Grow Happy Parenting: Happy from The Inside Out


Grow Happy Workshop


Nestle Lactogrow mengajak para orangtua untuk mendukung anak tumbuh bahagia dengan menggelar rangkaian workshop GROW HAPPY PARENTING, di delapan kota di Indonesia.
Alhamdulillah, kali ini saya berkesempatan berpartisipasi di workshop Nestle Lactogrow ini, yang diselenggarakan di kota saya, Medan, 7 Agustus 2019, Hari Rabu, bertempat di Junction Café.

Bersama para pakar, dalam workshop ini berbagi ilmu untuk membantu orang tua dalam memenuhi kebutuhan gizi dan mengembangkan kematangan emosi anak. Mulai dari pendekatan psikologis hingga cara menjaga kesehatan saluran cerna, agar orang tua dapat mendukung anak tumbuh bahagia.
Bagaimana supaya anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, dan berbagi ilmu mengenai bagaimana memenuhi kebutuhan gizi dan membantu mengembangkan kematangan emosi anak.

Tiga orang wanita cantik yang menjadi nasarumber pengisi acara workshop Nestle Lactogrow kali ini adalah Brand executive Nestle Lactogrow Pramudita Sarastri, Dokter Spesialis Anak Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K), dan Psikolog Elizabeth Santosa, M.Psi, SFP, ACC.

Tiga pakar dan MC cantik di Workshop Grow Happy Medan

Dalam sesi Ibu Pramudita Sarastri, Brand Executive Nestle, beliau menjelaskan bahwa ada tiga faktor yang dapat membantu dalam pengembangan emosi anak, yaitu;
  1. Keterlibatan orangtua
  2. Nutrisi
  3. Simulasi

Menurut beliau, anak yang bahagia memiliki kesempatan yang lebih besar untuk hidup lebih sehat dan berhasil di masa depannya. Dan beliau juga mengatakan bahwa kebahagian masa kecil merupakan fondasi untuk kebahagian anak di masa depan mereka.

Nutrisi yang tepat bagi si kecil juga berperan penting untuk membantunya tumbuh bahagia.  Nah, Lactogrow merupakan salah satu yang dapat membantu pemenuhan nutrisi bagi anak.
Beliau memaparkan dengan rinci keunggulan-keunggulan dari Lactogrow.
Susu Lactogrow ini mengandung Happy Nutri.
Apa yang dimaksud dengan Happy Nutri ini?
Nah, Happy Nutri adalah sumber-sumber baik yang terkandung dalam Lactogrow ini. Apa sajakah itu?
Hal-hal baik yang terkandung dalam Happy Nutri adalah;

  1. Kalsium
  2. 12 Vitamin
  3. Minyak Ikan
  4. 7 Mineral
  5. Omega 3 & 6

Vitamin-vitamin yang terkandung dalam Lactogorw Happy Nutri ini adalah; Vitamin A, D, E, B1, B2, B3, B5, B6, B9, B12, C dan mineral kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, zink, yodium, dan selenium.

Omega 6 adalah asam linoleat, Omega 3 adalah asam alfa linolenat.

Kalsium membantu dalam pembentukan dan mempertahankan kepadan tulang dan gigi.
Zat besi merupakan komponen hemoglobin dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh.
Itulah kandungan yang terdapat dalam Nestle Lactogrow.

Dalam mengkampanyekan GROW HAPPY bersama Nestle Lactogrow ini, Nestle telah menyelenggarakan event-event bergizi. Sebut saja berkampanye secara digital, ada juga Grow Happy Booth, Grow Happy Park, dan Grow Happy Day Out.

Pada sesi Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K), membahas mengenai pentingnya kesehatan pencernaan anak, selain dari pemenuhan  gizi anak tentunya.
Beliau menjelaskan bahwa 1000 hari pertama; semenjak dalam kandungan hingga berusia 2 tahun kehidupan, merupakan kesempatan emas bagi anak untuk bertumbuh.
Di usia ini, usus anak atau saluran cerna anak belum matang, saluran mukosa tipis, yang mengakibatkan anak akan rentan akan infeksi. Apabila rentan infeksi, anak akan jadi mudah terserang penyakit; dan anak akan rentan juga kehilangan kesempatan emas tumbuh dan berkembang secara maksimal.

