Yayasan Sahabat Difabel Aceh - Cerebral Palsy


Akhir bulan Februari 2019 yang lalu, kami sekeluarga melakukan perjalanan ke Banda Aceh.  Setelah lebih kurang 10 tahun meninggalkan kota Banda Aceh, saya melihat kota ini mengalami kemajuan yang luar biasa, tambah ramai, sudah memiliki beberapa flyover. Banyak tempat-tempat yang berubah, ke arah yang lebih bagus tentunya. Senang melihatnya.

Dalam kunjungan kali ini ini, saya pun berkesempatan bertemu dan bersilaturrahim dengan beberapa sahabat yang berdomisili di Kota Banda Aceh.

Salah satu sahabat saya ini mendirikan Yayasan SAHABAT DIFABEL ACEH, yang berlokasi di Jalan Geulumpang Dusun Puklat Gp Meunasah Papeun Kec Krueng Barona Jaya Kab Aceh Besar.
Yayasan yang bergerak dalam kegiatan rehabilitasi bagi anak-anak Cerebral Palsy (CP).
Pelayanan Rehabilitasi ini buka setiap hari Senin sampai Sabtu pukul 08.00 sd 16.00 WIB. Khusus Sabtu pukul 08.00 sd 13.00 WIB. 

Nah, sebelum cerita mengenai kegiatan yayasan yang dikelola oleh teman saya ini, saya mau nginfo dulu mengenai apa itu celebral palsy ya..

Apakah itu Cerebal Palsy?

Celebral palsy adalah sekelompok masalah yang mempengaruhi gerakan tubuh dan postur tubuh. Hal ini terkait dengan cedera otak atau masalah dengan perkembangan otak. Ini adalah salah satu penyebab paling umum dari kecatatan pada anak-anak. Kelainan perkembangan otak menyebabkan gerakan reflex bahwa seseorang tidak dapat mengontrol gerakan dan kekakuan otot dapat mempengaruhi sebagian atau seluruh tubuh (sumber doktersehat.com)

Cerebral Palsy adalah juga sebuah 'neurological disability' yang mempengaruhi ribuan anak-anak dan orang dewasa di seluruh dunia.

Tanda dan gejala cerebral palsy dapat sangat bervariasi. Masalah gerakan dan koordinasi yang terkait dengan cerebral palsy mungkin termasuk:

  • Variasi dalam tonus otot, seperti terlalu kaku atau terlalu lemas
  •  Otot-otot yang kaku dan refleks yang berlebihan (kelenturan)
  •  Otot-otot kaku dengan refleks normal (kekakuan)
  • Kurangnya koordinasi otot (ataksia)Tremor atau gerakan tak sadar
  • Gerakan yang lambat dan menggeliat (athetosis)
  • Keterlambatan dalam mencapai tonggak keterampilan motorik, seperti mendorong lengan, duduk sendirian atau merangkak
  • Memihak satu sisi tubuh, seperti meraih hanya dengan satu tangan atau menyeret kaki sambil merangkak
  • Kesulitan berjalan, seperti berjalan dengan jari kaki, gaya berjalan berjongkok, gaya berjalan seperti gunting dengan persilangan lutut, gaya berjalan lebar, atau gaya berjalan asimetris
  • Air liur berlebihan atau masalah dengan menelan
  • Kesulitan mengisap atau makan
  • Keterlambatan perkembangan bicara atau kesulitan berbicara
  • Kesulitan dengan gerakan yang tepat, seperti mengambil krayon atau sendok
  • Kejang


Kelainan otak yang berhubungan dengan cerebral palsy juga dapat berkontribusi pada masalah neurologis lainnya. Orang dengan cerebral palsy juga mungkin memiliki:
·         Kesulitan dengan penglihatan dan pendengaran
·         Kecacatan intelektual
·         Kejang
·         Sentuhan abnormal atau persepsi nyeri
·         Penyakit mulut
·         Kondisi kesehatan mental (psikiatris)
·         Inkontinensia urine

Apakah penyebab celebral palsy ?

