Fakta tentang Pesawat Part 2

Assalammualaikum wr wb

Tahukah kamu kalau kursi di pesawat kebanyakan berwarna biru? 

Gak ada rahasia apa-apa sih.

Maskapai memilih warna biru karena punya efek yang menenangkan. Warna biru bisa bikin penumpang tenang, dan bisa membantu penumpang yang gugup jadi rileks. 

Tapi ada alasan lain juga yang lebih praktis. Noda, kotoran dan goresan gak begitu kelihatan pada kain yang berwarna biru tua.

Sumber: Liputan6.com

Jangan buang boarding pass kamu di tempat umum. Boarding pass itu berisi beberapa informasi sensitif, seperti nama dan nomor penumpang setia. Nanti orang lain jadi bisa mengecek pemesanan kamu, mengganti nomor kursi kamu, atau bahkan membatalkan penerbangan kamu. So, sebaiknya bawa pulang boarding pass penerbangan yang sudah kamu naiki dan hancurkan.

Sumber: Bandara Network

Selalu jadi terakhir yang naik pesawat, itu yang biasanya dilakukan oleh penumpang pesawat yang berpengalaman. Gak perlu capek-capek ngantri kan. Orang yang di garbarata dan di lorong sudah gak terlalu padat lagi. Kita juga jadi gak terlalu lama di pesawat. Lagian kursi kita gak bakalan diambil orang kan? Tapi kalau kamu bawa tas besar untuk disimpan di kabin, jangan jadi orang terakhir yang naik. Soalnya kemungkinan besar tempat penyimpanan yang di atas kursi akan penuh pas kita nyampe di kursi kita. Kan gak enak, kalo tas kita simpennya terlalu jauh dari kita. Terpaksa nunggu penumpang lain turun dulu baru kita bisa ambil tas kita.


Tahukah kamu, pilot itu gak mencemaskan turbulensi. Karena mereka tau kalau ada yang lebih berbahaya dari turbulensi, yaitu updraft. Dalam kebanyakan kasus, turbulensi cuma bikin pesawat turun beberapa meter. Meskipun katanya rasanya itu seperti jatuh dari empire state building. Turbulensi cukup kencang, sampai-sampai pilot nyuruh awak kabin untuk duduk dan pake safety belt, karena pesawat bisa turun 3-6 meter. Turbulensi yang ekstrim dan menegangkan jarang terjadi.

Updraft adalah masa udara besar. Bagian dari badai atau fenomena cuaca lainnya yang bergerak ke atas. Pilot gak  bisa ngeliat updraft di radar mereka pada malam hari. Kalau melewati updraft itu konon katanya kayak melewati polisi tidur pada kecepatan 800 km per jam. Updraft juga bahaya sekali, karena bisa mendorong pesawat ke ketinggian yang berbahaya.

Sumber: Khatsony-

 

Pesawat modern punya sistem khusus yang dapat mendeteksi pesawat lain, gunung dan beberapa objek padat lain di jalur pesawat. Jika berada 16 km dari pesawat lain akan terdengar alarm peringatan di kokpit. Mendekat 8 km lagi suara itu akan kasi pilot arah.

Pesawat bisa beroperasi dengan satu mesin, bahkan saat lepas landas dan mendarat. Jarang sih mesinnya rusak sekaligus dua-duanya. Tapi meski begitu, pesawat gak akan jatuh dari langit kayak batu. Pilot punya waktu 20 menit  buat nyari tempat mendarat.

Tekanan kabin yang rendah sangat mempengaruhi indera pengecap kita. kita akan kehilangan 30 persen kemampuan merasakan rasa manis dan asin. So, belum tentu makanan pesawat yang gak enak ya guys. Mungkin tekanan udara di kabin sedang rendah. Makanya katering pesawat sering nambahin rasa asin dan bumbu di makanan mereka.

Tetapi untuk mengatasi hal di atas, kamu bisa pakai noise canceling earphone. Entah kenapa (mungkin ada penjelasan scientificnya), mengurangi suara bisa membantu indera pengecap.

Setiap 'ding' yang kamu dengar di pesawat punya makna. Kebanyakan maskapai, bunyi 'boeing' yang terdengar gak lama setelah lepas landas berarti roda pendaratan ditarik. Tiga 'ding' berurutan berarti lebih mendesak dari yang cuma sekali. Kombinasi nada tinggi dan rendah ngasi tau awak kabin kalau rekan mereka membutuhkan mereka di bagian lain pesawat. Tiga bunyi rendah berarti akan ada turbulensi parah. Awak kabin harus menyimpan troli makanan, duduk dan memakai sabuk pengaman.

