PARENTING BLOGGER MEDAN : TIPS PERTOLONGAN PERTAMA UNTUK SI KECIL



Orangtua harus selalu siaga agar anak tidak terluka. Namun, saat si kecil luka, don’t panic, mom! Ayo kita pelajari tips-tips pertolongan pertamanya.


Ketika bermain, anak-anak sedang belajar mencari tahu dan mencoba berbagai hal tanpa mengetahui bahaya dari apa yang mereka mainkan, sehingga bisa saja membuat mereka terluka. Saat daya keseimbangan tubuh anak masih belum stabil, bisa saja mengakibatkan ia terjatuh atau tersandung, ya kan..? kita jangan panic, berikut tips-tips pertolongan pertama saat si kecil terluka atau terjatuh.


Pertama, jikalau muncul luka sobek.

Langkah awal yang dapat dilakukan ketika anak terluka sobek di kulitnya yaitu bersihkan area yang terluka dengan air bersih, lalu tempelkan kain kasa atau kapas yang sudah dibaluri obat antiseptic selama 3 menit. Lalu balut luka dengan perban atau tempelkan plester agar luka tidak terinfeksi. Jika darah tidak berhenti mengalir, segera bawa anak ke rumah sakit atau klinik kesehatan terdekat.


Kedua, kepala anak terluka karena jatuh dari tempat yang tinggi.

Kepala anak yang berat dan keseimbangan tubuh yang belum stabil sering membuat anak terjatuh. Jika kepala hanya terbentur sedikit, ya kita gak perlu khawatir kan? Tapi apabila anak tidak sadarkan diri ketika terjatuh, tidak merespon ketika dicubit, kepala anak terluka, atau bola mata bergerak tidak normal, maka kita harus segera bawa anak ke rumah sakit.

Sebelum anak dibawa ke rumah sakit karena tidak sadarkan diri, periksa pernafasannya. Sandarkan bantal di bagian belakang leher anak, lalu angkat sedikit dagu agar saluran pernafasan tidak tersumbat. Jika muncul gejala-gejala yang tidak normal, segera periksakan ke rumah sakit.

Jika luka tidak terlalu parah, peluklah anak sambil menenangkannya. Jangan menggoyangkan tubuh anak. Jika muncul demam, kompres dengan handuk dingin. Sebaiknya anak tidak dimandikan di hari ia terluka dan biarkan anak banyak istirahat.


Ketiga, menyentuh benda panas.

Jika luka bakar tidak terlalu besr, dinginkan luka dengan air yang mengalir, lalu kompres bagian luka dengan kain atau handuk dingin. Berikan antiseptic di area luka bakar dang balut dengan kain kasa yang steril. Untuk luka bakar yang besar segeralah bawa anak ke rumah sakit untuk menghindari kemunculan kerusakan jaringan pada tubuh anak.

Tetapi, biasanya saya selalu menyediakan salep Bioplacenton di rumah dan juga di tas. Salep ini manjur tidak hanya untuk luka bakar saja (luka bakar ringan lho ya), tapi luka karena jatuh juga sangat ampuh dan cepat sembuh lukanya.


Keempat, tertelan benda asing.

Langkah awal saat anak tidak sengaja menelan benda asing yaitu pastikan saluran pernapasan anak dalam keadaan tidak membahayakannya, kemudian cari tahu benda apa yang tertelan oleh anak. Jika benda tersebut harus dimuntahkan, masukkan jari kita ke dalam mlut anak, lalu tekan bagian ujung dalam lidah agar benda tersebut dapat dimuntahkan anak. Cara lain untuk memuntahkan benda tak diundang itu adalah dengan membalikkan tubuh anak dan menepuk-nepuk punggungnya.

Jika setelah menelan benda asing tersebut anak terus menangis, muntah-muntah, warna pada wajah berubah, tidak bertenaga, segera bawa anak ke rumah sakit.


Kelima, digigit serangga.

Kulit bayi sangat sensitive, sehingga kulit mudah memerah ketika terkena gigitan serangga. Tindakan pertama yang dapat dilakukan yaitu membersihkan bagian luka gigitan serangga tersebut dengan air dan oleskan antiseptic atau salep untuk gigitan serangga khusus untuk anak-anak. Luka gigitan ini dapat menimbulkan rasa gatal yang apabila digaruk dapat menyalurkan bakteri sehingga muncul nanah. Pastikan anak tidak menggaruk lukanya.


Keenam, mimisan.

Saat anak mimisan, buatlah anak dalam posisi duduk dan bantu anak membungkukkan kepalanya ke depan agar darah mengalir dan pegang hidungnya. Jangan biarkan kepalanya menengadah, karena dapat berbahaya apabila darah masuk ke dalam saluran pernafasan. Kompres kening dan hidung juga cara yang baik untuk menghentikan mimisan.

Kalau darah masih mengalur juga, padahal tindakan di atas sudah dilakukan, segera periksakan anak ke rumah sakit ya mak…
Apabila dalam sehari anak mimisan berkali-kali dan terus berlanjut selama 3 hari, ini tandanya anak perlu menerima bantuan medis.


Ketujuh, tenggelam di air.

Setelah mengeluarkan anak dari air atau kolam, bantu anak memuntahkan air yang tertelan agar dapat menormalkan kembali saluran pernafasannya. Peluk lah anak dalam keadaan terbalik (ini saya sebenarnya belum paham nih, bagaimana cara memeluk anak dalam keadaan terbalik, apakah posisi kaki yang kita peluk, sehingga posisi kepala anak ada di bawah atau lebih rendah dari posisi kaki?)
Tapi masukkan jari kita ke mulut anak supaya anak muntah sehingga air yang tertelan bisa keluar.
Lepaskan pakaian anak yang basah, keringkan tubuh anak, balut tubuh anak dengan handung kering atau selimut, lalu peluk anak sampai merasa hangat.