Pada sesi Dokter Ariani ini kami juga berkesempatan nge-games ria, dengan menggunakan link www.menti.com.
Baru kali ini saya ngegames pake link ini. Mengesankan sekali hehehe…
Pada games ini kami memasukkan makanan apa yang mengandung nutrisi baik bagi anak menurut kami para peserta.
Karena sebaiknya jawaban tidak sama dengan peserta lain (jawaban langsung terlihat di layar soalna), saya menuliskan Kurma, yoghurt, madu, dan telur sebagai jawaban saya.

Dalam sesi dr. Ariani juga memaparkan mengenai bakteri jahat dan bakteri baik di dalam tubuh. Bakteri baik berguna bagi tubuh kita. Peran bakteri baik antara lain;

  • Menjaga kekebalan tubuh,
  • Mencerna serat dan menghasilkan nutrisi yang mendukung kesehatan saluran cerna
  • Melindungi kita dari penyakit,
  • Mendukung kesehatan saluran cerna,
  • Melindungi usus dari mikroba atau zat berbahaya lainnya.

Nah, Probiotik itu termasuk ke dalam bakteri baik. Apa saja sih yang makanan yang mengandung probiotik?
Selama ini, sejujurnya (hehe), saya mengetahui probiotik itu terkandung di minuman Yakult. Tetapi ternyata makanan seperti tempe, yogurt, kefir, kimchi, kombucha, juga mengandung prebiotic.
Saya belom pernah lihat secara langsung bagaimana itu makan  kombucha, kefir, dan kimchi.
Kimchi hanya pernah dengar aja, liat di drakor, aslinya belum pernah lihat, apalagi makannya.

Kembali ke susu Lactogrow ya, Alhamdulillah dua kotak susu Lactogrow 3 dan 4 rasa madu kemasan gede menjadi salah satu isi dari goodie bag kami hari itu. Setelah di baca-baca kandungannya yang tertera di belakang kotak kemasan, saya menemukan bahwa Lactogrow ini juga mengandung Lactobacillus Reuteri.

Lactobacillus Reuteri ini adalah salah satu prebiotik.
Apa sih bagusnya Lactobacillus Reuteri ini?
Nah, Lactobacillus Reuteri ini yang merupakan prebiotik, adalah bakteri baik yang dapat mempersingkat durasi diare yang akut, membantu mengatasi konstipasi, dan baik untuk kolik bayi.
Lactobacillus Reuteri ini juga dapat menghasilkan vitamin B12 lho. Yang merupakan salah satu vitamin yang dapat membantu perkembangan otak anak.
Dan, yang membuat saya ‘wah’ gitu, ternyata probiotik ini juga berperan dalam mengubah suasana hati.

M.Carabotti et al. 2015 mengatakan bahwa,
“dari proses sumbu mikrobiotia, usus hingga ke otak, probiotik secara pararel, menurunkan pelepasan kortisol karena stress, kecemasan, dan perilaku depresi”

Dan menurut Emeran A. Mayer, 2015,
“Perawatan probiotik yang diberikan pada anak tikus dapat mengurangi cemas. Gabungan probiotik menyebabkan peningkatan belajar dan ingatan pada model diabetes”.

Jadi bagaimana probiotik kok bisa mempengaruhi fungsi kognitif?
Begini. Probiotik dapat menjaga kesehatan usus. Apabila usus sehat, maka otak juga akan lebih baik. Otak yang baik, otak yang sehat, mempengaruhi CNS, sehingga mengurangi kecemasan dan depresi, lalu berpengaruh juga pada Neurogenesis Hipocampal. Daaaannn…… terbentuklah kognitif yang lebih baik.
Kognitif yang baik = belajar dan ingatan.

Bagaimana probiotik mempengaruhi fungsi kognitif


Lalu sesi ketiga, dikomando oleh seorang psikolog cantik Elizabeth Santosa, M.Psi, Psi, SFP, ACC (wahhh jentrek-jentrek gelarnya, pinter dan cantik).
Beliau membahas mengenai kematangan emosi dan kebahagian anak yang dapat dicapai melalui perilaku positif sehari-hari. Misalnya dengan mengajarkan kebiasaan bersyukur. Anak yang bersyukur akan tumbuh menjadi sosok yang optimis, berempati tinggi, dan lebih bahagia.
Orangtua sebaiknya rutin menghabiskan waktu dengan anak, bermain, olahraga, berbincang. Membiasakan gaya hidup aktif dapat meningkatkan kesehatan psikologis dan fisik.

