Ada Apa Aja Ya di Sumedang?

Sumber foto: https://situsbudaya.id



SUMEDANG

Sumedang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat, berjarak sekitar 45 km dari Kota Bandung, sekitar satu jam perjalanan dengan menggunakan bis.
Jadi apabila kita melakukan perjalanan dari Bandung menuju Cirebon melewati jalan utama, kita akan melewati Kota Sumedang. Cukup dekat kan dekat ibukota provinsinya, yaitu Kota Bandung?

Traveling ke Sumedang kita dapat menggunakan bis sebagai transportasinya. Bisnya juga bermacam-macam, mulai dari yang ekonomi hingga yang executive. Kisaran harga itu antara 30 ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah, tergantung kita mau naik bisa yang seperti apa.
(Info harga bis saya dapat dari link jadwal bis dot com)

Objek Wisata di Sumedang

Objek wisata di Sumedang juga mulai merangkak naik. Terutama wisata alamnya yang kini sedang dikembangkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Sumedang. Dengan ciri khas alam Sunda yang masih kental, Sumedang dapat menyajikan keindahan alam yang dapat dieksplor dan dikenalkan kepada masyarakat di luar Sumedang. Saat ini masyarakat Sumedang sendiri telah memperkenalkan wisata Sumedang melalui media social, Instagram, facebook, twitter, dan lain sebagainya.

Ada beberapa tempat wisata di Sumedang yang viral di sosmed. Tempat-tempat wisata tersebut antara lain adalah:

Wisata Alam – Arung Jeram

Salah satu wisata alam yang menarik perhatian para pelancong baik domestic maupun mancanegara, adalah wisata rafting, atau yang lebih kita kenal sebagai arung jeram.

Ada dua aliran sungai yang berada di kabupaten Sumedang yang mantap untuk dipakai arung jeram.
Yang pertama, adalah arung jeram yang ada di Sungai Situ Cilembang, yang dipopulerkan oleh para netizen pecinta arung jeram di Medsos.
Yang kedua adalah arung jeram yang ada di aliran sungai Cipeles, yang ditemukan oleh pemerintah Desa Citepok, Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang sendiri.

Arung jeram di aliran Sungai Cipeles, Desa Citepok
(Sumber foto: wisatajabar.com)


Wisata Paralayang

Selain arung jeram, olahraga paralayang merupakan salah satu kegiatan wisata yang disukai, terutama oleh orang-orang muda.
Olahraga yang cukup memacu adrenalin ini, dapat ditemukan di dua tempat; yang pertama di Puncak Bukit Batudua Gunung Lingga, Kecamatan Cisitu, dan tempat kedua berada di Puncak Toga di Kecamatan Sumedang Selatan.
Dari puncak gunung, wisatawan dapat melihat pemandangan pegunungan yang indah dan wilayah perkotaan yang mempesona.
Dari puncak bukit Batudua, kita malah dapat melihat pemandangan genangan Waduk Jatigede yang luas.

Bahkan pada PON XIX di tahun 2016 yang lalu, cabang olahraga paralayang ini, diselenggarakan di Gunung Lingga Batudua lho.
Keren kan..

Kira-kira kamu berani coba gak berparalayang?
Kalau aku? Entahlah aku juga tidak tahu heheh

Paralayang di Bukit Batudua Gunung Lingga, Sumedang
(Sumber foto: https://akurat.co/gayahidup)


Wisata Alam – Curug Cinulang

Curug Cunulang terletak di perbatasan antara Sumedang dan Bandung, tepatnya di Desa Sinulang, Kecamatan Cimanggung, Sumedang.
Wisata Curug Cinulang ini merupakan wisata air terjun yang cantik
.
Curug Cinulang, cantik ya...
(Sumber foto: https://travelingyuk.com)



Wana Wisata Cipanteuneun

Wana Wisata Cipantuneun adalah salah satu objek wisata di Kabupaten Sumedang yang berlokasi di dekat pemukiman masyarakat di Desa Licin, Kecamatan Cimalaka, lebih kurang 5 km dari pusat kota Sumedang.

Tempat wisata ini pengelolaannya dilakukan oleh Perum Perhutani KPH Sumedang.
Tempat wisata ini mengambil potensi sumber daya hutan berupa vegetasi pepohonan yang didominasi Pohon Pinus dan rimba campur serta sumber air yang kemudian ditata menjadi dua buah kolam renang.
Ditambah udara segar pegunungan dan pemandangan yang indah, jadilah tempat wisata ini memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung.