Jika anak tidak sadarkan diri setelah tenggelam, berikan pernafasan buatan atau mintalah seseorang yang ahli untuk memberikan pernafasan buatan. Lalu segera bawa anak ke rumah sakit.


Kedelapan, tersengat listrik.

Segera cabut kabel listrik yang masih tersambung, ketika sengatan listrik masih terjadi. Kalau muncul luka bakar pada kulit anak, kompres luka dengan handuk dingin dan pastikan anak tidak menggaruk lukanya.
Kalau anak tidak sadarkan diri setelah terkena sengatan listrik, terlebih dahulu pastikan pernafasan anak dan bawalah anak ke rumah sakit.


Kesembilan, ada benda asing yang masuk ke mata.

Katakan pada anak agar tidak menggosok matanya ketida ada benda asing yang masuk ke matanya. Minta anak untuk mengedip beberapa kali sampai mengeluarkan air mata, dan pastikan kalau tidak ada lagi benda yang tersisa di dalam matanya. Apabila masih ada benda asing yang tersisa di dalam mata anak, coba keluarkan benda tersebut dengan kain kasa atau pembersih kuping kapas (catton bud).

Jika masih tidak berhasil, baringkan anak dan tinggikan posisi kepalanya, lalu basuhlah mata dengan campuran air garam untuk membantu mengeluarkan benda asing tersebut.


Kesepuluh, tulang retak atau keseleo.

Anak-anak memiliki tulang yang masih lembut dan lemah, sehingga tulang anak-anak mudah retak apabila terjatuh atau terbentur. Jika tangan atau kaki anak terlihat bengkok atau sakit ketika digerakkan, mungkin disebabkan oleh tulang yang retak.
Saat bagian persendian anak membengkak dan membiru, kemungkinan anak mengalami keseleo atau tulang retak.

Balutkan perban pada tulang yang retak, lalu bagian yang panas dikompres dengan handuk dingin. Jangan memijat atau menggerakkan bagian yang terluka ya mom.


Kesebelas, kuku lepas

Jika kuku anak berdarah karena kuku tidak sengaja terlepas, bersihkan bagian yang berdarah dengan air dan tempelkan kapas yang sudah diberi obat antiseptic agar darah berhenti. Setelah darah berhenti, tempelkan plester pada kuku yang terluka sampai tumbuh kuku yang baru. Gantilah plester setiap hari agar bagian kuku yang terluka tidak terkena bakteri.


Keduabelas, tertusuk benda tajam.

Ketika anak tertusuk benda tajam, misalnya tertusuk duri, keluarkan duri dengan menggunakan pinset, lalu bersihkan bagian yang terluka dengan air dan berikan obat antiseptic agar luka tidak terinfeksi.

Untuk luka tusukan yang dalam, segera bawa anak ke rumah sakit untuk menerima bantuan medis.



Sumber: Chai's Play App

13 comments :

  1. Jadi kak kotak p3k itu harus tersedia dirumah ya kak? Menjaga mengantisipasi jika tiba-tiba ada terluka/ kecelakaan di dlm rmh.

    ReplyDelete
  2. Dulu si Alzam pernah main pasir, tangannya gak terasa masuk benda tajam yang halus. Gak lama abses. Bernanah.
    Untung anaknya tahan sakit. Jadinya dibelah sendiri, dikeluarkan nanahnya trus lukanya dijaga supaya cepat kering.

    ReplyDelete
  3. Selain bioplacenton, trombopop juga boleh diprepare ya mak...buat luka lebam, anak sering banget jatuh n lebam. Selain itu kalau di rumah kk suka sedia strong acyd dr kangen water, ini sama fungsinya dengan desinfektan, kalau ada gatal2 di area penis atau dubur karena gigitan binatang kecil tinggal semprot, dan minyak sinergi untuk gigitan nyamuk, luka juga bisa.

    ReplyDelete
  4. Tulisan nya buat ku bermanfaat banget kak.. Hilangkan rasa panik... Siap diterapkan jika ada dikondisi seperti ini

    ReplyDelete
  5. Memang banyak Ibu yang panik kalau buah hatinya mengalami masalah. Termasuk ibunya Alfie padahal Alfie sendiri ga merasa panik kalau sedang luka. hehehe

    ReplyDelete
  6. Bioplacenton, coba liat deh mak komposisinya? untuk luka ringan kami pake minyak herbal sinergi atau zaitun aja. Tapi kalau yang berat wajib ke pihak yang lebih paham. Manfaat banget tulisannya plus kuncinya satu yang terpenting jangan panik ya mak.

    ReplyDelete
  7. Wah disini babyak tips. Jadi tau kalo ponakan knapa2 harus apa. #omsiaga

    ReplyDelete
  8. Tips yang sangat bermanfaat kak. Tips kayak gini pentingnya bukan cuma buat ibu saja sih, tp buat siapa saja, jd kalau misal ada anak di sekitar kita yang terluka kita bisa memberi pertolongan pertama agar tidak berakibat fatal nantinya

    ReplyDelete
  9. Tipsnya lengkap banget, kak, jadi berguna buat ponakan yang masih kecil-kecil

    ReplyDelete

Made with by LinRaNa Mom | Distributed by LinRaNa Mom Templates