Penyebab cerebral palsy adalah cedera otak atau masalah yang terjadi selama kehamilan, kelahiran atau dalam usia 2-3 tahun kehidupan seorang anak.
Berikut penyebab cerebral palsy lainnya:
·         Masalah kelahiran prematur
·         Tidak cukup darah, oksigen, atau nutrisi lain sebelum atau selama kelahiran
·         Cedera kepala yang serius
·         Infeksi serius yang dapat memengaruhi otak, seperti meningitis
·         Beberapa masalah menurun dari orangtua ke anak (kondisi genetik) yang memengaruhi perkembangan otak.

Apakah bisa disembuhkan?

Kini, barangkali Anda bertanya-tanya, apakah penyakit cerebral palsy bisa sembuh? Sayangnya, karena kondisi ini adalah kelainan yang terjadi karena bawaan lahir, tidak ada obat yang dapat membuat cerebral palsy bisa sembuh total. 

Namun, meskipun cerebral palsy tidak dapat disembuhkan, Anda dan anak dapat melakukan hal-hal untuk membantu menangani gejala, mencegah masalah, dan mengoptimalkan kemampuan otak anak. Terapi fisik adalah salah satu perawatan yang paling penting. Obat-obatan, operasi, dan peralatan khusus seperti walker atau alat bantu jalan juga dapat membantu.

Memenuhi kebutuhan sehari-hari anggota keluarga dengan penyakit cerebral palsy tidak mudah. Jika ada anggota keluarga yang mengalami kondisi kesehatan ini, bergabunglah dengan komunitas yang memiliki anggota dengan masalah yang sama. Bergabung dengan kelompok atau orang tua lain yang memiliki anak dengan kebutuhan khusus, sehingga Anda tidak merasa sendirian. Selain itu, Anda juga dapat mencari konseling.

Cara ini dapat membantu Anda memahami emosi diri dan anak. Memahami bahwa anak Anda memiliki cerebral palsy tidaklah mudah dan membesarkan anak dengan sebuah kondisi tertentu seperti ini pasti akan sulit. Namun semakin baik Anda dapat merawat anak, maka anak akan mampu menggunakan otak dengan optimal.



Sekarang, saya mau cerita kegiatan-kegiatan dari di Yayasan Sahabat Difabel Aceh ini ya..



Apa sajakah kegiatan di rumah Yayasan Sahabat Difabel Aceh bagi anak-anak Cerebral palsy?

berkebun
Selain melakukan berbagai macam terapi, para Pembina di YSDA juga menerapkan kegiatan berkebun buat anak-anak CP. Yang manfaatnya selain melatih motorik anak-anak juga agar mengenal lingkungan.


 
hypdrotherapy

Hydrotherapy, adalah metode terapi menggunakan air untuk membantu, menahan gerakan badan, melatih gerakan, relaks, memperkuat otot dan membantu mengurangi sakit. Kegiatan ini dilaksanakan di kolam renang Banda Aceh yang diharapkan menjadi kegiatan rutin bulanan Homeschooling Rumah Cerebral Palsy-Sahabat Difabel Aceh bagi anak-anak penderita Cerebral Palsy.



YSDA juga menggunakan alat music untuk terapi. Hal ini bertujuan untuk menstimulai otak anak dalam rangka meningkatkan ketermapilan motorik bagi anak dengan cerebral palsy. Anak-anak bebas memilih alat music yang ingin dimainkan dengan didampingi kakak pemdamping. Kegiatan yang menyenangkan untuk semua.


Latihan motorik halus dengan menempelkan kertas origami ke media kertas dan media kaleng. kegiatan ini dilakukan setelah terapi fisik. anak-anak sangat senang ketika mereka telah berhasil membuat suatu karya.


Yayasan SDA juga mengadakan kunjungan ke anak-anak di 8 kecamatan. Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh berbagai informasi terkait perkembangan dan kesejahteraan anak. Memberikan penyuluhan singkat tentang pengasuhan anak dengan disabilitas. Dan juga meningkatkan keterampilan orang tua dengan teknik terapi sederhana untuk melatih anaknya di rumah.

Orang tua atau keluarga, memegang peranan penting dalam memaksimalkan kemamapuan anak. Orang tua atau pun keluarga juga harus didukung oleh semua pihak dengan menciptakan lingkungan yang ramah dengan disabilitas.