Wana Wisata
(Sumber foto: google.co.id)


Wisata Sejarah di Sumedang

Selain wisata alam. Sumedang juga memiliki tempat wisata sejarah.
Kota Sumedang memiliki latar belakang sejarah kerjaan yang Berjaya pada masanya. Hal ini ditandai dengan adanya beberapa situs yang menandai bahwa kerajaan tersebut pernah ada.
Situs-situs tersebut adalah:
  1. Situs Sanghyang Kolak di Gunung Palasari
  2. Situs Batu Lingga Cikondang di Kampung Cikondang, Desa Pasanggrahan Baru
  3. Situs Batu Kursi di Kampung Pasirpeti, Desa Margalaksana
  4. Situs Geger Hanjuang (Pati-lasan Kraton dan Makam Sunan Guling) Kampung Ciguling, Desa Margalaksana
  5. Situs Cadas Gantung di Kampung Pasir Peti, Desa Margalaksana.
  6. Situs Patilasan ibukota Sumedanglarang di Kampung Ciguling, Kelurahan Pasanggrahan
  7. Situs Makam Prabu Pagulingan Raja Sumedanglarang ke-4 di Kampung Nangtung Desa Ciherang
  8. Situs Makam Bagus Suren di Kampung Jamban Desa Girimukti

Situs Batu Lingga
(Sumber foto: google.co.id)


Kuliner Sumedang - Tahu Sumedang

Kalau berkunjung ke suatu daerah, tak lengkap rasanya jika tidak menjelajahi kulinernya juga.
Dan seperti yang kita ketahui, Sumedang sangat terkenal dengan Tahu Sumedangnya.
Siapa yang tidak tahu tentang Tahu Sumedang. Kalau sudah ngomongin tahu, pasti identik dengan Tahu Sumedang.
Yah, paling tidak bagi saya sih seperti itu hehe

Menurut saya, Tahu Sumedang ini memiliki cita rasanya sendiri. Tahu yang bagian luarnya renyah, dan bagian dalam yang lembut.
Hmm.. saya jadi kepengen makan Tahu Sumedang jadinya nih.
Apalagi kalau memakannya ketika  masih panas, dicocol sama saos sambel, atau dimakan hanya dengan cengek.
Wuihhh gak akan berhenti makan kecuali tahunya habis.


Tahu Sumedang
(Sumber foto: https://cookpad.com)


Kuliner Sumedang – Sawo

Iya sawo, buah sawo. Tahu kan?
Nah Sumedang punya sawo yang khas. Namanya Sawo Citali.
Sawo Citali ini memiliki keunggulannya tersendiri. Masa berbuahnya tidak mengenal musim, jadi konsisten berbuah sepanjang tahun. Daging buahnya halus dan tidak berserat. Rasa daging buah Sawo Citali ini enak dan manis.
Kelebihan lainnya, daya simpannya itu lho, lebih lama. Dan pohonnya rindang.

Sawo Citali ini kalau ditekan tidak lembek, jadi banyak yang mengira bahwa sawo ini belum matang. Padahal rasanya manis dan tidak mudah busuk.

Apakah saya pernah makan Sawo Citali?
Hehe belum pernah (hehe jadi malu).
Jadi kok tahu tentang Sawo Ciutali?
Ya, saya pernah baca dan pernah dengar cerita dari teman yang asli dari Sumedang.

Semoga saya segera bisa merasakan Sawo Citali ini.

Sawo Citali
(Sumber foto: google.co.id)

Masih banyak lagi kuliner-kuliner yang dapat dieksplor di Kabupaten Sumedang.

Ekonomi Kreatif di Kabupaten Sumedang

Pemerintah daerah Kabupaten Sumedang khususnya, sangat menggalakkan ekonomi kreatif masyarakat Sumedang; terutama di bidang pariwisata daerah.
Contohnya seperti di daerah arung jeram yang baru ditemukan oleh Pemerintah Desa Citepok, yaitu arung jeram di aliran Sungai Cipeles.
Pemerintah Desa Citepok optimis untuk menggalakkan wisata arung jeram di Sungai Cipeles ini. Dengan begitu, diharapkan membuka lapangan kerja juga bagi masyarakt di sekitar lokasi arung jeram di aliran Sungai Cipeles ini.
Penduduk sekitar di Desa Citepok ini biasanya adalah petani, dengan adanya wisata arung jeram ini, diharapkan mereka juga bisa mencoba peruntungan sebagai pelaku wisata, misalnya jadi pemandu wisata, membuka tempat penyewaan, atau berjualan makanan atau pun kerajinan di sekitar area arung jeram, dan lain sebagainya. Menambah penghasiln dan dapat meningkatkan taraf hidup juga kan?

Hal ini dapat juga diterapkan di daerah paralayang juga kan.

Dengan bantuan pemerintah Kabupaten Sumedang dan juga semangat dan kemauan dari masyarakat Sumedang itu sendiri, saya percaya bahwa ekonomi kreatif di Kabupaten Sumedang akan sangat maju dan mensejahterakan masyarakat Sumedang di masa depan.


Ekonomi kreatif di Kabupaten Sumedang
(Sumber foto: http://cimanggungkec.sumedangkab.go.id)

Demikian tulisan saya kali ini. Semoga bermanfaat ya

Salam
Vivi


Saya menyadari bahwa tulisan ini masih banyak kekurangannya. Baik dari segi penulisan maupun alur cerita.
Tapi dengan segala kerendahan hati, saya mengikutsertakannya ke dalam kompetisi menulis nasional; writingthon Jelajahi Sumedang.






Sumber bacaan:
Link Resmi Pemerintah Kabupaten Sumedang Kec. Cimanggung
Wikipedia




No comments:

Post a Comment