya lucu²in, trus mlesetin lagu² tp nyindir Ririn yg suka males bangun pagi, dan Ocean yg masih latah pup di celana. Gak cm ke anak² sih, ke hubby jg. Akhirnya deseu yg tdnya serius orgnya, sm sy jd ikutan gokil jg. Ternyata jd mommy gokil itu menularkan kebahagiaan.

    ReplyDelete
  16. Kalo fun menurut versi pengalaman daku sih, saat mereka semua punya waktu khusus berduaan. Misalnya pas si sulung diajak makan berduaan atau minimal girls day out dengan adiknya yang cewek. Atau si Abang yang diajak pergi atau ngobrol tanpa diganggu tapi beneran private berduaan sama emaknya aja, yang lain gak ikutan

    ReplyDelete

Made with by LinRaNa Mom | Distributed by LinRaNa Mom Templates