Kegiatan terapi seni lainnya melukis di batu karang. Latihan melukis bagi anak CP bertujuan untuk melatih fungsi motorik halus anak.



Pelatihan motorik halus; bermain plastisin. Anak diberikan latihan meremas-remas plastisin. Anak diajak membentuk kue-kue kesukaan mereka. Hal ini termasuk dalam kegiatan rehabilitasi seni.


Masih banyak lagi kegiatan-kegiatan dari Yayasan Sahabat Difabel Aceh ini. 
Dan Bulan Maret adalah bulan Kesadaran Cerebral Palsy, yang memungkinkan kita untuk merayakan dan mengedukasi orang lain tentang gangguan ini. 

Dengan banyaknya ragam disabilitas, cerebral palsy (CP) sering tidak menjadi perhatian orang. Tapi CP mempengaruhi begitu banyak orang dan lebih dari apa yang mungkin dipikirkan orang.

Pada bulan Maret, Yayasan Sahabat Difabel Aceh merayakan dengan warna hijau sebagaimana sebuah generasi baru lahir dengan CP. 

Tidak semua orang dengan CP memiliki (keterbatasan) yang sama, tetapi mereka memiliki hal yang sama yaitu gangguan pada gerakan dan koordinasi otot. Hambatan postur tubuh dan bicara hampir mirip, tetapi lebih detil ada perbedaannya satu sama lain. 

Cara terbaik untuk mengetahui bagaimana CP mempengaruhi seseorang adalah berbicara dengannya. 
Anda bebas untuk mengenal seperti apa Yayasan Difabel Aceh (YDA) atau mereka, dan anda akan mendapatkan wawasan tentang bagaimana CP mempengaruhi mereka.

Saat ini sebuah generasi anak-anak tumbuh dengan CP di dunia teknologi baru. Kemajuan dalam terapi, pilihan operasi, inklusi, terobosan mengurangi hambatan dan lebih banyak penerimaan dibanding penderita CP dimasa lalu.

Lebih banyak orang mengenali CP, lebih banyak yang sadar dan peduli dan turut menciptakan lingkungan yang ramah dengan disabilitas sehingga tidak ada lagi keluarga yang anggota keluarganya CP hanya di rumah karena semua elemen di masyarakat memahami dan membantu kemandirian mereka. 

Bulan Cerebral Palsy Awareness insya Allah rencananya akan dilaksanakan dalam bentuk Seminar di minggu keempat bulan Maret 2019 di Banda Aceh. Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, dukung kami dengan membeli Green T-Shirt senilai 100 K. Silahkan DM Yayasan Sahabat Disabel Aceh untuk pemesanan @IG: SahabatDifabelAceh





10 comments :

  1. Semoga makin banyak lagi yayasan peduli sama penderita Cerebal Palsy gk di Aceh aja di Sumut pun ada ��

    ReplyDelete
  2. Yayasan ini berbayar atau sukarela kak vivi?
    Atau ada donatur?


    Cerebral palsy Kayaknya bunda d'lima cukup punya banyak cerita juga nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka punya donatur, banyak juga bantuan dari pemerintah, baik pusat dan juga daerah.

      Untuk masyarakat yg ingin rehabilitasi di rumah YSDA gratis

      Delete
  3. Alhamdulillah sudah ada yayasan yang khusus menangani anak cerebral palsy ini,apakah di medan ada yayasan seperti ini juga mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di Medan saya kurang tau ada apa gak my iid, mungkin yang berbayar ada, kalau yang gratis saya kurang tau...

      Delete
  4. Alhamdulillah gratis. Knp? Masih bnyk org mengeluarkan rezeki nya utk Hal2 baik di dunia ini

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah, masih bnyak orang yg peduli sama anak2 berkebutuhan khusus. 😊

    ReplyDelete
  6. seringnya yang gratis aja orang pada ndak mau dateng, apalagi berbayar ....

    inhale exhale...

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah.....masih banyak yang peduli.....

    ReplyDelete

Made with by LinRaNa Mom | Distributed by LinRaNa Mom Templates