Mengapa anak yang growing happy itu penting?
Karena pada hakikatnya seorang anak yang dicintai dan mem iliki pola asuh  yang baik sejak dini akan memiliki hippocampus 10% lebih besar.
Apakah Hippocampus itu?
Hippocampus  adalah bagian otak yang penting untuk proses belajar, memori,  dan juga respon terhadap stress. Secara umum, dapat diasumsikan bahwa masa kecil yang dipenuhi cinta ibu adalah masa kecil yang bahagia. (Joan L.Luby (2012) Professor Child Psychiatry).

Kesehatan emosional atau kebahagiaan di masa kecil adalah hal yang paling tepat untuk memprediksi life satisfaction dan well-being pada orang dewasa. Hal ini paling berpengaruh daripada hal lainnya, misalnya prestasi, pekerjaan atau kekayaan (Professor Richard Layard, 2013)

Bagaimana membesarkan anak agar tumbuh bahagia?
Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan;

  • Memberikan makanan yang bergizi dan tepat waktu, jangan telat makan ya.
  • Bermain dan bereksplorasi bersama anak.
  • Mencontohkan ekspresi emosi yang positif; memberikan dan mengungkapkan apa yang kita syukuri terhadap dunia. Hal ini bermanfaat lho bagi anak. Dapat meningkatkan energy mereka. Juga dapat meningkatkan kesejahteraan, kesehatan, dan kebahagiaan anak saat dewasa. Anak-anak juga menjadi optimis dan empati.
  • Cukupi waktu tidur anak
  • Memberikan cinta tanpa syarat.
  • Antusias saat mendengarkan anak (active learning)

Kita dapat menerapkannya dalam keseharian kita dan anak. Misalnya, dengan menanyakan kepada anak kita setiap hari, “ada kabar baik apa hari ini?”
Ekspresikan hal-hal baik yang terjadi dalam kegiatan sehari-hari orangtua kepada anak; kita gembira dengan nilai mereka yang bagus, menghibur mereka jika nilai belum bagus, gembira dapat teman baru, dan lain sebagainya.

Saya sendiri sering praktekin resep-resep baru dan meminta keluarga; suami dan anak-anak untuk mencobanya, dan minta penilaian atau pendapat mereka.
Saya juga sering melibatkan anak dalam menyiapkan makanan bersama. Mengajak anak berbelanja, baik itu ke pasar tradisional atau pun supermarket. Mendiskusikan lauk apa yang anak inginkan untuk kami masak.
Hanya saja saya tidak bisa membuat makanan menjadi menarik. Seperti bentuk bento gitu. Hmmm saya rasa saya harus mempelajarinya.

Oh iya, di sesi psikolog Lizzi ini, kami juga ada games. Gamesnya membuat atau membentuk makanan dari playdoh. Bentuk-bantuk makanan ini harus dibuat semenarik mungkin, agar anak semakin berselera untuk makan. Tapi yaa menurut saya, yang saya buat… duhhh malu de….

Games membuat bentuk makanan dari playdoh 😅



Demikian cerita saya kali ini yang berkenaan dengan Workshop GROW HAPPY bersama Nestle Lactogrow di Kota Medan.


Kami dari Blogger Sumut Community 😍


Semoga di tahun-tahun berikutnya Nestle Lactogrow masih berkenan mengundang saya ke acara-acaranya, dan saya masih diberikan umur dan kesehatan oleh Allah SWT untuk menghadirinya.

Salam
LinRaNa Mom

7 comments :

  1. Lengkap..kap..kap..kap mak linrana
    Mantube

    ReplyDelete
  2. Keren banget Ih acaranya, penjelasan nya juga rinci, belum lagi tulisan ini semakin mengingatkan ilmunya

    ReplyDelete
  3. Gak nyesal-lah datang ke acara ini ya, penuh ilmu dan tips for parents. Mantap, Mom... pembahasannya menarik. Kuy, support tum-kem anak dengan Grow Happy Parenting. Tfs yaa

    ReplyDelete
  4. Keterlibatan Orangtua jadi faktor penting ya mak. Bukan asal ada tapi hadir. Jadi catatan buat kita, apalagi soal pemenuhan gizi. Kadang karena mau cepet aja, masak yang ringkes ringkes, padahal anak lagi masa bertumbuh. Ah, bisa lengkapi probiotiknya dengan Nestle Lactogrow dong

    ReplyDelete
  5. Happy nutri, happy kid, happy mommy, yeay😍

    ReplyDelete
  6. Baru tau ada yang namanya happy nutri. Nice info

    ReplyDelete
  7. Bahagia itu penting, jd hrs diupayakan ya kan kak 😄

    ReplyDelete

Made with by LinRaNa Mom | Distributed by LinRaNa Mom Templates