Parenting Blogger Medan: Cara Memblokir Konten Video Dewasa di Youtube



Assalammualaikum wr wb.

Apa kabar parents?
Sehingga saat ini situs pada aplikasi di youtube masih terlalu mudah untuk menemukan konten video dewasa, tidak dipungkiri.

Saya yang memiliki tiga anak yang berusia di bawah 10 tahun, yang kadangkala dipinjemin ponsel untuk ber-youtube ria pun ketar ketir dibuatnya, takut kalau-kalau secara tidak sengaja menonton video dewasa yang belum pantas dilihat oleh mereka.

Untuk itu saya pun mencari tahu bagaimana caranya memblokir konten-konten dewasa di youtube yang ada di ponsel saya.
Alhamdulillah ketemu tiga cara untuk memblokir atau mengurangi agar konten dewasa tidak muncul pada beranda youtube di ponsel saya.

Cara Pertama

Kita dapat mengaktifkan fitur mode terbatas yang ada di pengaturan aplikasi youtube.
Caranya kita klik pada logo akun yang ada di pojok sebelah kanan.

klik yang dipojok kanan atas
Kemudian pilih 'setting'.
Kemudian pilih 'general' atau 'umum'.
Lalu scroll ke bawah kemudian pilih 'mode terbatas' atau 'Restricted Mode', kemudian kita aktifkan.

Aktifkan Restricted Mode atau mode terbatas


Langkah kedua agar konten dewasa tidak muncul di beranda youtube, kita harus menghapus histori tontonan atau pencarian tontonan di youtube. Caranya kita pilih history dan privacy. seperti gambar di bawah ini (masih satu screen dengan 'general' atau 'umum' tadi ya parents).



Kemudian pilih lagi clear watch history atau hapus history dan tontonan.
Lalu kedua, hapus history pencarian atau clear search history.





lalu pilih clear watch history


dan pilih yes atau clear watch history

kemudian kita clear search history
dan klik clear search history



Cara ketiga agar konten dewasa tidak muncul di beranda youtube, kita mengganti atau membuang akun google yang terhubung ke aplikasi youtube.
Caranya pada akun kita yang di pojok kanan atas tadi seperti gambar pertama, lalu pilih log out untuk keluar dari akun atau pilih 'beralih akun' untuk mengganti akun yang lama dengan akun yang lain.

Jika parents belum punya akun yang lain, silahkan klik tanda + (tanda tambah atau plus) untuk membuat akun yang lain.

So parents, sekarang konten youtube nya telah bersih dari konten dewasa. Dan cukup aman untuk digunakan oleh putra-putri atau adik kita.
Selama kita tidak melakukan subscribe dan juga pencarian pada channel yang memiliki konten dewasa, maka aplikasi youtube sama sekali tidak akan memunculkan konten dewasa pada beranda yang ada di aplikasi youtube tadi.

Demikian parents tutorial singkat untuk memblokir dan mengurangi tontonan video dewasa pada aplikasi youtube. Semoga trik ini bermanfaat. Terima kasih banyak sudah membaca.

Salam
LinRaNa Mom




Sumber: channel youtube syam kapuk android tutorial.

16 comments:

  1. Terima kasih infonya mbak, kebetulan di rumah, bujang juga suka nonton youtube, buat referensi katanya. tapi ya itu kita harus pinter-pinter ngejagain jangan sampai keakses tontonan yang tidak seharusnya.

    ReplyDelete
  2. wah keren nih tipsnya cocok buat ortu yng anaknya suka mainan yutub

    ReplyDelete
  3. Bagus ini kak..
    Eh tapi termasuk konten kartun dewasa gak kak Vi?
    Kadang gemes akutu. Konten dewasa ada di dalam kartun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa keknya cha. .
      Youtube concern kok sama tontonan anak anak

      Delete
    2. Yang lucunya pernah pula liat upin-ipin kok sampul videonya gambar tak senonoh..
      Ya Allah..

      Delete
  4. Terima kasih atas infonya. Bisa untuk ikhtiar kita membatasi tontonan anak ya :)

    ReplyDelete
  5. Nah, ini penting sekali Mbak Vivi. Soalnya kadang ga tega krucil merengek minta nonton youtube. Walau awalnya kita putarkan konten anak-anak, tapi di beranda kan berseliweran konten dewasa juga. Terima kasih infonya, Mbak.

    ReplyDelete
  6. Keren sharingnya Mbak vivi..pas banget aku lagi sharing gawai sama anakku yang lagi PJJ..biar bisa difilter Youtubenya. Makasih ya ilmunya

    ReplyDelete
  7. Tips yang bermanfaat. Saya baru mengaktifkan mode terbatas. Sedangkan dua langkah lainnya belum saya lakukan. Terima kasih infonya

    ReplyDelete
  8. wah tipsnya bermanfaat sekali nih mba apalagi bagi orang tua yang memiliki anak usia SD, apalagi sekarang jamannya SFH ya mbak. Pasti anak-anak ga bisa lepas dari gagdet dan bagaimana caranya orang tua memfilter tayangan untuk anak

    ReplyDelete
  9. kalo kami pake youtube kids juga, dipakein kunci kalo udah lewat menitnya. kadang youtube biasa juga masih mau keluar video yang meski bukan konten dewasa, tapi konten anak-anak dengan bullying atau kekerasan. mesti tengok-tengok juga akhirnya. tapi paling ngga dengan tips ini bisa meminimalisir sih lumayan terbantu kita

    ReplyDelete
  10. bagus x tipsnya lengkap dengan tutorialnya g bingung2 lagi tinggal ikuti sesuai yang ditulis ini, aman terkendali..tapi tetap harus dipantau ya kak.

    ReplyDelete
  11. Tq sharingnya. Perlu bgt ni. Secara sejak sekolah di rumah, anak anak main youtube aja hehe

    ReplyDelete
  12. Kl saya clear n watch history msh bermanfaat utk ngecek apa aja tontonan anak. So far so good, blm ada yg macem²... Jgn sampe ya Allah..

    ReplyDelete
  13. Nah, ini tips yang perlu banget dibaca dan dipraktikan oleh orangtua supaya youtubenya aman dari konten dewasa, apalagi kalau hpnya suka dipakai anak-anak

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah nih jadi tahu caranya. Aku auto praktekkin moms. Makasih yaaa yutub aku jadi bersih, clear sekarang...

    ReplyDelete