Kalau kamu gugup saat terbang, pilih kursi di tengah. turbulensi paling terasa itu di bagian depan dan belakang kabin. Sementara di bagian tengah, tepat di atas sayap turbulensi gak terlalu terasa.

Tahukah kamu kalau pilot dan copilot makan menu yang berbeda. Alasannya simpel aja. Bayangin kalau dua-duanya makan makanan yang sama dan dua-duanya keracunan. Nah siapa yang bakalan nyetir itu pesawat?

Kalau mereka bersikeras makan hidangan yang sama, ada aturannya. Pilot dan copilot gak boleh makan bersamaan. Kalau satu pilot makan hidangan itu dan gak kenapa-kenapa, beberapa jam kemudian copilot boleh makan juga.

Menurut kamu di mana tempat terkotor di pesawat?

Bukan dudukan closet. Bahkan bukan toilet.

Menurut awak kabin, kamu harus hati-hati dengan sandaran kepala, kantong kursi, meja lipat dan sabuk pengaman. Berdasarkan eksperimen, sepertiga dari sabuk pengaman berjamur. Sebagian meja lipat dipenuhi bakteri. kantong kursi juga kotor. Tapi yang paling kotor adalah sandaran kepala. Awak kabin sering gak sempat ngeganti atau memberinya disinfektan di sela penerbangan.

Jendela pesawat dibuat dari flexi glass yang super kuat dan bisa tahan dengan kecepatan tinggi. Kaca jendela itu dibentuk dengan unik agar tekanan tinggi di dalam kabin menekannya terhadap bodi pesawat yang berarti jendela pesawat gak gampang pecah. Dulu jendela pesawat berbentuk persegi, tapi tekanan terkumpul di sudut jendela persegi yang bikin jendelanya jadi rapuh. Setiap jendela persegi punya empat titik rapuh dan bisa pecah karena tekanan ketinggian. Sekarang jendela pesawat berbentuk oval. 

Pesawat biasanya tersambar petir sekali dalam setahun atau sekali dalam seribu jam penerbangan. Sekarang sih pesawat udah aman. Aliran listriknya cume mengalir ke rangka aluminium pesawat. Jadi pesawat gak akan rusak.

Tapi pesawat bukan cuma tersambar petir. Pesawat juga bisa memicu petir. Waktu pesawat terbang melewati awan, gesekan antara badan pesawat dan udara menghasilkan listrik statis. Kadang peristiwa itu bisa menyebabkan petir.

Sekian

Fakta tentang Pesawat 

 

 Sumber tulisan: Sisi Terang YT Channel

6 komentar:

  1. Penutup telinga selain berfungsi untuk mengurangi efek hilangnya indra perasa juga bisa mengurangi efek dengung ketika turun dari pesawat ya kak.
    Soalnya ketika terbang telinga kita kayak terasa sumbat oleh udara ya kan..

    BalasHapus
  2. Masyaallah. Ilmu baru banget buat saya yang masih bisa dihitung dengan jari berapa kali naik pesawat. Hahaha. Kirain selama ini turbulensi adalah hal yang dikhawatirkan, ternyata tidak demikian, ya, Kak.

    BalasHapus
  3. Bener banget tuhh kalau masuk belakangan asik aja ga antri tp udah ga dapat bagasi kabin.
    Nah aku sejak punya anak karena masih kicik ditambah sering bawa umi yg sakit dan skrg hamil sering dipersilahkan naik duluan hahaha rezeki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang kayak begitu rasanya seneng banget ya kan na..
      Ibu hamil memang rasanya dapat privilege ya kan.. Apalagi soal antrian. Hehehe

      Hapus
  4. Saya baru tahu soal updraft dan downdraft ini. Jadi aga parno buat terbang malam2. Tapi positive thinking aja, saya percaya badan pesawat sudah didesain sedemikian rupa agar aman menghadapi medan udara. Semoga kita senantiasa dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Esa.

    BalasHapus
  5. Baru tau aku sandaran kepala tu jadi tempat menumpuknya bakteri. Lah orang kita di pesawat kan rata2 pada tidur ya. Apa mungkin penggunaan bantal leher dapat memperkecil resiko terpapar bakteri tersebut?

    BalasHapus